Langsung ke konten utama

Mesin Motor ada suara ngelitik?ini penyebabnya

honda supra fit tahun 2009 jika dilihat bodi-bodinya sih kelihatan rapi dan masih mulus ini semua karena perawatannya rajin,kelihatan dari penampilan si empunya juga yang rapi dan klimis he..

Namun untuk mesinnya terdengar ada suara ngelitik,hingga siempunya merasa khawatir dan membawanya ke bengkel kami, untuk diperiksanya agar supaya suara tersebut bisa di hilangkannya dan ia pun menyerahkannya ke bengkel kami,dan saya sendiri yang menanganinya

Saya pun langsung menggarapnya,untuk suprafit new atau pun c100 series memang keadaan mesinnya sama.

Suara tersebut biasanya dari setelan baut platuk klepnya sudah kendor atau pun mengalami kendor karena saking lamanya motor suprafit tersebut tidak di servisnya,dan juga  bisa dari sentriknya yang  aus dan kendor.

Ilustrasi motor honda supra fit s (Bengkelkampoeng)

Kemudian saya langsung membukanya dan menyetel klep tersebut yang menyebabkan suara mesinnya menjadi berisik,untuk menyetel klep pertama tentunya kita mesti membuka baut tutup klepnya dulu,untuk motor honda c100 series baut tutup klepnya menggunakan kunci 17mm,bisa menggunakan kunci ring atau juga kunci sok,tetapi untuk sekarang ini sudah tersedia kunci yang khusus ntuk membuka baut tutup klep dan saya sarankan untuk yang mau membuka sendiri di rumah jangan menggunakan kunci pas karena khawatir meleset dan baut tutup klepnya menjadi dol.

Untuk motor honda c 100 series cara menyetel klepnya kita mesti mengetopkan timing kompresinya dengan memutar baut magnetnya dan posisikan pada garis yang bertanda "T" dan terlebih dahulu membuka baut lobang intip timingnya yang menggunakan baut plastik atau juga ada yang masih menggunakan baut besi dengan obeng min yang berada disamping sebelah kiri atau blok magnetnya.

Setelah posisi topnya pas,kemudian saya menyetel klepnya menggunakan kunci 9mm dan kunci L khusus buat memutarkanbbaut platuk klepnya,untuk ukuran kerenggangan klep standar supra fit atau c100 saya hanya menggunakan filling bukan fuller gauge karena sudah terbiasa menyetel klep tersebut karena saking sudah terbiasanya.

Namun untuk yang pemula tentunya harus menggunakan filler gauge dan kerenggangan klep bisa terukur untuk In nya 0,7mm dan Ex nya 1,0mm setelah semuanya selesai kemudian saya pasangkan kembali baut tutup klepnya tak lupa di kencangkan bautnya khawatir akan rembes oli mesinnya.

Kemudian saya hidupkan motor tersebut dan tek..tek..tek.kok suaranya masih terdengar ngeletek malahan lebih jelas dari sebelum di setel klepnya,saya pun mengecek kembali kekencangan rantai ketengnya bisa saja dari sentriknya yang kendor,namun rantai ketengnya masih normal.

Saya pun mendengarkan dengan seksama he..dan suaranya terdengar lebih jelas di dalam blok sehernya,saya pun berpikir kalau memang sehernya yang kena atau sudah longgar mungkin dari kenalpotnya akan ngebul dan keluar asap putih,dengan penasaran saya pun membicarakan kepada pemilik motor tersebut bahwa motor mesti di bongkar bagian blok sehernya,pemiliknya pun memasrahkan semuanya kepada saya,sambil masih penasaran apa mungkit suara tersebut dari sehernya yang sudah longgar.

Dan sertelah di bongkar semua blok sehernya kemudian saya cek satu per satu komponennya tidak nampak ada kerusakan bahkan sehernya pun yang tadinya di prediksi sebagai penyebabnya nampak masih bagus dan tidak ada tanda goresan-goresan,setelah saya lepas sehernya kemudian saya buka ring sehernya dan untuk memastikan bahwa sehernya sudah longgar saya coba di masukan ke blok sehernya tanpa pasang ringnya dan ternyata.. sehernya sudah plong langsung ngeblong,dan saya yakin pasti dari seher ini yang menjadi penyebab suara ngelitik tersebut,tidak hanya itu saya juga mencoba ring sehernya dipasang keblok sehernya dan memang sudah renggang banget.

Akhirnya saya ganti sehernya dengan yang baru dan tanpa dikorter dulu atau size nya tetap memakai yang standarnya,sebelum di pasang saya coba di masukin ke blok sehernya dan memang yang baru masih agak seret tetapi pas,kemudian saya langsung pasngkan semuanya dan di pasang kembali seperti semula.

Setelah selesai memasang seher tersebut tak lupa oli mesinnya pun di ganti baru,karena kalau masih menggunakan oli yang bekas pakai khawatirnya seher baru akan tergores karena menggunakan pelumas bekas.
Lalu saya hidupkan mesinnya dan suaranya terdengar halus banget..seperti motor baru.

Terimakasih
Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger