Langsung ke konten utama

Motor Metik Terasa Bergetar dan Goyang Ketika Di Jalanan Lurus

Posting kali ini saya akan membahas mengenai keluhan  seputar motor metik honda vario 110 old atau motor vario yang masih menggunakan karburator,dan keluhannya terasa bergetar dan goyang saat di kendarai  dan makin terasa getarnya ketika di pakai di jalanan yang lurus.

Ilustrasi honda vario 110 old : wikipedia.org

mengendarai motor metik untuk perjalanan jauh memang terasa nyaman apalagi jalanannya lengang dan lurus tanpa hambatan pastinya makin enjoy,tapi hati-hati ya jangan sampai meleng dan masuk ke jalan tol bisa-bisa kena tilang tuh he..jalan lurus itu memang baik dan harus di tempuhnya he...

Selain itu mengendarai motor metik terkesan santai dan enjoy karena kita tidak perlu repot-repot injak sana injak sini dan tanpa perlu tarik sana tarik sini,bahkan jika kaki kita terasa pegal -pegal bisa berselonjoran ria he..

Semua ini pernah saya alami dan saya rasakan sendiri, mengendarai motor metik memang nyaman dan terkesan santai kendatipun harus menempuh perjalanan jauh tidak seperti motor lainnya,tapi tetap kita harus mentaati aturan lalu lintas dan menggunakan helm he...

Getaran yang dirasakan motor metik honda vario ini terjadi di sebabkan dari beberapa faktor dan getaran seperti ini pun bisa terjadi pada motor metik lainnya,untuk penanganannya kita periksa dulu komponen-komponen yang menjadi penyebab getaran tersebut sebelum menggantinya dengan komponen yang baru,salah-salah setelah di ganti pun getarannya masih tetap ada  dan masih terasa,seperti yang di alami konsumen yang datang ke bengkel kami yang sudah ganti ini itu namun getarnnya masih tetap tidak mau hilang dan setelah saya tangani akhirnya getarannya pun hilang,sebaiknya periksa komponen berikut ini :

1.bosh arm

Motor honda vario menggunakan bosh arm yang di pasang di mesinnya tepatnya di bawah mesin yaitu di crankcase kanan kiri yang berfungsi meredam getaran sekaligus menjaga keseimbangan motor saat di kendarai,cara mengeceknya dengan menggoyang body motornya dan posisikan motornya di standar tengah,jika di goyang nampak bos tengahnya bergoyang berarti bosh armnya mesti di ganti baru,sebaliknya jika kelihatan masih kokoh tidak usah di ganti baru.

2.suspensi depan

Suspensi depan atau sockbreker depan adalah sebagai peredam kejut sekaligus peredam getaran motor ketika di pakai di jalan yang bergelombang maupun jalan datar,tipe yang di gunakan dalam sepeda motor yaitu tipe teleskopik yang menganut sistem hidrolik jadi tentunya harus menggunakan minyak yang tipenya tipe minyak hidrolik dengan takarannya yang tepat,termasuk motor honda vario ini dan terjadinya getaran saat dipakai di jalanan datar kemungkinan besar penyebabnya dari sock depannya yang oli socknya mulai berkurang dan kita perlu memeriksanya.

3.suspensi belakang/sockbreker

Jika sudah terlihat jelas ada tanda olinya bocor ini juga penyebab motor vario teraebut menjadi bergetar bahkan bisa goyang-goyang ketika di ajak jalan apalagi jalannya belok-belok makin terasa goyangannya,jika ada tanda demikian segera ganti dengan sockbreker yang baru tentunya menggunaka spareparts aslinya,dan jika memang kelihatan masih bagus dan normal-normal saja coba lanjutkan periksa komponen lainnya.

4.komstir

Komstir bisa juga menjadi penyebab getar dan goyang -goyang ketika setelannnya sudah mulai kendor ada baiknya komstir pun di periksanya dengan cara di di tarik kedepan belakang dalam posisi motornya di standar dua,jika terasa oblak maka sebaiknya di kencangkan,namun jika komstirnya normal saja apalagi baru di ganti maka penyebabnya bukan dari komstirnya.

5.velg

Akan terasa oleng dan bergetar ketika di ajak jalan apabila velgnya mulai oleng untuk memerikasa velg sangat mudah tinggal di putar saja rodanya maka akan terlihat jelas putarannya 

6.bearing/laher roda depan

Salah satu penyebab getar dan goyang dari beariang/laher roda depannya ketika sudah mengalami aus maka akan timbul oblak pada rodanya yang berakibat getar dan goyang pada motor tersebut jika memang bearing rodanya sudah mengalami hal tersebut maka bearing rodanya wajib di ganti baru,namun jika memang bearingnya sudah di ganti baru dan dan getarannya masih terasa sebaiknya periksa ban depan belakang nya karena,getaran tersebut bisa terjadi dari bannya yang sudah tidak stabil dan cara ini sudah saya lakukan dan hasilnya getarnya hilang.

7. ban

Sebagian mengira bahwa terjadinya getaran dan goyang tersebut di akibatkan dari ban nya padahal setelah saya lakukan hal tersebut dan ternyata hasilnya goyang dan getarnya langsung hilang,karena saya pernah membaca sebuah artikel bahwa ban pun ada masa exfirednya atau ada masa kadaluarsanya kendatipun kembangnya masih bagus namun tetap tidak stabil dan buktinya setelah di ganti ban nya getar dan goyang pun langsung hilang seketika..

Maka dari itulah saya sarankan buat kalian yang merasa keluhan seperti di atas sebaiknya di periksa dulu komponennya sebelum melakukan penggantian dengan komponen yang baru.

Terimakasih.
Demikian posting Motor Metik Terasa Bergetar dan Goyang Ketika Di Jalanan Lurus,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger