Langsung ke konten utama

Penyebab Motor Injeksi Tidak Langsam,Ini solusinya

Motor injeksi memang semuanya sudah di pasangi beberapa indikator sensor yang di atur melalui ECU (Elektronik Control Unit) secara terprogram tidak terkecuali dengan setelan langsamnya pun sudah menggunakan sensor TPS (throttle Position Sensor) semuanya terkontrol secara terprogram.Motor injeksi yang dipasangi setelan langsam secara manual menggunakan baut yang persis seperti baut setelan langsam motor karburator atau motor manual,hanya ada sedikit perbedaan cara penyetelannya.

Untuk motor manual atau motor karburator caranya dengan memutar bautnya searah jarum jam atau diputar ke kanan maka akan langsam dan semakin di putar kekanan maka semakin tinggi langsam motor tersebut,dan sebaliknya untuk motor injeksi semakain di putar kekanan maka langsam akan mengecil atau bahkan tidak ada langsamnya,contoh seperti pada motor metik injeksi  honda beat.

Semua itu bisa di lakukan ketika kondisi motor masih normal,ketika kondisinya tidak normal atau error maka disini kita akan berbagi tips sederhana sebagai solusi untuk motor injeksi yang tidak mau langsam sama sekali kendatipun baut setelan langsamnya di putar bolak-balik namun tetap tidak ada hasilnya.

Ada beberapa langkah yang harus kita lalui terutama buat motor metik honda beat maupun yang lainnya.

Pertama untuk motor beat/vario karena posisi throttle bodynya ada di bawah boks bagasi dan untuk membuka throttle body tersebut tentunya kita mesti melepas bagasi dan joknya sekalian,cara membukanya cukup siapkan saja kunci T 10mm,setelah itu kemudian kita buka throttle bodynya dan bautnya pun sama menggunakan baut 10mm dan tetap membukanya menggunakan kunci T,lalu soket-soket yang menempel di throttle bodynya kita lepaskan semuanya,untuk honda beat dan vario ada tiga buah soket,dan jangan lupa kabel gasnya pun di lepasnya.

Kedua didalam throttle body ada dua soket yang bawah dan yang atas,untuk yang bawah berfungsi sebagai sensor buka tutup gasnya dan yang atas berfungsi sebagai sensor pengatur langsam atau stationer.

Kedua sensor tersebut menjadi indikasi yang menyebabkan motor injeksi tidak mau langsam bisa di karenakan banyak kototoran yang masuk atau yang mengendap di dalam kedua sensor tersebut,bisa juga ini terjadi karena sensornya sudah tidak konek lagi dengan as pengatur gasnya atau juga mengalami error karena jarang di servis,solusinya kita bersihkan kedua sensor tersebut menggunakan minyak bensin atau bisa juga menggunakan injeksien cleaner,dan untuk membuka kedua sensor tersebut kita mesti membukanya menggunakan kunci L bintang.

Setelah dibersihkan kedua sensor tersebut kita pasang kembali,tetapi sebelumnya untuk sensor stationer atau sensor yang atas kita setel dulu per sensornya supaya lebih renggang,dan untuk baut setelan langsamnya yang manual di buka juga lalu di bersihkan.

Setelah semuanya selesai di bersihkan kemudian kita pasangkan kembali kedua sensor tersebut seperti semula lalu pasangkan kembali throttle bodinya,Kemudian hidupkan mesin motor tersebut sambil perlahan putar baut setelan langsamnya hingga motor tersebut mau langsam,dan setelah putaran langsamnya pas motorpun kembali mau langsam.

Selamat mencoba

Terimakasih,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger