Bongkar pasang Blok cvt motor metik bisa di lakukan dengan sendiri di rumah,itu pun buat kalian yang hobi dan suka oprek motor,terutama oprek motor sendiri,karena misalkan terjadinya kegagalan maka motor sendiri lah yang menjadi korbannya he...jangan sampai di praktekan langsung pada motor orang nantinya jika terjadi ke gagalan,maka kalian akan di sebut mekanik mala praktek he...
Bongkar Blok CVT BeAT : Foto m_aris |
Tapi tidak usah khawatir,bengkelkampoeng akan sedikit berbagi cara bongkar pasang Blok CVT dengan mudah dan di jamin ngga bakalan gagal bahkan bisa langsung menjadi mekanik dadakan khususnya mekanik motor sendiri,terutama motor metik.
Untuk membongkar Blok CVT tentunya motor Metik ya... Sebenarnya ngga terlalu ribet juga karena motor metik tidak banyak "unak-anik na" (ngga banyak macam-macam Sunda:red )Kita hanya membutuhkan beberapa kunci saja untuk bisa mengerjakan bongkar pasang Blok CVT tersebut.Diantaranya kunci T 8mm,kunci sok 19,22 mm dan kalau ada kunci buat penahan pulinya atau treker,namun untuk kunci yang satu ini yaitu treker kalau misalkan ngga punya bisa minjem dulu deh sama tetangga yang punya bengkel he...Jika semua peralatannya sudah lengkap langsung yuk..kita mulai praktek.Pertama buka baut Bloknya menggunakan kunci T 8mm,kalau membuka cara memutar bautnya ke kiri ya jang ke kanan nanti bautnya malah patah,oh iya ini kita praktekan pada motor metik honda beat ya..,.
Untuk honda beat jumlah bautnya ada 14 pcs ,itu pada motor beat yang esp sedangkan beat karbu maupun beat fi bautnya ada 16,jadi cuma nambahin dua pcs aja,ok lanjut.Semuanya kita kendorkan baut-bautnya lalu lepaskan Blok CVT nya,setelah itu lanjut kita membuka puli depan apa puli belakang dulu?terserah deh yang penting kedua puli tersebut di bukanya,untuk puli belakang menggunakan baut ukuran 19mm makanya untuk membukanya pasti kita mesti menggunakan kunci 19mm juga dan yang ada disini kunci 19sok,cara membukanya supaya puli nya tidak ikut memutar nah..inilah fungsinya treker tersebut buat menahan supaya pulinya saat baut di kendorkan tidak ikut memutar,maka buka dan lepaslah baut puli tersebut,gimana udah selesai nih buka puli belakangnya.Satu lagi lanjutkan..kemudian buka juga puli depannya caranya sama dengan membuka puli bekakang hanya saja puli depan menggunakan mur yang ukurannya 22mm,jadi kita mesti ganti kunci sok nya dengan ukuran yang sama.
Oh ya..biar kalian pada tau juga,puli depan tersebut terdiri dua bagian ada yang bagian luar yang fungsinya sebagai kipas ada juga yang bagian dalam fungsinya sebagai rumah rollernya nah..disinilah roller tersebut tempat tinggalnya ,kalian bisa sekalian cek kondisi roller nya apa masih layak di gunakan lagi apa mesti di ganti baru,terserah kalian deh..he...Untuk mengetahui layak dan tidak nya roller tersebut kita dapat lihan dari kondisinya saja ,jika masih bulat-bulat maka roller tersebut tidak wajib di ganti,tapi boleh kalau misalkan mau di ganti baru atau misalkan mau di upgrade menggunakan roller yang ukuran beratnya lebih ringan dari standarnya,oh ya...untuk ukuran berat roller standar motor beat yaitu ada yang 13 gram ada juga yang 15 gram yang di gunakan pada beat sporty esp,jadi kalian kalau misalkan mau di upgrade bisa juga meng aplikasi berat rollernya yang lebih ringan dari ukuran standarnya.
Ok bongkarnya sudah selesai tinggal di bersihkan semuanya dari kotoran maupun debu bekas gesekan geseka puli sama venbelnya,kalau misalkan semuanya sudah selesai tinggal kita pasangkan kembali Blok CVT nya,untuk cara pemasangannya seperti cara membukanya yang berurutan ,saya sarankan kalau ada spareparts yang mesti di ganti maka gantilah dengan yang baru,dan hati-hati cara pemasangannya,gimana mudah bukan?.
Terimakasih
Demikian posting Cara Bongkar Pasang Blok cvt Motor Matic,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. terimakasih.