Langsung ke konten utama

Cara Memasang Relay Klakson Motor

Cara memasang relay klason motor sangat mudah sekali tinggal pasang soket-soketnya lalu pada kedua ujungnya di sambungkan pada baterai dan pada klaksonnya.Relay merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi dan bekerja mempersingkat atau memperpendek arus sekaligus menghubungkan dan memutus arus utama dari catu daya atau baterai menuju perangkat elektronik lainnya salah satunya buat diaplikasikan pada pemasangan klakson motor atau lebih sederhananya yaitu saklar elektronik yang di kendalikan melalui saklar manual atau saklar kontrol,kenapa mesti pakai relay  kan hanya menggunakan saklar manual juga bisa? jawabannya ya menggunakan saklar manual juga bisa hanya saja jika menggunakan relay suara klakson lebih jelas dan nyata karena dapat memangkas arus yang langsung dari beterai menuju klakson tersebut sehingga suaranya lebih nyaring.

Ilustrasi rangkaian relay : bengkelkampoeng

Nah jika sudah mengetahui fungsi dan cara kerjanya maka kita lanjutkan ketahap bagaimana cara mengaplikasikannya,untuk mengaplikasikannya cukup mudah hanya dengan beberapa langkah relay tersebut sudah bisa digunakan dan difungsikan,langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama sediakan alat-alat yang di butuhkan berikut relay sama klaksonnya,alat-alat tersebut di antaranya

  • kabel yang tebal secukupnya ± 2 meter
  • Solasi
  • Skun kabel ±10pcs
  • Sikring beserta rumahnya
  • Tang dan Gunting
  • Klakson Dan Relay
(Gambar 1) rangkaian relay : bengkelkampoeng

Kedua langkah ini tahap merangkaikan alat-alat yang sudah di sediakan di atas yaitu dengan mengambil kabel secukupnya kira-kira sampai pada aki lalu diujung-ujungnya di pasang skun kabelnya yang bulat sama yang gepeng tipe C (bisa lihat gambar 2),yang bulat disambung langsung pada positif (+) aki tak lupa dipasang rumah sikringnya buat pengaman antisipasi apabila terjadi konslet ,kemudian yang ujung satunya lagi dipasang skun yang pipih atau yang gepeng langsung di hubungkan sama relay kode 30,jika menggunakan saklar kontrol negatif kode 30 bisa di gabung langsung dengan kode 86 tapi jika menggunakan saklar kontrol menggunakan tombol bawaan motor maka soket klakson bawaannya langsung di hubungkan pada kode 85 dan 86 setelah itu kemudian potong lagi kabelnya kira-kira 30cm menggunakan gunting atau tang potong sebanyak dua potong kemudian disambung pada kabel satunya di buat bercabang seperti hutup (T),lalu ujungnya dipasangi skun yang pipih,buat ujung tengah di hubungkan langsung pada relay kode 87 sementara pada kedua ujung lainnya di hubungkan pada kutub positif (+) klakson yang di pasang secara pararel sedangkan kutub negatif (-) nya di hubungkan sama massa/grond.

(Gambar 2) tiga tipe skun kabel : shopee.co.id

Ketiga pasangkan klakson tersebut letaknya sesuai keinginan kalian,jika sudah mantap lalu di coba klaksonnya dan berbunyi teeeeet..teeet...telolet,oke demikianlah tutorial Cara Memasang Relay Klakson Motor,semoga tutorial ini bermanfaat ada salah-salah kata silahkan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar.

Terimakasih berkunjung ke blog bengkelkampoeng.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger