Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan sering mati

Assalamualaikum.

Busi motor cepat hitam dan sering mati disebabkan dari beberapa faktor diantaranya sirkulasi udara yang masuk keruang bakar kurang bersih karena bercampur dengan debu sehingga mengakibatkan busi cepat hitam,bahan bakar terlalu kaya sehingga api busi tidak mampu membakar secara merata dan sempurna,kondisi piston sudah mulai aus dan longgar membuat celah piston dan linernya menjadi lebar sehingga berpotensi masuknya oli mesin pada ruang bakar dan mengakibatkan busi menjadi cepat hitam  ,jika kondisi demikian bukan hanya busi saja yang cepat hitam tapi lama kelamaan mesin motor menjadi ngebul keluar asap putih dari kenalpot ,dan yang terakhir busi cepat hitam disebabkan karena kondisi businya itu sendiri tidak menggunakan busi standar bawaan motor atau menggunakan busi imitasi.

Busi hitam : carmudi.co.id

Untuk mengatasi masalah seperi ini sangat mudah jika dilakukan secara seksama

Membersihkan Saringan Udara (Air Filter)

Dengan membersihkan saringan udara yang sudah kotor dapat mengatasi busi cepat hitam dan sering mati karena sejatinya saringan udara untuk menjaga udara yang masuk keruang bakar supaya tetap bersih,dengan kondisi saringan udara yang kotor tentunya debu ikut masuk ke ruang bakar yang mengakibatkan busi tersebut cepat hitam dan sering mati.

Bahan Bakar Terlalu Kaya

Sepintas lalu kita berpikir jika asupannya banyak maka tenaga yang dihasilkan juga menjadi besar padahal jika komposisinya kurang tepat maka bukan tenaga besar yang didapatkan malah kitanya menjadi drop,begitupun dengan mesin jika bahan bakar terlalu kaya tanpa diimbangi dengan pengapian yang besar maka busi yang menjadi korban karena harus membakar semua bahan bakar yang tidak sesuai dengan kondisi dan kemampuan api busi tersebut sehingga busi menjadi cepat hitam karena di dapat membakar secara keselurahan dengan sempurna yang ada hanyalah sisa karbon yang menepel pada busi tersebut akibat sisa pembakaran yang masih mentah mentah.

Kondisi Piston Aus

Kondisi piston yang aus dan longgar berpotensi masuknya oli mesin keruang bakar sehingga bahan bakar yang masuk selain bercampur dengan udara maka akan menambah beban jika pembakaran busi bercampur pula dengan oli mesin,bukan hanya busi saja yang cepat hitam dan mati tetapi kondisi mesin pun dapat bertambah parah jika tidak segera diatasinya.

Busi Tidak Sesuai Standar

Busi yang tidak memenuhi standar pengapian mesin sepeda motor yang direkomendasi pabrikan maka busi tersebut tidak akan mampu bertahan lama sehingga penyebab tersebut bisa diakibatkan businya itu sendiri yang tidak cocok dengan kondisi motor,Nah untuk tipe busi yang sesuai dan cocok sesuai rekomendasi berikut tipe-tipe busi yang rekommended.Busi NGK CPR8EA-9 dan DENSO U24EPR9 untuk tipe motor honda beat.Selengkapnya bisa lihat tabel disini.

Terimakasih,demikian posting kali ini mengenai Inilah Penyebab Busi Motor Cepat Hitam dan sering mati ,semoga bermanfaat.
Wassalam.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger