Langsung ke konten utama

Penyebab motor ngempos dan mati ketika mesin panas

Motor terasa ngempos saat sebelum mati ketika kondisi suhu mesin sudah panas,ini terjadi dan dirasakan si pengendara motor astrea grand keluaran tahun 1997,memang cukup lawas juga ya..

Honda Super Cub
Ilustrasi Honda Super Cub - wikipedia.org

Ia datang ke bengkel kampoeng untuk memeriksa sekaligus menyampaikan keluhan yang di rasakan pada motor nya tersebut ,motor astrea grand yang menjadi motor kesayangan satu-satu nya padahal ia memiliki lebih dari satu motor sedikit cerita ya mengapa saya tahu karena saya kenal betul sama orangnya dan ia pun menjadi langganan setia bengkel kampoeng dan ia memiliki lebih dari satu motor apa mungkin motor astrea grandnya di jadikan motor sejarah gitu apa memang cinta motor lawas dalam hati saya bertanya-tanya,tapi saya ga berani bertanya langsung,ok lanjukan...

Pada saat ia datang ke bengkel kampoeng motornya dalam keadaan normal dan belum mati,karena mungkin kondisi mesinnya belum panas atau mungkin karena ia memang sengaja di buat mesinnya tidak panas di dorong kali ya he..

Astrea grand memang memiliki keunggulan dengan mesinnya yang berkapasitas 97cc ini selain tenaganya yang mantap mesin motor ini pun terbilang sangat irit dan bandel,namun dibalik semua itu tersimpan rahasia yang membingungkan dan misteri he..

Karena saking iritnya otomatis mesinnya menjadi lebih panas, untung saja mesin astrea grand menggunakan sparepartsnya yang masih produk impor,jika saja sparepartnya yang biasa-biasa aja atau yang abal-abal mungkin ngga bakalan bertahan sampai bertahun-tahun,hitung aja dari tahun 1997 sampai sekarang coba hitung he..

Ok kita lanjutkan motor mati ketika mesin panas bisa terjadi disebabkan karena dari beberapa faktor,diantaranya :

Mesin terlalu panas (over heating)

Over heating bisa terjadi di semua mesin kendaraan baik motor atau pun kendaraan lainnya yang mempunyai mesin bakar tentunya he..karena over heating terjadi hanya hitungan detik dan kembali normal dalam beberapa detik juga,ketika mesin mengalami over heating otomatis jika mesinnya menggunakan pendingin alami hanya dengan mengandalkan udara yang bertiup pada sirip-sirip mesinnya secara otomatis cara membuang suhu panasnya pun tidak semaksimal dengan mesin motor yang menggunakan pendingin cairan/radiator dan yang terjadi ketika mesinnya sudah terlampau panas,mesin tiba-tiba menjadi kehilangan tenaga walaupun sudah membuka gasnya dan langsung mati dalam hitungan detik,dan hal yang dirasakan mesin tersebut terasa ngelos dan ngempos kemudian mati,namun tidak seberapa lama kira-kira hitungan detik motor kembali normal setelah melewati masa ngempos tadi dan setelah di dinginkan sebentaran dengan berhenti dulu di pinggir jalan,karena kejadiannya saat motor tersebut sedang di pakai di jalanan,gejala seperti ini di sebabkan karena kondisi oli mesinnya sudah tidak normal dan sudah tidak bisa menyerap kondisi suhu mesin yang panas,untuk mengatasinya segera ganti oli mesinnya dengan oli mesin yang baru.

Spul Pengapiannya Lemah

Spul pengapian buat mensuply arus AC yang menuju CDI nya sudah lemah dan sudah tidak mampu lagi menahan kondisi suhu mesin yang panas,ketika mesin dalam kondisi suhu panas arus listrik yang di alirkan dari spulnya menciut atau short sehingga arus tersebut tidak seimbang dengan arus input CDI motor tersebut,yang mengakibatkan pengapian pada busi menjadi mengecil dan akhirnya moror menjadi ngempos dan mau mati.

Spul yang lemah bukan berarti spulnya sudah mati total,untuk spul yang orisinil kondisi seperti ini bisa kembali normal,dan suply arusnya yang menuju CDI nya pun kembali normal dan masih bisa di pakai dengan catatan kondisi mesinnya mesti tetap dingin jadi motornya ga bisa ke mana-mana,gimana masih mau pakai spul yang ini?tapi ga bisa kemana-mana he...

Segera ganti spul pengapiannya dengan yang baru,untuk spul motor astrea grand masih banyak stok dan tersedia di toko maupun bengkel,dan harganya sekitar 200 Ribuan,dengan di ganti spulnya semua keluhan yang menjadi Penyebab Motor Ngempos Dan Mati Ketika Mesin Panas bisa teratasi,Sekian.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger