Langsung ke konten utama

Kode 52 Lampu MIL Motor Honda,Berikut Tabel Kode Jumlah Kedipan

Kenali tanda motor injeksi bermasalah pada kedipan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) ,dengan tanda kedipan pada lampu kuning yang ada pada panel meter merupakan tanda atau kode yang terindikasi dari kerusakan pada sensor-sensor motor injeksi tersebut ,perlu dicermati kedipan tersebut memiliki kedipan yang berbeda ada kedipan panjang dan kedipan pendek,salah satu contoh yang terjadi pada motor beat injeksi yang berkedip panjang sebanyak 5 kali kedipan di sertai dengan 2 kali kedipan pendek ,Nah disitu dapat diketahui kedipan panjang dihitung angka puluhan sementara kedipan pendek dihitung dengan angka satuan ,Nah jika kedipan panjang 5 kali disertai kedipan pandek 2 kali berarti menunjukan kode 52 yang terindikasi dari CKP (Cranksaft Position) yang bermasalah dengan disertai performa motor kurang stabil ,Sementara kedipan pendek sebanyak 8 kali kedipan cepat maka tersebut terindikasi dari sensor TPS,sensor-sensor yang bermasalah terjadi karena kurang berkoneksi dengan baik bisa karena longgar soket-soketnya namun tidak menutup kemungkinan disebabkan karena terjadinya arus pendek atau kabelnya yang putus.Nah dengan adanya kedipan pada indikator lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) maka dapat diketahui tanda kedipan tersebut mengandung Kode atau tanda yang terindikasi dari sensor-sensor injeksinya mengalami masalah.

1.Kedipan 1 Kali : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

Terjadinya kerusakan pada sensor ini mengakibatkan performa motor menurun disebabkan tingkat kevakumannya tidak stabil.

2.Kedipan 7 Kali : Sensor ECT & EOT (Engine Oil/Coolant Temperature)

Jika Sensor ini bermasalah menyebabkan mesin sulit dihidupkan pada temperatur rendah dan motor tiba-tiba mati jika kondisi temperatur mengalami suhu panas berlebih

3.Kedipan 8 Kali :TPS (Throttle Position Sensor)

Kerusakan atau masalah pada sensor ini mengakibatkan tidak stabilnya stationer dan boros bahan bakar.

4.Kedipan 9 Kali : IAT (Intake Air Temperature)

Akselasi motor menjadi lemot dan kurang responsif gejala bisa dirasakan saat tarikan awal brebet dan bahan bakar menjadi lebih buros.Untuk kode selengkapnya bisa anda lihat pada tabel di bawah.

Tabel Kode Kedipan Lampu MIL Honda

Kode KedipanKeterangan
1 KaliMAP (Manifold Absolute Pressure)
7 KaliSensor ECT (Engine Coolant Temperature) & EOT (Engine Oil Temperature)
8 KaliSensor TPS (Throttle Position Sensor)
9 KaliIAT (Intake Air Temperature)
12 KaliSensor Injektor
21 KaliO2 Oxigen Sensor
29 KaliIACV (Intake Air Cut Valve)
33 KaliECM (Engine Control Module)
52 KaliSensor CKP (Cranksaft Position)
54 KaliBAS (Bank Angle Sensor)

Pada motor injeksi baik motor honda maupun pada motor Yamaha indikator lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) memberikan sinyal dengan kode kedipan yang berbeda beda namun memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan sinyal atau isyarat dengan kedipan yang yang mengandung arti dari seberapa kali berkedip lampu indikator tersebut yang menandakan sensor-sensornya mengalami masalah.

5.Kedipan 12 Kali : Sensor Injector

Berikutnya Jika MIL berkedip cepat 2 kali dan 1 kali kedipan panjang maka terindikasi dari sensor injektornya bermasalah hal ini mengakibatkan motor sulit untuk dihidupkan dan brebet pada putaran bawah.

Salah satu fungsi sensor motor beat fi (otomotif.kompas.com)

6.Kedipan 21 Kali :O2 Oxigen Sensor

Indikasi sensor ini motor sulit hidup bahkan mati total akibat tidak berfungsinya sensor O2.

7.Kedipan 29 Kali : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)

Sensor intake air cut valve berfungsi sebagai komponen yang menyempurnakan pembakaran di ruang bakar,jika terjadi masalah dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan.

8.Kedipan 33 Kali : ECM (Electronic Control Module

Sensor ECM merupakan komponen injeksi yang berfungsi membatasi penggunaan bahan bakar tanpa mengurangi kinerja mesin,penyebab masalah pada sensor ini karena soket-soketnya kurang pas atau kontaknya longgar sehingga mengindikasikan kerusakan pada MIL (Malfunction Indicator Lamp).

9.Kedipan 52 Kali : CKP (Cranksaft Position)

Masalah yang terjadi hanya akibat kontaknya saja yang longgar sehingga motor sulit dihidupkan dan sering mati.

10.Kedipan 54 Kali : BAS (Bank Angle Sensor)

Sensor BAS bekerja atau terindikasi ketika motor mengalami jatuh atau posisi kemiringan melebihi 60° sehingga motor langsung mati,Penggunaan sensor pada saat motor Injeksi yang mengalami kemiringan ekstrim ketika memungkinkan mesin akan berhenti bekerja atau mati secara otomatis. Sensor BAS terpasang pada motor honda sonic 150 dan pada motor sport.Untuk mengatasinya kita hanya mengembalikan posisi kontak atau memutar kontak sabanyak dua kali sebagai reset manual.

Ilustrasi Sensor BAS (Tokopedia.com)

Kesimpulannya

Meskipun motor Injeksi seperti Honda Beat fi,vario fi, menawarkan kemudahan, tidak ada salahnya kalian belajar memahami indikasi masalah yang terjadi pada motor injeksi tersebut. Salah satu contoh paling mudah adalah mengenal kode MIL (Malfunction Indicator Lamp) berupa 10 kode kerusakan indikator engine check di atas. Memang butuh ketelitian karena terdapat dua model kedipan panjang dan kedipan pendek.
Demikian posting kali ini semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger