Langsung ke konten utama

Penyebab Air Radiator Motor Mendidih dan Cepat Habis

Air radiator motor mendidih dan cepat habis disebabkan Termostat Radiator nya sudah tidak berfungsi dengan normal dan adanya Kebocoran Kompresi mesin pada silinder headnya,Kebocoran kompresi tersebut masuk ke jalur radiator melalui water jacket atau ruang celah air pada silinder head. Termostat berfungsi mengatur sirkulasi air yang sudah didinginkan dan air yang sudah panas dengan cara buka tutup secara otomatis ketika kondisi panas mesin sudah mencapai titik didih suhu tertentu antara 80-90° celcius dan menutup kembali saat suhu air dibawah titik didih suhu tersebut,ketika kondisi mesin sudah panas dengan titik didih suhu tersebut maka termostat membuka secara otomatis dan mendorong air yang sudah didinginkan mengganti air yang sudah panas yang ada didalam blok silinder head ,dengan demikian kondisi panas mesin menjadi normal kembali.Termostat yang tidak berfungsi akibat terjadinya korosi dan karat sehingga Termostat menjadi macet.Kemudian adanya Kebocoran kompresi mesin dari silinder head juga sebagai pemicu yang mengakibatkan air radiator mendidih dan cepat habis ,dengan adanya kebocoran kompresi tersebut maka tekanan kompresi mesin yang panas mendorong air radiator yang ada di bagian silinder head melalui celah air (water jacket) sehingga air radiator tersebut mendidih dan terjadi penguapan yang mengakibatkan air radiatornya cepat habis.

Ilustrasi termostat : foto google.com

Nah jika masalah tersebut terus dibiarkan tanpa adanya tindakan maka akan timbul masalah baru yang dapat mengakibatkan sebagai berikut.

Motor Sulit di Hidupkan

Jika terjadi kebocoran kompresi pada sepeda motor yang menggunakan pendingin Cairan atau yang menggunakan Radiator maka motor tersebut akan sulit dihidupkan terutama dalam kondisi mesin slagi masih dingin karena efek dari kompresi yang bocor tersebut akan meninggalkan uap air pada ruang pembakaran bahkan lama-lama jika terus dibiarkan air radiator akan masuk keruang bakar dan motor bisa hidup sama sekali.Untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara melakukan pengecekan pada silinder headnya dan mengganti part yang menyebabkan terjadinya kebocoran kompresi tersebut, salah satunya dengan mengganti paking silinder head dan meratakan bibir silinder headnya yang tidak menutup kemungkinan terjadinya lengkungan pada bibir silinder headnya.

Motor Kurang Tenaga (Ngempos)

Selain dapat mengakibatkan terjadinya uap air pada ruang bakar kondisi kompresi bocor pada silinder head juga dapat mengakibatkan motor menjadi kurang bertenanga dan ngempos akibat kompresi bocor tersebut karena dengan kondisi kompresinya yang bocor tenaga yang dihasilkannya juga menjadi berkurang.Nah sudah jelaskan di atas maka jangan tunggu lama lagi segera lakukan tindakan dengan mengganti part yang sudah disebutkan diatas.

Bahan Bakar Boros

Dengan terjadinya kompresi yang bocor selain mengakibatkan air radiator mendidih dan cepat habis,kebocoran kompresi juga berimbas pada konsumsi BBM yang boros karena dengan kondisi mesin ngempos sebagaimana diuraikan di atas sangat berpengaruh pada konsumsi bbmnya menjadi boros mana bbmnya sekarang udah naik lagi ditambah kondisi mesin yang boros bbm ,makin boros dech.

Pengeluaran Bertambah

Untuk selanjutnya dengan terjadinya masalah pada radiator yang cepat habis sudah tentu kita mesti menambah air radiator tersebut menjadi lebih sering ketimbang dalam kondisi radiatornya yang normal kita hanya dapat mengganti air radiator setiap 10.000km dan kelipatannya ,sementara dengan radiator yang cepat habis maka kita juga terpaksa mesti mengeluarkan biaya ektra untuk membeli air radiator baru untuk menambah air radiatornya yang cepat habis dan mendidih tersebut,makanya saya sarankan janganlah kalian berlaru-larut dalam memiliki masalah ,tapi saya yakin ini masalah bukan tidak segera mau diatasinya tapi dananya yang jadi masalah he..Sekian

Demikian Artikel kali ini mengenai Penyebab Air Radiator Motor Mendidih dan Cepat Habis ,semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger