Langsung ke konten utama

Cara Mudah Atasi Motor Beat Fi Tidak Bisa Stater

Semua jenis Motor Matic identik dengan elektrik stater tak terkecuali dengan motor honda Beat fi,jika motor tersebut tidak bisa stater maka dapat dipastikan adanya gangguan atau masalah yang terjadi dan berhubungan langsung dengan elektik staternya,Motor beat Fi merupakan salah satu motor honda matic yang masih menggunakan Dinamo stater untuk menggerakan atau menghidupkan mesinnya ketika elektrik staternya bekerja dengan normal,Nah jika motor beat fi kalian tidak bisa distater tidak menutup kemungkinan Dinamo staternya bermasalah atau sudah rusak,namun sebelum melangkah lebih jauh dan langsung menvonis pada Dinamo staternya yang rusak maka sebaiknya melakukan pemeriksaan pada komponen-komponen yang berhubungan dengan elektrik staternya,berikut langkah-langkah Cara Mudah Atasi Motor Beat Fi Tidak Bisa Stater Yang akan kita Uraikan di Bawah ini :

Ilustrasi boks sikring beat esp (foto : tedeye.blogspot.com)

  • Periksa Boks Sikring

Boks sikring adalah tempat dimana komponen-komponen elektrik dihimpun mulai dari aki,sikiring,relay dan lain-lain yang dikemas secara rapi di dalam boks sikring tersebut.Nah untuk sikring berfungsi sebagai pengaman jika terjadi masalah dengan arus yang berlebih atau arus pendek maka sikring yang menjadi pengamannya dengan memutus arusnya.Untuk motor honda beat fi disediakan 2 sikring yang pertama untuk menghubungkan arus dari aki menuju kunci kontak dengan sikring 10 ampere dan yang satunya lagi untuk menghubungkan arus pengisian dari kiprok menuju aki dengan maksimal 15 amphere,nah jika sikringnya yang 10 ampere putus maka arus yang menuju kunci kontak tidak akan terhubung dan secara otomatis lampu-lampu pada panel speedometernya pun tidak akan menyala dan elektrik staterpun tidak bisa jalan namun ketika kontak ON mesin maaih bisa hidup tapi hanya bisa menggunakan engkolan atau kick stater,jika sikring yang 15 ampere putus maka arus yang menjadi suplai pengisian dari spul melalui kiprok akan terputus sehingga suplai arus didalam baterai atau aki akan terkuras habis jika tidak segera di ganti sikringnya.

  • Periksa Tombol Stater

Tombol Stater atau pencetan elektrik stater yang kotor atau kurang koneksinya dapat menyebabkan elektrik stater motor honda beat tidak bisa hidup,Nah hal ini mungkin dianggap sepele sehingga dalam menangani masalah stater tidak bisa hidup sering kali terabaikan dan hanya fokus pada baterai atau aki padahal masalahnya ada pada tombol staternya yang kurang koneksi dan cara mengatasinya pun sangat mudah sekali tinggal kita mengamplasnya staterpun bisa langsung normal kembali.

  • Periksa Switch Rem

Switch Rem depan dan rem belakang selain untuk menghidupkan lampu stop juga berfungsi menghubungkan arus positif menuju switch stater jika switch remnya sudah tidak berfungsi dengan normal maka secara otomatis elektrik staternya pun tidak bisa hidup,untuk mengatasinya segera ganti switch remnya dengan yang baru,untuk switch rem depan dan belakang motor beat fi bisa juga menggunakan switch rem vario maupun scoopy yang memiliki jenis yang sama.

Nah dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka masalah elektrik stater pada motor matic terutama pada motor honda beat fi yang tidak bisa hidup bisa langsung di atasinya dengan mudah,tentunya setelah melakukan pengecekan terutama pada kondisi baterainya yang masih normal

Demikian tips Cara Mudah Atasi Motor Beat Fi Tidak Bisa Stater ,Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger