Langsung ke konten utama

Jangan Asal Ganti TPS ,Ini Penyebab Motor Injeksi Tidak Langsam

Penyebab motor injeksi tidak mau langsam tidak dapat dikira hanya dari sensor TPS nya saja yang bermasalah tapi ada penyebab lainnya yang tidak dapat terdeteksi melalui lampu MIL (Malpunction Indicator Lamp) dengan tanda kedipan,tentunya jika yang bermasalah dari TPS (Trottle Position Sensor) maka lampu indikator akan merespon dengan tanda kedipan,8 kali kedipan untuk motor honda beat Fi dan 16 kali kedipan untuk motor Yamaha fi.Nah jika lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) tidak berkedip atau normal seperti biasanya namun motor tetap tidak mau langsam bahkan sulit dihidupkan maka sudah jelas masalahnya bukan dari sensor TPS,Jadi jangan asal ganti TPS (Throttle Position Sensor) nya karena tidak akan berpengaruh sama sekali meskipun gonta ganti TPS (Throttle Position Sensor) jika lampu MIL nya tidak berkedip maka masalah tersebut tidak akan terselesaikan.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan share pada kalian semua yang mengalami hal yang sama buat menambah referensi kalian bahwa masalah motor tidak langsam ternyata dari bagian mesinnya,dan yang menjadi penyebabnya yaitu dari klep yang bocor sehingga kompresi menjadi ngempos,pada awalnya saya juga mengira dari sensor TPS (Throttle Position Sensor) nya yang error namun setelah beberapa kali saya coba setel-setel dengan cara menggeser TPS nya bahkan diganti sensor TPSnya namun motor tersebut tidak merespon sama sekali.

Ini masalah tidak langsam ,klep bocor : bengkelkampoeng

Nah Seperti terlihat pada gambar ,ini yang sebenarnya penyebab motor injeksi tidak mau langsam,Klepnya bermasalah dengan ada nya celah yang menganga setelah saya bongkar karena penasaran dengan masalah motor tidak langsam yang tak kunjung selesai dengan hanya meng utak-atik sensor TPS (Throttle Position Sensor)nya saja ,Ternyata dari Klep ex nya yang bermasalah dengan kondisi sedikit menganga dan adanya celah sehingga secara otomatis kompresi menjadi bocor,pada saat putaran bawah dan yang terjadi motor menjadi tidak langsam padahal pada putaran atasnya motor bisa hidup dengan normal namun ketika dimatikan dan motor sulit saat mau dihidupkan kembali.

Bongkar mesin beat fi : bengkelkampoeng

Nah setelah mesinnya dibongkar kemudian langsung mengcek Klep nya dengan cara mengintipnya dari lubang knalpot dan inteknya,setelah diperiksa ternyata Klep bagian pembuangannya atau Klep ex nya ada sedikit celah,kemudian saya buka dan saya periksa ternyata Klepnya sedikit bengkok,hal ini terjadi akibat banyaknya kerak yang mengganjal dan akibat kondisi mesinnya mengalami panas berlebih akibat jadwal ganti oli mesinnya melewati batas maksimal,awalnya saya kira adanya celah pada Klep tersebut disebabkan karena kerak mengganjal ternyata Klepnya bengkok ,tidak banyak ba bi bu Klep nya pun langsung saya ganti dengan yang baru kemudian saya pasangkan setelah melakukan sekir ulang dan sekalian dengan mengganti seal Klepnya sebagai tindakan preventif ketika membongkar mesin jangan sampai bongkar pasang 2kali.
Setelah semuanya selesai dan mesin kembali dipasangkan pada rangkanya kemudian langsung saya coba hidupkan dengan di stater dan ces greng motor kembali hidup dengan normal dan bisa langsam seperti sedia kala.Selesai.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger