Langsung ke konten utama

Penyebab Motor Honda Beat eSP Brebet Saat Ditarik Gas dan Cara Penanganannya

Motor honda beat esp brebet saat ditarik gas atau saat handel grip gasnya diputar tapi pada saat langsam motor normal-normal saja seperti motor lain pada umumnya begitu dibuka dan ditarik lagi gasnya motor menjadi brebet lagi sedangkan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) tidak berkedip,apa penyebabnya? jawabannya mari kita kupas dan simak artikel ini sampai selesai.

Ilustrasi penanganan beat esp (Bengkelkampoeng)

Untuk mengetahui penyebab motor honda beat esp brebet saat ditarik gas maka ada beberapa hal yang mesti dicermati terlebih dahulu meskipun sudah menganut sistem PGM-FI (Programble Fuel Injection) yang nota bene dapat memudahkan dalam menganalisa setiap kerusakan pada sistem tersebut namun masih ada kerusakan dan masalah diluar sistem yang hanya bisa ditangani dan dideteksi sacara manual seperti yang diuraikan diatas yang tidak dapat dideteksi dengan sinyal indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp) maka hal ini tidak jauh berbeda dengan motor generasi sebelumnya yang masih menganut sistem manual (Karburator)maka dari itu,motor honda beat esp brebet saat saat ditarik gas disebabkan dari beberapa faktor yang terjadi diluar sistem injeksi.

Brebet saat ditarik gas kemungkinan besar disebabkan karena suplai udara yang masuk kedalam mesin tidak optimal saat membuka gas mesin membutuhkan udara dan bahan bakar lebih banyak dibandingkan saat motor sedang langsam atau stationer,Nah hal ini dipengaruhi dari sistem sirkulasi udaranya yang bermasalah salah satunya dari saringan udaranya yang kotor karena banyaknya debu dan kotoran sehingga udara yang masuk menjadi terhambat yang menyebabkan motor menjadi brebet saat di tarik gasnya juga dipengaruhi suplai bahan bakar yang kurang lancar dan tercampur dengan air yang masuk kedalam tangki saat motor sedang dicuci,Nah saat gas sedang dibuka maka air tersebut ikut terhisap dan masuk pada injektor karena saat motor sedang ditarik gas otomatis suplai bahan bakar dan udara yang dibutuhkan lebih banyak ketimbang kondisi motornya sedang langsam atau stationer sehingga air yang ada dalam tangki tersebut ikut terhisap pompa bensin (Fuel Pump) akibatnya motor menjadi brebet saat ditarik gasnya dan hal ini 99% tidak terdeteksi oleh sensor sistem injeksi,Kemudian masalah brebet juga bisa disebabkan sistem pengapiannya yaitu businya yang sudah tidak optimal dalam membakar gas dan udara yang masuk keruang bakar hal ini juga dipengaruhi kondisi businya sudah tidak layak pakai karena termakan usia atau businya menggunakan busi yang tidak memenuhi standar untuk sistem pengapian motor beat esp yang berkode NGK CPR8EA-9 dan Denso U24FPR-9

Cara Penangannya

Untuk Penanganannya bisa diatasi dengan cara membersihkan saringan udaranya atau menggantinya dengan yang baru sebagaimana yang direkomendasikan,Kemudian membersihkan saringan fuelpumpnya akibat kotoran dan air yang mengendap pada tangki bahan bakarnya sekaligus dengan menguras tangkinya ,Satu hal lagi penyebab motor honda beat esp brebet saat ditarik gas yaitu dari pengkabut atau injektornya perlu di upgrade dengan yang lebih besar dengan mengadopsi injektor motor honda Vario 150 dan hal ini terbukti ampuh mengatasi motor honda beat esp yang brebet saat di tarik gas.

Demikian Posting Penyebab Motor Honda Beat eSP Brebet Saat Ditarik Gas dan Cara Penanganannya, semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger