Langsung ke konten utama

Cara Setel Rantai Keteng Motor Honda CB100

Mengencangkan Rantai keteng atau menyetel rantai keteng motor honda cb100 tidak seperti motor-motor pada umumnya yaitu harus dilakukan dengan cara manual  dan mesti ada teknik dan trik tersendiri yang mesti dikuasai salah-salah dalam melakukannya rantai keteng bukannya tambah kencang malah tambah kedodoran alias kendor,Nah buat kalian yang hobi sama motor jadul alias klasikan dan suka oprek juga jika belum paham betul jangan coba-coba deh menyetel rantai keteng motor cb100 atau Gl series kecuali kalian sudah paham dan tau cara-caranya,namun jika kalian penasaran sebaiknya simak terus artikel ini sekaligus buat panduan cara menyetel rantai keteng motor cb100.


posisi tensioner cb100
Posisi tensioner cb100 (Bengkelkampoeng)

Untuk motor honda cb100 letak tensioner buat menyetel rantai keteng posisinya ada dibawah tepatnya di crankcase sebelah kanan mesin berbeda dengan motor gl series generasi berikutnya yang posisi tensionernya ada pada blok sehernya dan sudah tidak manual lagi yang bisa mendorong atau menyesuaikan sendiri jika kondisi rantai ketengnya kendor dengan cara mendorongnya secara otomatis menggunakan per yang terpasang pada tensioner tersebut sampai batas maksimal tonjokan tensionernya ,sedangkan untuk motor cb100 jika kondisi rantai keteng nya kendor kalau tidak di setel ya masih tetap kendor dan tidak mendorongnya secara otomatis yang ada malah suara kasar aja pada mesinnya karena setel rantai ketengnya harus dilakukan secara manual.

Untuk setel rantai keteng cb100 Pertama siapkan dulu alat-alatnya yaitu kunci ring 14 mm,kunci ring pas 10 mm atau obeng plus (+) buat membuka tutup tensionernya lalu sediakan baut kecil atau jari-jari bekas sepeda buat menarik setelannya yang didalam,setelah alat-alatnya lengkap kemudian kita lanjutkan cara mengerjakannya untuk hasil yang maksimal dan mengetahui secara pasti perubahan yang terjadi pada mesinnya cara menyetelnya disertai dengan menghidupkan mesinnya jika awalnya suara mesin kasar kemudian menjadi halus maka setel rantai ketengnya sudah selesai,nah caranya sebagai berikut.

  • 1.Buka baut 10 mm atau baut obengnya
  • 2.Masukan baut kecil atau jari-jari bekas roda sepeda pada lubang yang ditutup baut 10 mm tersebut kemudian putar sampai masuk pada ulir yang ada didalam sebagaimana memutar baut pada umumnya sampai kencang
  • 3.Kendorkan Baut 14 mm sambil ditarik jari-jarinya tidak lupa sambil perhatikan perubahan pada suara mesinnya,jika suara mesinnya terdengar halus maka penyetelan cukup sampai batas tersebut diupayakan jangan sampai terlalu kencang karena akan berefek pada suara mesinnya menjadi dengung lalu kencangkan kembali baut 14 nya
  • 4.Tutup kembali mengunakan baut 10 mm,Selesai

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas yang baik dan benar maka Cara Setel Rantai Keteng motor Honda CB100 sudah selesai dengan baik dan Mantap.

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger