Langsung ke konten utama

Air Radiator Motor Masuk ke Mesin?ini penyebabnya.

Air radiator motor cepat habis karena masuk ke mesin dan bercampur oli,sehingga warna oli tersebut berubah menjadi pekat seperti susu kental,"terpaksa harus mengganti oli baru lagi deh..padahal belum lama ini motor habis ganti oli sekalian dengan melakukan service , namun selang beberapa hari kemudian setelah mengganti oli dan service,performa motor tersebut malah menurun bukannya tarikan motor menjadi enteng malah tarikannya terasa berat dan suara mesinnya agak kasar" Demikian cerita pemilik motor yamaha mx 135LC pada bengkelkampoeng.

Seal water pump jupiter mx new
Seal water pump jupiter mx new : Foto m_aris

Air radiator yang masuk ke mesin dan bercampur dengan oli akan berubah warnanya menjadi pekat kental karena di putar terus menerus di dalam mesin tersebut seakan menyatu antara oli dan Air radiator tersebut karena saking terus menerusnya di putar di dalam mesin,padahal jika dalam keadaan normal mana mau air bercampur dengan oli he...secara otomatia performa mesin pun akan menurun karena di lumasi dengan oli yang bercampur air,intinya tidak cocok saja he...suara mesinpun pastinya menjadi kasar karena sistem pelumasnya bukan lagi berbentuk oli yang khusus buat melumasi mesin yaitu oli murni atau mineral, tetapi oli yang tercampur dengan air tersebut,akibatnya suara menjadi kasar.dari mana asal air tersebut sampai bisa masuk kedalam mesin kalau bukan dari air  yang di gunakan sebagai pendingin mesin motor yang menggunakan sistem pendingin cairan yaitu radiator, di antaranya motor yamaha jupiter mx135Lc,dan motor lainnya yang menggunakan radiator. Kenapa air tersebut bisa sampai masuk ke dalam mesin?tentunya ada masalah dengan beberapa komponen Radiatornya,untuk mengetahui lebih jelasnya komponen apa saja yang menyebabkan air tersebut sampai bisa masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli,berikut ini komponen-komponen yang mesti periksa dan segera di atasinya, serta bagaimana cara mengatasinya,di antaranya .

1 .Periksa Seal Water Pump nya.

Untuk memeriksa seal water pump yamaha jupiter mx135LC,karena posisi sealnya berada di dalam water pumpnya yang letaknya si samping kiri atas tepatnya di silinder head,sekaligus water pump tersebut sebagai tutup gir sentrik atas motor tersebut,tentunya terlebih dahulu menguras air radiatornya hingga habis supaya tidak berceceran,setelah itu kemudian buka tutupnya dan sudah kelihatan seal water pumpnya,periksa kondisinya,jika kondisnya rusak maka seal inilah yang meyebabkan air radiator menjadi rembes dan masuk ke mesin,dan bercampur dengan oli ,sehingga jika seal waterpump nya tidak segera di ganti dampak yang akan terjadi pada mesin akan semakin parah,selain olinya yang mesti sering di ganti,performa mesin pun akan menurun dan kurang bertenaga bahkan suara mesin akan menjadi kasar,seperti yang telah di ceritakan di atas karena pelumasnya yang bercampur Air Radiator tersebut,untuk mengatasinya segera ganti seal water pump nya.

2 .Periksa As Kipas Water Pump Aus.

Selain seal water pumpnya yang rusak,Air radiator yang rembes dan masuk ke mesin juga di sebabkan karena As kipas airnya sudah aus,terjadinya aus tersebut di sebabkan karena perawatan radiatornya kurang di perhatikan dengan membiarkan air radiatornya sampai berkurang bahkan mengganti air radiator tersebut menggunakan air biasa,sehinngga dampaknya pada komponen radiator tersebut menjadi berkarat termasuk As kipas water pump nya,karena keseringan menggunakan air biasa saat menambah atau mengganti air radiatornya,untuk memeriksanya seperti cara no 1 hanya saja untuk mengeluarkan As nya harus membuka kedua baut yang ada di bagian dalam water pump nya ,jika benar As nya sudah Aus,maka untuk mengatasi supaya air tersebut tidak masuk ke mesin segera ganti As kipas air nya dengan yang baru.

3 .Periksa Bearing As Water Pump.

Bearing As Water pump yang aus dan longgar juga dapat mengakibatkan air radiator rembes dan masuk ke dalam mesin,karena  jika  putaran As nya goyang sebab bearing yang  oblak tadi ,maka putaran As  tersebut membuat seal Water pump menjadi miring dan membuat celah air yang keluar dari water pumnya dan masuk ke dalam mesin.

Bearing As kipas water pump kode 6000
Bearing As kipas water pump kode 6000 : Foto m_aris

Untuk mengatasinya ganti bearing As tersebut dengan yang baru,untuk persamaannya bearing As kipas tersebut bisa menggunakan bearing As  water pum vario 125  dan untuk Kode Bearingnya HB6000,dengan di ganti bearingnya putaran As kipas tersebut tidak akan goyang lagi.setelah semua di lakukan dan komponennya di ganti kemudian pasangkan seperti semula,sedangkan untuk mengatasi mesinnya supaya kembali normal dan suaranya kembali halus,maka yang harus di lakukan dengan menguras sisa-sisa oli yang bercampur air tersebut dengan cara dua kali ganti oli,yang pertama saya sarankan menggunakan oli yang standar saja atau yang biasa saja karena hanya buat menguras sisa-sisa air tersebut dengan di hidupkan selama kurang lebih satu sampai dua jam,atau bisa saja motor tersebut di pakai jalan kira -kira jarak 50 sampai 100 km, kedua setelah oli yang pertama itu  mencapai batas yang di perkirakan seperti di atas kemudian keluarkan oli tersebut dan ganti dengan yang baru,tentunya oli yang ini di gunakan secara normal seperti ganti oli mesin pada umumnya.dengan demikian mesin tersebut kembali normal seperti semula.

Demikian postingan Air Radiator Masuk Ke Mesin?Ini penyebabnya,semoga bermanfaat

Terimaksih

Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger