Langsung ke konten utama

Mengenal Fungsi Thermostat Pada Sepeda Motor

Thermostat memiliki tugas penting pada mesin sepeda motor yang telah menggunakan radiator sebagai pendingin yang menggunakan cairan pendingin (liquid cool).Sepeda motor yang menggunakan pendingin radiator tentunya sudah dilengkapi dengan thermostat yang merupakan bagian dari komponen sistem pendingin tersebut. Pada saat kondisi mesin masih dingin, thermostat akan menutup saluran air radiator sehingga air hanya bersirkulasi di dalam mesin sehingga suhu mesin dengan cepat naik mencapai temperatur kerja ideal antara 80-90 derajat celcius.

Ilustrasi Termostat vario : lazada.co.id

Sebaliknya saat temperatur mesin melewati suhu kerja ideal, thermostat membuka saluran ke radiator untuk mendinginkan mesin. Proses ini terus terjadi berulang-ulang untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil.Jadi, fungsi thermostat secara khusus dan pendingin mesin secara umum yaitu menjaga suhu pada mesin agar tetap terjaga di antara 80-90 derajat celsius. Jika sampai mesin terbiasa beroperasi pada suhu yang terlampau tinggi, akan berdampak buruk pada kinerja dan komponen mesin. Salah satu hal yang biasa terjadi pada mesin yang sering overheat yakni mudahnya komponen mesin menjadi aus.Thermostat bekerja sebagai gerbang atau katup buka dan tutup yang mengatur sirkulasi air panas pada mesin dan air dingin pada radiator yang bekerja secara otomatis sesuai dengan kondisi suhu pada mesin.Jika suhu pada mesin telah mencapai 85 hingga 90 derajat celsius, katup thermostat akan membuka,sehingga air yang sudah didinginkan dalam radiator masuk kedalam mesin dan suhu mesin kembali normal dengan suhu ideal ,Setelah suhu pada mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup dan membiarkan sirkulasi air radiator yang hanya ada di dalam mesin. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu dikendalikan sesuai dengan kinerja thermostat yang merupakan bagian dari komponen radiator khusus nya pada sepeda motor.

Jika terjadi peningkatan pada suhu mesin yang berlebih atau tidak seperti biasanya ,maka tidak menutup kemungkinan thermostatnya sudah bermasalah sehingga tidak dapat bekerja secara optimal hal tersebut terindikasi adanya endapan atau kotoran akibat menggunakan cairan pendingin yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan ,dengan demikian maka biasakan menggunakan cairan pendingin sesuai rekomendasi khususnya buat sepeda motor yang menggunakan radiator.

Demikian Posting Mengenal Termostat Pada Sepeda Motor,Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

  1. Makasih atas ilmunya jadi kita lebih tau tentang fungsinya,salam sukses

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. terimakasih.

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger