Langsung ke konten utama

Atasi Kelistrikan Motor Honda BeAT eSP Mati Total

Kelistrikan Motor Honda beat eSP mati total sehingga berdampak pada semua lampu-lampu dan instrumen panel meter termasuk elektrik starter pun ikut mati total. Kelistrikan yang mati total pada motor beat eSP dapat diatasi dengan beberapa langkah,memeriksa sekring,memeriksa baterai,kabel bodi dan masih banyak lainnya.Masalah tersebut disebabkan dari beberapa faktor diantaranya  ada yang ditandai dengan gejala awal yang dirasakan sebelumnya,ada pula tanpa sebab musabab lalu tiba-tiba saja kelistrikannya mati total .Nah jika ditandai dengan gejala awal yang dirasakan sebelumnya misalkan tiba-tiba tarikannya terasa brebet sendat-sendat kemungkinan bersar terjadi hubungan arus pendek atau konslet pada kabel bodinya.Nah Untuk lebih jelasnya simak terus penjelasn dan langkah-langkah berikut di bawah ini.

Honda beat CBS series 2022 (PT.Astra Honda Motor)

Sistem Kelistrikan & Pengapian

Kelistrikan dan pengapian pada sebuah kendaraan baik mobil maupun sepeda motor merupakan sebuah sistem yang tidak bisa dipisahkan untuk kelangsungan kendaraan tersebut bisa hidup dan berjalan dengan normal ,tak terkecuali dengan sistem kelistrikan motor honda beat eSP,Jika sistem ini mengalami masalah maka tidak menutup kemungkinan kendaraan pun mati total dan tidak bisa jalan sama sekali.Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan sekaligus dapat mengenal lebih jauh komponen-komponen sistem kelistrikan dan pengapian pada sepeda motor,salah satunya sistem kelistrikan dan pengapian motor honda beat esp,komponen tersebut adalah.

1.Sekring (Fuse)

Salah satu komponen sistem kelistrikan adalah sebuah komponen kecil namun sangat bermanfaat yang berfungsi sebagai pengaman terjadinya bahaya kebakaran akibat arus pendek (short) meskipun harga komponen ini tidak begitu mahal namun sangat di perlukan keberadaannya terutama pada sistem kelistrikan sepeda motor tak terkecuali dengan motor honda matic salah satunya ,motor honda beat fi,honda beat esp,honda vario 124 fi,honda vario 150 ,honda scoopy esp dan masih banyak varian honda matic lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu karena tentunya tidak akan selesai dalam waktu yang singkat ini.Langkah awal dalam mengatasi sistem kelistrikan moto honda matic dengan memeriksa kondisi sekring (fuse) nya karena sistem kelistrikan yang mati total penyebabnya akibat adanya arus pendek atau karena tidak tahannya beban arus yang berlebih sehingga menyebabkan sekringnya menjadi putus dan otomatis arus listriknya terhenti dan mengakibatkan kelistrikannya mati total.

Aneka sekring (Astra.Honda.Com)

2.Baterai (Aki)

Baterai Atau Aki adalah sebuah element bermuatan listrik terdiri dari 2 tipe basah dan kering ,Untuk motor honda beat esp menggunakan aki tipe kering dengan kapasitas 12V 5Ah. Baterai atau aki merupakan sebuah catu daya dan menyimpan arus listrik yang disuplai dari spul, dengan arus daya 12V-5Ah guna menghidupkan instrumen elektronik berupa lampu-lampu elektrik starter maupun instrumen lainnya.Kondisi baterai atau aki yang rusak atau soak otomatis kelistrikannya mati total sehingga lampu-lampu maupun elektrik starter tidak bisa dinyalakan dengan langkah ini kita bisa segera antisipasi dengan cara melakukan charger aki namun jika kondisinya tidak memungkinkan maka solusi terbaik menggantinya dengan aki yang baru.

3.Kunci Kontak (Main Switch)

Kunci Kontak (Main Switch) prinsipnya sama yaitu sebuah saklar yang berfungsi memutus dan menghubungkan arus utama pada sistem kelistrikan sepeda motor dengan sebuah alat mekanis maupun SmartKey (pada motor terbaru).Untuk masalah sebagaimana yang dijelaskan diatas jarang sekali terjadi pada kasus tersebut kunci kontak menjadi penyebab kelistrikan mati total,namun ada baiknya dengan melakukan pemeriksaan pada kunci kontaknya.

4.Kabel Bodi (Body Cable)

Kabel body adalah sebuah rangkaian kabel elektrik yang menghubungkan antara jalur jalur kelistrikan pada sepeda motor yang dirangkai sesuai dengan diagram kelistrikan sepeda motor tersebut sehingga dapat menghubungkan semua jalur kelistrikan antara satu dan yang lainnya melalui soket soketnya.kondisi kabel body yang baik dapat menghantarkan arus listrik dengan sedikit hambatan sehingga mampu menghemat daya baterai.jika kabel body mengalami arus pendek maka kondisi kelistrikannya menjadi tidak normal bahkan sistem kelistrikan akan mati total kondisi tersebut bisa terjadi diluar dugaan bisa karena digigit tikus atau kabel body terkelupas akibat gesekan dengan mesin sehingga arus listrik yang mengalirkan pada kabel tersebut menjadi konslet.Nah langkah ini perlu dilakukan dengan memeriksa semua rangkaian sistem kelistrikannya yang dianggap rentan mengalami konslet atau dianggap koneksinya kurang baik pada soket-soket konektor rangkaian yang sistem kelistrikan dan pengapian motor tersebut.perlu diketahui untuk rangkaian sistem kelistrikan motor honda beat esp dan honda vario 125 terjadi pada soket Ecm dan Box sekring.

ECM (Electronic Control Module) Beat eSP (Bukalapak.com)

5.Busi (Spark Plug)

Nah Langkah berikutnya dengan memeriksa api busi karena salah satu sistem kelistrikan dan pengapian motor adalah businya dan busi juga sebagai penentu motor bisa hidup enggak nya ,jika kondisi businya mati maka sudah dapat dipastikan motor tersebut tidak bakalan hidup.

6.Koil (Coil Ignation)

Langkah berikutnya dengan memeriksa kondisi koil yang menjadi sumber utama sistem pengapian sepeda motor,kondisi koil yang rusak mengakibatkan sistem pengapiannya tidak normal bahkan tidak hidup sama sekali.

7.CDI Unit (ECU Injeksi)

CDI Unit adalah sumber utama pada sistem kelistrikan dan pengapian sepeda motor yang sudah terintegrasi mengkonversi arus pengapian.Langkah ini bisa dilakukan dengan memeriksa soket konektornya karena jika kondisi soketnya longgar maka arus keluar masuk CDI tersebut menjadi tidak normal bahkan tidak ada sama sekali.Untuk versi motor Beat fi esp dengan memeriksa soket ECM (Electronic Control Module) karena jika soket kurang koneksi kelistrikan tidak berfungsi.

8.Fulser CDI

Fulser adalah sejenis spul berfungsi mensuplai fulsa CDI dengan sistem CUT/OFF melalui pickup atau tonjolan pada magnet (Rotor) bagian luarnya dengan jarak tonjolan Berbeda setiap motor dan memiliki satu tonjolan saja (versi motor karburator) sementara untuk sistem motor injeksi fulser dapat diputus nyambung melaui pickup fulsernya yang cukup banyak, Langkah ini dilakukan setelah melalui tahap langkah-langkah sebelumnya,dan Yang terakhir yaitu spul dan magnet.

9.Spul & Magnet (Stator / Rotor)

Spul (Stator) adalah sebuah kumparan berupa kawat kecil yang dililitkan pada penampang skun berbentuk lingkaran dengan jumlah lilitan yang sudah ditentukan yang dapat menghasilkan arus listrik dengan sistem induksi elektromagnetik dari putaran magnet (Rotor),Semakin cepat putaran magnet (Rotor) maka semakin besar arus listrik yang dihasilkan.Spul dan Magnet merupakan komponen utama Sistem kelistrikan Sepeda motor pada umumnya ,salah satunya motor Honda matic,baik motor honda beat fi,beat esp,scoopy esp,vario 125 dan vario 150.kondisi spul yang rusak berdampak pada semua sistem kelistrikan dan pengapian sepeda motor dengan kondisi mati total.Nah langkah pertama mengatasi sistem kelistrikan yang mati total dengan memeriksa kondisi spul tersebut,jika ditemukan kondisinya rusak maka segera ganti spul tersebut (Pada kasus ini jarang terjadi baik spul maupun magnetnya) ,jika tidak ditemukan tanda-tanda kerusakan maka berlanjut pada langkah berikutnya.

Spul honda beat sporty esp (hondacengkareng.com)

Dengan Langkah-Langkah yang sudah dijelaskan di atas minimal kalian dapat lebih memahami masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan dan pengapian mobil maupun motor,salah satunya yang dialami pada motor honda beat eSP dan dapat diatasinya dengan mudah melalui langkah -langkah tersebut.

Demikian Posting Atasi Kelistrikan Motor Honda BeAT eSP Mati Total , semoga bermanfaat.
Wassalamualikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger