Langsung ke konten utama

Perawatan Penting Komponen Motor Matic PPKM

Komponen paling vital dan sangat penting pada all motor matic yaitu

CVT (Continuous variable transmission)

CVT menjadi syarat utama motor matic guna mentransfer atau menyalurkan putaran mesin yang menuju roda belakang sehingga motor matic yang anda kendarai saat ini bisa melaju dengan normal seperti sepeda motor pada umumnya,untuk sepeda motor non matic di hubungkan dengan sproket sementara motor matic di hubungkan melalui komponen cvt kemudian putaran mesin di reduksi dengan gear box hingga putarannya sampai pada As roda belakang nya. perawatan komponen cvt motor matic menjadi suatu keharusan tentunya demi keselamatan,kenyamanan dan mencegah dari sesuatu hal yang tidak di harapkan apalagi sampai menimbulkan sesuatu yang berakibat fatal pada motor matic anda,tentunya anda pun tidak mau mengalami ketika tiba-tiba motor matic anda mogok di jalanan karena tidak di rawat dengan baik.

Perawatan cvt motor matic

Nah untuk Perawatan yang baik dan benar supaya kalian semua pada tau cara merawat komponen cvt dengan baik,namun berhubung saat ini pemerintah memutuskan kebijakan .

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)

jadi untuk pergi ke bengkel,mungkin bengkelnya juga sedang tutup jadi kalian bisa juga

PPKM artinya (Perawatan Penting Komponen Motor Matic)

dengan sendiri di rumah,tapi sebaiknya supaya kalian lebih paham sama komponen cvt tersebut yang mesti sering di rawat mari kita jelaskan satu per satu kemudian kalian bisa lanjutkan perawatannya dengan sendiri.

1. Pulley Depan


Pulley Depan bisa juga sisebut pulley primer (fixed primary sheeve) berperan sebagai penahan V-belt,Komponen ini tidak bergerak, berupa piringan,Komponen CVT ini berperan untuk membesarkan perbedaan rasio, di bagian pinggir komponen ini ada kipas pendingin yang berperan sebagai pendingin ruangan CVT supaya V-belt tidak cepat panas dan aus mah untuk pulley yang satu nya perannya hampir sama namun ada sedikit perbedaan selain pulley ini bergerak,juga berperan sebagai rumah bantalan atau Roller yang mengatur membesarkan dan mengecilkan perbedaan rasio yang bergerak secara sentrifugal,untuk merawatnya dengan hanya membeesihkan dari debu dan endapan bekas gesekan antara Roller dan Rumah roller nya juga periksa kondisinya masih layak di gunakan lagi atau mesti di ganti baru,karena komponen ini,komponen utama atau primer pada semua motor matic termasuk motor matic kalian.
Pulley depan

2. Pulley Belakang


Pulley Belakang atau pulley skunder adalah pulley yang di putar yang memiliki profil yang lembut dengan bahan dasar yang enteng dan keras,untuk memudah kan v-belt bergerak dan lengkap dengan pasangannya yaitu slider pulley (Secondary sliding sheeve ) juga di lengkapi dengan kampas ganda(kampas sentrifugal) dan mangkok otomatis (kopling house) sementara perawatannya dengan membersihkan dari debu,untuk membersihkan kampas ganda nya dengan cara di buang bekas gesekan yang membekas hitam menggunakan amplas,jika kondisi kampas ganda nya sudah tipis maka kampas tersebut bisa di ganti dengan yang baru,karena dapat berpengaruh terhadap kinerja tarikan mesinnya yang kurang responsif yang dapat menimbulkan getaran saat tarikan awal nya.
Pulley belakang

3. Venbelt


Venbelt atau V-belt berperan menyambung putaran dari pulley depan ke pulley belakang,besar Diameternya bervariatif tergantung pabrikasi motor matic tersebut dan memiliki dua sisi sudut yang di sesuaikan dengan sudut pulley,untuk perawatannya dengan memeriksa kondisi permukaan tengahnya yang berigi secara kasat mata,jika ada indikasi retakan pada celah gerigi tersebut maka v-belt tersebut minta di ganti dengan yang baru,untuk batas masa pakai v-belt tiap pabrikan merekomendasikan antara 20Ribu km hingga 30Ribu km dan tiap kelipatannya.

4. Roller

Roller adalah satu bagian cvt motor matic,Komponen ini ialah bantalan kesetimbangan gaya berat yang berfungsi untuk mendesak dinding dalam pulley depan atau pulley primer saat terjadi perputaran tinggi,Konsep kerja roller, makin berat karena itu ia akan makin cepat bergerak menggerakkan movable drive face pada drive pulley hingga dapat mendesak belt ke status paling kecil,maka akselerasi yang di hasilkan dengan torsi maksimum sehingga motor matic lebih responsif pada awal tarikannya,begitupun sebaliknya bobot berat Roller semakin ringan torsinya akan drop dan lebih lambat bergerak sehingga di butuhkan daya maksimum putaran mesin motor tersebut,cara perawatannya dengan mengganti baru jika kondisinya sudah pada peang seperti gambar di bawah.

Roller

5. Slider


Slider atau tutup rumah roller yang di lengkapi dengan slider piece yang berbentuk segitiga berbahan plastik fiber tahan gesekan berperan untuk meredam pergerakan dinding dalam agar berubah menuju luar saat tergerak oleh roller,sementara perawatannya dengan mengganti baru jika kondisi celah nya mengalami aus dan longgar ,untuk slider piece ada 3pcs dengan ukura bervariatif di sesuaikan dengan slider masing-masing motor matic.
Slider piece


6. Kampas Ganda


Kampas ganda (kopling sentrifugal) berperan menyalurkan tenaga dari mesin menuju Roda belakang yang di reduksi melalui ger box,kampas ganda juga termasuk bagian dari pulley belakang assy dengan bentuk yang menyerupai kampas rem tromol,kondisi kampas ganda yang aus dengan bentuk fisiknya yang kelihatan sudah tipis maka tenaga motor matic tidak optimal,untuk mengatasi hal ini maka di perlukan penggantian komponen ini.
Kampas ganda

7. Per CVT

Per CVT berperan untuk kembalikan status pulley ke status awalnya yakni status v-belt paling luar. cara kerjanya adalah makin keras Per Cvt maka makin cepat v-belt bisa terbangun tetapi semakin lama di keadaan terluar dari pulley belakang semakin panas kondisi v-belt nya,kesalahan gabungan antara roller dan per CVT bisa mengakibatkan cepat panas dan aus,jika dipaksakan Per Cvt yang keras bisa mempercepat usia pakai Rollernya Panas yang terjadi di bagian CVT karena putaran mesin nya lebih ekstra maka bisa membuat materi partnya cepat memuai. Di tingkat panas tertentu, materi parts tidak mampu meredam penekanan di tingkat tertentu juga,Pada akhirnya v-belt nya tidak mampu bertahan lebih lama dan menjadi cepat terkikis yang mengakibatkan roller lebih panas juga dapat cepat peang karena itu,perawatannya sesuai kan dengan rekomendasi yang standar nya saja.

Per CVT

Demikian lah posting kali ini, Perawatan Penting Komponen Motor Matic PPKM,semoga bermanfaat.
Wasaalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger