Langsung ke konten utama

4 Penyebab Water Pump Vario 125/150 Bocor

Water Pump (Pompa Air) Vario 125 dan Vario 150 adalah sebuah komponen radiator yang berfungsi memompa dan mengalirkan air radiator supaya tetap terjaga sirkulasinya dengan normal sehingga dapat bekerja secara optimal sebagaimana fungsinya radiator yaitu menjaga kondisi suhu mesin supaya tetap stabil dari panas yang berlebih,water pump merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya radiator,Nah jika kondisi water pumpnya bocor atau tidak berfungsi dengan normal maka secara otomatis berdampak pada kondisi dan fungsi radiator tersebut,salah satunya air radiatornya cepat habis dan mesin menjadi cepat panas.


seal mechanical
Ilustrasi seal mechanical CBR

Untuk Mengetahui apa yang menjadi penyebab water pump vario 125 dan 150 Bocor,ada beberapa komponen yang mesti kita kenali terlebih dahulu supaya kita dapat mengatasinya dengan mudah dan tepat,berikut komponen water pump yang akan kita jelaskan dibawah ini.

Komponen Water Pump Vario 125 dan 150

  • Gasket Cover Water Pump
  • Impeller Water Pump atau Kipas
  • Seal Mechanical
  • Shaft Water Pump

1.Gasket Cover Water Pump

Gasket cover water pump adalah sebuah karet seal yang di pasang pada tepi permukaan tutup water pump yang berfungsi menahan supaya tidak terjadi bocor atau rembesan pada kedua tepi permukaan tutup water pump tersebut,komponen ini dapat menyebabkan bocor pada water pumpnya jika kondisinya sudah tidak layak atau sudah tidak elastis lagi atau sudah getas,untuk mengatasi terjadinya bocor pada water pump maka sebaiknya diperiksa gasket ini ,setelah melakukan pengecekan jika ada indikasi kebocorannya dari tepi tutup water pumpnya maka ganti karet seal atau gasketnya dengan yang baru,untuk gasket ini bisa didapatkan ditoko maupun bengkel terdekat dengan harga terjangkau.


Gasket cover water pump vario 110
Ilustrasi Gasket cover water pump vario 110

2.Impeller Water Pump atau Kipas

Impeller water pump atau kipas pompa air berfungsi mendorong dan menghisap air radiator yang masuk kedalam water pump tersebut,dengan kondisi impeller yang putaranya tidak stabil atau goyang maka dapat mengakibatkan sealnya menjadi miring dan meyebabkan airnya menjadi bocor hal ini juga di pengaruhi dari bearing dan shaft water pumpnya sudah aus,untuk mengatasinya maka segera ganti dengan yang baru.

Impeller water pump
Ilustrasi Impeller water pump CBR

3.Seal Mechanical

Seal mechanical adalah seal pompa air atau water pump berfungsi menahan air yang masuk kedalam water pump supaya tidak rembes masuk kedalam mesin,jika kondisinya sudah tidak layak maka segera ganti seal mechanicalnya dengan yang baru,untuk memasang seal mechanical harus dengan teliti dan hati hati karena jika kurang tepat dalam memasangnya maka bukan lagi bocor tetapi air radiator akan masuk langsung kedalam mesin selain itu karena kondisi seal mechanical tersebut pada satu bagiannya menggunakan ring berbahan kramik yang mudah pecah jika cara memasangnya kurang hati-hati.


seal mechanical
Ilustrasi seal mechanical CBR

4.Shaft Water Pump

Shaft water pump atau biasa disebut as pompa air berfungsi untuk menghubungkan putaran dari mesin dengan impeller,Untuk vario 125 dan 150 as ini terhubung langsung dengan gir timing kompresi yang ada pada bagian silinder head sebelah kanan mesin,As pompa air ini dilengkapi dengan seal juga bearing sebagai bantalannya,jika kondisi as nya sudah aus atau cacat karena korosi maka seal tersebut tidak bisa mencengkram secara optimal sehingga timbul celah dan membuat air radiator menjadi bocor dan masuk kedalam mesin ,selain itu jika kondisi bearing nya sudah aus juga dapat menyebabkan pompa air menjadi bocor kedalam mesin karena putaran as nya menjadi oleng akibat bearing yang aus dan oblak,jika kondisi demikian maka segera ganti as atau shaft water pump dengan yang baru.


Shaft water pump vario 110
Shaft water pump vario 110

Nah dengan uraian yang sudah dijelaskan diatas maka jika motor vario 125 dan 150 anda mengalami hal yang sama atau water pumpnya bocor maka segera ganti komponen tersebut dengan yang baru,perlu diketahui untuk vario 125 dan vario 150 tersedia water pump assy yang bisa langsung anda tebus di bengkel resmi honda dengan harga yang relatif murah atau bisa menghubungi hondacengkareng.com

Demikian Posting 4 Penyebab Water Pump Vario 125/150 Bocor ,semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger