Langsung ke konten utama

4 Penyebab Oli Mesin Rembes Di Blok Kiri RX KiNG

Penyebab oli rembes di blok kiri RX king ketika motor tersebut saat di standar samping membuat tidak nyaman namun ketika di standar tengah tidak nampak rembesan oli tersebut dari mana asalnya.Rx king merupakan varian motor 2tak keluaran pabrikan garputala yang sangat legendaris dan banyak di minati para pecinta motor 2tak khususnya motor lawas yang mempunyai ciri khas tersendiri dengan tampilannya yang simpel dan tidak banyak ubahan dari tahun ke tahun,tak ayal lagi saking cinta nya sama motor "raja jalanan" ini para kolektor rela merogoh kocek yang begitu fantastis demi melengkapi koleksinya.

Rembesan di blok kiri Rx king (m_aris)

Namun buat para rider yang masih setia mempertahankan motor "raja jalanan " ini karena kondisi nya yang tak muda lagi,pastinya mengalami sesuatu yang membuat tidak nyaman dengan motor kesayangan yang satu ini yaitu adanya masalah rembesan oli ketika motor tersebut saat di standar samping kan namun ketika di standar dua tidak nampak rembesan oli tersebut dari mana asal rembesan oli tersebut kalau bukan dari rembesan oli mesin yang keluar dari ruang karter nya,untuk lebih jelasnya mari kita kupas apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya.
Ada 4 penyebab oli mesin bisa rembes di blok kiri rx king di antara nya :

1. Tutup Gigi Netral

Tutup gigi netral bentuk nya segitiga terbuat dari plastik fiber dan berfungsi menutup As gigi dan di tengahnya ada cekungan penampung oli dan di pasang di blok kiri rx king dan di pasang menggunakan 3 baut obeng,ketika tutupnya retak atau pakingnya robek secara otomatis oli mesin akan keluar dari celah tutup as gigi netral tersebut apalagi dalam keadaan mesin hidup karena as gigi tersebut berputar sehingga dapat lebih leluasa oli mesin tersebut keluar dari celah tutup tersebut,untuk mendeteksi kerusakan dari pakingnya mungkin bisa terlihat dengan bahwa pakingnya sudah rusak namun ada kalanya tutup as gigi netral tersebut mengalmi retak yang tidak jelas kelihatan yang di kira masih ok ternyata sudah retak dan menimbulkan oli menjadi rembes,solusinya segera ganti tutup as gigi netral tersebut.

2. Seal As Stut Kopling

Seal As stut kopling dengan Kode 4.8 x 25 x 5.5 memiliki bentuk yang lebar dengan ada lubang kecil di tengah nya ,yaitu lubang buat As pendorong atau stut kopling,rembesan oli mesin bisa juga terjadi yang di sebabkan dari seal ini namun terkadang sulit di deteksinya jika keadaan mesin nya sedang tidak di hidupkan karena penyebab seal as stut kopling tersebut menjadi rusak bisa saja terjadi bukan karena dari kondisi sil nya yang sudah lama atau karet nya yang kaku tapi bisa juga di sebabkan dari as stut nya yang bengkok,makanya sebelum di ganti seal as stut nya ada baiknya di periksa juga as stut koplingnya.
Jika as stut koplingnya tidak bengkok sudah di pastikan dari seal nya saja yang rusak dan perlu di ganti dengan yang baru,tapi jika as stut kopling nya yang bengkok maka kedua duanya mesti di ganti bersamaan.

Baca juga : Solusi Kopling Motor Yamaha Vega zr Bermasalah

3. Seal As Persneling

Seal as persneling yang sudah aus atau sudah kaku dapat menimbulkan rembesan oli mesin hingga menetes ke lantai saat motor di parkir di garasi anda ketika di standar samping bahkan ketika di standar tengah pun masih tetap rembes karena posisi seal as tersebut berada di paling bawah blok kiri motor rx king anda,untuk mengatasinya segera ganti seal as persneling tersebut untuk kode seal as persneling yaitu 14 x 24 x 6 dan saya sarankan mengganti dengan yang aslinya.

4. Seal As Gir Depan

Seal As gir depan penyebab oli rembes (m_aris)

Untuk seal as gir depan yamaha rx king maupun motor lainnya mungkin seal ini yang paling berat kerjanya karena setiap saat motor berjalan seal as ini berfungsi menahan as gir depannya yang terus menerus berputar bahkan ketika ada sesuatu yang menempel di rantai motor pastinya akan terbawa dan menyangkut di as gir depannya dan inilah yang menjadi penyebab seal tersebut cepat rusak dan menimbulkan rembesan oli mesinnya maka kemungkinan besar setiap ada yang bocor atau rembesan kemungkinan besar dari seal as gir depannya ,untuk solusinya segera ganti seal as gir depan tersebut untuk kodenya 26 x 38 x 5.

Dengan memeriksa secara seksama lalu mengganti seal-seal tersebut di pastikan semua rembesan yang ada di blok kiri motor rx king akan segera teratasi.

Terimakasih.
Demikian post kali ini, 4 Penyebab Oli Mesin Rembes Di Blok Kiri RX KiNG,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger