Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Oli Motor Tidak Naik Ke Silinder Head.

Penyebab oli motor tidak naik ke silinder head karena sirkulasi oli pada mesinnya tidak lancar akibat pompa oli nya mengalami masalah,sehingga semua komponen di dalam silinder head tidak terlumasi,jika terus di biarkan maka semua komponen di silinder head akan rusak karena terjadinya gesekan antar komponen tanpa adanya pelumas.

Gigi pompa oli beat karbu ganti baru karena gompal : Foto m_aris

Pompa oli Motor bermasalah tersebut bisa karena pompa olinya yang macet akibat oli mesinnya jarang di ganti atau saringannya yang rusak sehingga kotoran oli tidak dapat di saring dengan baik dan masuk ke pompa oli yang mengakibatkan pompa oli tersebut menjadi macet,bisa juga karena gigi pompa olinya yang gompal atau retak karena gigi pompa oli yang dari bahan plastik tersebut tidak tahan dengan beban jika kondisi pompanya yang macet dan giginya terus di putar sehingga gigi pompa oli menjadi gompal dan retak ,seperti yang terjadi pada motor beat karbu,yang gigi pompa olinya di ganti karena gompal seperti gambar di atas.

Untuk mengatasinya bisa langsung menuju targetnya yaitu memeriksa kondisi pompa olinya jika di temukan keadaan pompa olinnya yang macet bisa langsung di bersihkan saja tanpa ada sparepartsnya yang di ganti,namun jika memang gigi pompanya gompal atau retak segera ganti gigi pompa olinya dengan yang baru,harganya murah ko kisaran 20 sampai 30 ribuan.

Namun sebelum memeriksa pompa oli tersebut tentunya harus dengan lebih dulu membuka pompa olinya,dan harus mengetahui posisi letaknya dimana,untuk motor beat karbu posisnya terletak di belakang magnet juga spulnya dan untuk membuka pompa oli motor beat tidak begitu sulit dan tidak mesti turun mesin,bagi yang suka oprek atau bongkar sendiri cara ini pun bisa di kerjakan sendiri dirumah hanya saja harus mempunyai kunci kuncinya dan juga treker magnernya,untuk cara cara nya  bisa mengikuti tutorial berikut ini .

Cara membuka pompa oli motor beat karbu.

Pertama buka oli mesinnya dengan menggunakan kunci sok 12mm,kemudian buka cover magetnya menggunakan kunci T 8mm dan obeng plus,lalu setelah covenya terlepas,kemudian buka kipasnya menggunakan kunci T 10mm supaya lebih mudah,setelah itu baru kemudian buka mur magnetnya juga menggunakan kunci sok 14mm,sementara murnya sudah terbuka kita harus mempunyai treker buat melepas magnetnya .
Setelah magnetnya terlepas,kemudian buka juga spulnya menggunakan kunci L 5mm,lalu buka penutup gigi pompa olinya menggunakan kunci T 8mm.

Maka akan kelihatan gigi pompa olinya yang gompal maupun retak,kemudian ganti gigi pompa olinya dengan yang baru,dengan cara pemasangannya seperti cara membukanya tahap demi tahap,setelah semuanya selesai maka kembali motor tersebut akan menjadi normal seperti semula,gimana mudah kan..

Terimakasih,demikian posting Cara Mengatasi Oli Motor Tidak Naik Ke Silinder Head,Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger