Langsung ke konten utama

Suara Klotok Klotok Pada Mesin Jupiter MX Saat Kopling Di Lepas.

Pada Saat handel kopling Dilepas Terdengar bunyi klotok klotok pada Blok kopling Jupiter Mx,namun suara tersebut hilang saat handel koplingnya di tarik,begitu yang di rasakan pengguna motor yang datang ke bengkel kami.

Suara klotok klotok tersebut Bisa di sebabkan dari beberapa kemungkinan,Bisa dari mur kopling dan mur Kruk As nya yang kendor,Bisa juga dari Karet Rumah koplingnya yang sudah oblak,namun untuk memastikan terjadinya suara klotok klotok tersebut dan saya anggap ini sangat fatal jika terus di biarkan maka saya langsung melakukan tindakan dengan membuka bak kopling motor jupiter mx tersebut.

Rumah kopling jupiter mx new : Foto m_aris

Oh ya..Untuk motor yamaha jupiter mx yang sudah menggunakan kopling manual ada dua tipe loh.. posisi As stud atau tarikan koplingnya,untuk jupiter mx new tuas stud koplingnya berada di kiri mesin,sementara untuk motor jupiter mx lama stud atau tarikan koplingnya ada di sebelah kanan mesin yang langsung di pasang di bak koplingnya,jadi sebelum membuka bak kopling harus membuka dulu kabel koplingnya.

Kembali saya langsung membuka bak koplingnya setelah sebelumnya saya melepas yang lain lainnya,seperti foot step depannya dan juga knalpotnya,karena motor yang ini,motor jupiter mx new maka saya tidak melepas kabel koplingnya,sementara kick starternya pun tidak ketinggalan telah saya lepaskan.

Oh ya...untuk melepas bak kopling tentunya semua sudah pada tau yaitu menggunakan kunci T 8mm dan bautnya ada 13 pcs loh..awas jangan sampai salah membukanya he...

Setelah saya buka baut-bautnya dan saya lepaskan bak koplingnya,langsung saya  periksa semuanya,dan setelah di periksa tidak menemukan yang mencurigakan,maka saya pun mencoba memeriksa Rumah koplingnya dengan cara di putar putar,ternyata Rumah koplingnya goyang goyang,berarti ini penyebab suara klotok klotok tersebut,jadi benar juga karet kopling lah yang menjadi penyebab mesin bunyi klotok klotok tersebut,akhirnya saya langsung membuka Rumah koplingnya seperti gambar di bawah : 

Bongkar bagian kopling jupiter mx : Foto m_aris

Dan langsung saya membuka paku kelingan yang ada di belakang rumah koplingnya,dengan cara meng gerindanya.

Setelah itu kemudian saya ganti karet koplingnya dengan yang baru kemudian saya pasangkan seperti semula.

Oh ya..cara pemasangan karet kopling harus di kelingkan seperti semula ya jangan di baut dan di kasih mur,kalau di kasih baut sama mur nantinya baut tersebut akan lepas.

Ganti karet kopling,suara klotok langsung hilang : Foto m_aris

Setelah semuanya selesai kemudian saya pasangkan Rumah kopling tersebut seperti semula,tak lupa kampas-kampas koplingnya pun semua saya pasangkan kembali ,karena menurut yang punya motor,kampas koplingnya baru di ganti beberapa hari yang lalu,tetapi kenapa ngga di ganti karet koplingnya sekalian ya... sepertinya tidak ngeh sama karet koplingnya.

Setelah semuanya terpasang rapi seperti semula dan tidak ada yang ketinggalan,kemudian saya hidupkan motornya,suara klotok klotok tersebut hilang entah kemana...

Terimakasih

Demikian posting Suara Klotok Klotok Pada Mesin Jupiter MX Saat Kopling Di Lepas,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger