Langsung ke konten utama

Cara Membuka Silinder Head Yang Terendam Banjir.

Membuka silinder head yang terendam banjir kemungkinan sangat besar sekali air tersebut masuk ke dalam silinder head melalui knalpot juga dari saringan udaranya atau bisa juga saat motor tersebut di parkir posisi klepnya sedang terbuka dan air bisa lebih leluasa masuk ke dalam silindernya kita juga kan tidak tahu pasti,yang pasti harus segera di atasinya.
Untuk mengatasinya silinder head tersebut tentunya harus di buka dan di bersihkan,sementara untuk membuka silinder head harus di lakukan dengan yang ahlinya atau membawanya ke bengkel terdekat,setelah nanti ketika banjir tersebut sudah mulai surut.tetapi buat kalian yang suka oprek mesin,bisa saja membukanya dengan bongkar sendiri,namun untuk menghindari hal yang tidak di inginkan,sebaiknya bagi kalian yang belum paham betul dengan bongkar pasang tersebut bisa mengikuti tutorial ini,tetapi bagi kalian yang memilih lebih baik di bongkar di bengkel dan tidak mau mengambil resiko, silahkan motor tersebut bisa di bawanya ke bengkel terdekat.

Ilustrasi : Silinder head (hondacengkareng.com)

Bagi kalian yang mau bongkar sendiri,sebelum membongkar motor tersebut ada baiknya menyimak cara-caranya di bawah ini, yang akan saya jelaskan khususnya buat kalian supaya dapat memudahkan saat melakukan bongkar mesin tersebut sekaligus untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak di inginkan saat membukanya,atau merasa kesulitan,sebaiknya simak terus sampai selesai.
Untuk membuka silinder head (Blok Head) motor matic honda,yamaha maupun motor matic lainnya,ada beberapa langkah yang mesti di persiapkan di antaranya :
Pertama kita mesti menyediakan kunci-kuncinya yang lengkap supaya lebih mudah dalam membukanya,saat kesulitan membuka dengan kunci yang satu maka ada kunci yang lainnya, dan tentunya lebih praktis karena banyak pilihan kunci dan alternatif,karena menurut pengalaman saya di bengkelkampoeng,ada saja baut-baut yang sulit di buka dengan menggunakan kunci yang satu maka ada kunci penggantinya,contohnya kita kesulitan membuka baut menggunakn kunci Ring maka ada kunci pengganti yaitu kunci sok.
Namun untuk menyediakan kunci-kunci yang lengkap karena kita bukan bengkel kita hanya mau membongkar motor sendiri maka kita hanya menyediakan kunci kunci yang di butuhkan nya saja,contohnya kita mau membuka silinder head motor matic ,kita hanya menyediakan kunci buat membuka silinder head motor matic saja di antaranya sebagai berikut :

1.Obeng plus (+) dan obeng minus (-) dan obeng minus (-) kecil.
2.Kunci (T) 8,10,12,14.
3.Kunci Ring dan RingPas 8-9,10-11,12-14.
4.Mata obeng getok kecil dan Besar.
5.Kunci (L) 5 dan 6mm.
6.Tang,dan
7.Baki atau nampan (buat wadah baut-baut).

Kedua Cara cara membongkarnya dengan teratur dan berurutan,karena dengan cara yang teratur dan berurutan kita bisa lebih memahami yang mana yang mesti lebih dulu di buka dan yang mana yang di bukanya belakangan dan supaya bisa lebih memahami ketika mau memasangkannya kembali.

Ketiga atau yang terakhir kita langsung mempraktekannya dengan membuka satu per satu bagian-bagian yang akan di bukanya.
Dengan langkah-langkah tersebut kita bisa lebih memahami nya bahkan kita bisa langsung menjadi mekanik dadakan.

Untuk prakteknya pertama kita mesti membuka bagasi beserta jok nya sekalian menggunakan kunci (T) 10mm,setelah melepaskan cover depan penutup silinder head nya menggunakan obeng plus (+). Setelah itu kemudian.

Membuka Karburator/Throttle body

Untuk membuka Karburator/throttle body menggunakan kunci "T"10mm dan juga obeng plus(+) setelah melepas kabel gasnya menggunakan kunci Ring pas 12mm,lalu lepaskan Karburator nya.
Setelah selesai melepaskan Karburator nya kita lanjutkan ke tahap berikut nya.

Membuka Kenalpot nya.

Untuk membuka knalpot kita hanya membutuhkan 2kunci saja yaitu kunci "T" 14mm dan 10mm,kemudian lepaskan knalpotnya. Setelah knalpotnya terlepas,lanjut kita membuka

Silinder head nya.

Untuk membuka silinder head kita mesti melepaskan atau membuka komponen yang lainnya,yaitu membuka dulu baut timing kompresi atau gir sintrik juga setelah membuka water pumpnya (untuk vario 125 waterpump nya di pasang di silinder head,tepatnya di lubang gir timing kompresi)nya,lalu buka baut pengikat silinder head nya yang berada di samping kanan (vario 110 old) dan di samping kiri (vario 125 fi)menggunakan kunci "T" 10mm,kemudian lepaskan dan lanjutkan dengan membuka mur silinder headnya menggunakan kunci Ring 12mm (untuk motor matic vario lama) dan kunci Ring 14 mm (untuk vario 125,150),kemudian lepaskan silinder head nya tanpa harus mengeluarkan mesin dari rangkanya,tetapi harus melepaskan baut pengikat shockbreaker belakang nya supaya silinder head nya bisa di keluarkan saat melepaskannya.

Setelah semuanya selesai di buka,lanjut kita bersihkan semuanya,untuk membersihkannya bisa menggunakan air yang di campur dengan bensin,supaya kotoran oli maupun sisa -sisa lumpur bisa terkuras dengan bersih,sementara untuk parts nya ,jika ada yang mesti di ganti maka saya sarankan ganti oarts nya dengan yang baru,supaya setelah selesai nanti tidak ada lagi keluhan yang di rasakan,dan motor kembali normal seperti semula

Dengan demikian selesai sudah ,cara mengatasi silinder head yang terendam banjir,semoga bermanfaat.

Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger