Langsung ke konten utama

2 Penyebab Bunyi Ngiung di Area CVT Motor Matic dan Cara Mengatasinya

Bunyi ngiung di area cvt motor matic terdengar sangat tidak nyaman saat motor sedang dihidupkan dan sedang ditarik gasnya apalagi ketika sedang berjalan bunyi tersebut makin jelas terdengar dan sangat mengganggu kenyamanan,apa sebenarnya yang terjadi?Bunyi ngiung pada area CVT terjadi akibat gesekan dari Roda gigi rasionya didalam girbox motor matic yang sudah tidak presisi dan sudah aus hal ini disebabkan dua faktor utama di diantaranya sebagai berikut.

Gearbox Vario 125
Ilustrasi gear box bagian kanan (Bengkelkampoeng)

1. Minimnya pelumas pada girbox

Pelumas pada gear box atau Oli gear motor matic selain untuk memperlancar putaran Roda gigi rasionya yang ada didalam gear box juga meminimalisir terjadinya suara kasar dan Aus akibat gesekan antara Roda gigi yang satu dengan Roda gigi yang lainnya sehingga dapat memperpanjang usia Roda gigi tersebut,untuk Roda gigi Rasio pada gear box motor matic terdiri dari Roda gigi primer (As puli belakang),Roda gigi penghubung dan Roda gigi skunder yang langsung terhubung dengan as roda belakangnya,sementara untuk Volume Oli gearbox motor matic berbeda-beda tiap jenis motor matic,Untuk ukuran oli gearbox motor matic MAXI volume oli gearbox nya 200 ml dan motor matic pada umumnya atau motor matic standar yaitu 150 ml,120 ml dan 100 ml.Nah jika oli gearboxnya berkurang maka Roda gigi tersebut tidak dapat terlumasi secara keseluruhan sehingga mempercepat terjadinya aus akibat gesekan Roda gigi tersebut yang mengakibatkan timbulnya bunyi ngiung pada area CVT motor matic.Untuk menghindari terjadinya hal demikian sebaiknya selalu periksa oli gearboxnya dan melakukan penggantian oli tersebut maksimal tiap 6 bulan sekali atau 3:1 dengan penggantian oli mesin,namun jika hal ini sudah terjadi maka sebaiknya periksa gearboxnya dengan membongkar dan membersihkannya dari sisa-sisa kotoran dan gram bekas gesekan tersebut.

Bearing Sudah Aus & Oblak

Bearing yang sudah aus dan oblak pada gearbox penyangga as Roda gigi Rasionya sangat berpengaruh terhadap putaran Roda gigi yang tidak simetris sehingga Roda gigi yang bergesekan tersebut menjadi aus dan tidak presisi lagi antara Roda gigi primer dan Roda gigi skundernya akibatnya timbul bunyi ngiung diarea CVTnya.Bearing yang terdapat pada gearbox terdiri dari 3 pasang (6 pcs Bearing) dengan berbeda ukuran dan memiliki kode bearing masing-masing,namun ada juga motor matic yang menggunakan 5 buah bearing yang hanya menggunakan 1 bearing pada Roda gigi Primer (as puli belakang)nya seperti motor honda beat,yamaha mio,honda scoopy dll dan untuk motor vario 125/150 semuanya menggunakan bearing berpasangan yaitu 3 pasang bearing sesuai dengan as roda gigi tersebut yang ujung sumbunya 6 buah dan sudah termasuk bearing roda belakang motor matic.Dengan demikian jika terjadi bunyi ngiung diarea cvt motor matic maka cara mengatasinya dengan mengganti semua bearing yang terdapat pada gearboxnya,namun jika kondisi roda giginya juga parah maka sekalian dengan mengganti semua roda giginya dengan yang baru.

Demikian posting 2 Penyebab Bunyi Ngiung di Area CVT Motor Matic dan Cara Mengatasinya ,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger