Langsung ke konten utama

Jangan Langsung Ganti,Ini Ciri-Ciri ECU Motor Honda Beat Sudah Rusak

Sebelum memutuskan mengganti ECU (Electronic Control Unit) dengan yang baru sebaiknya pastikan dulu dengan yakin apakah benar penyebabnya dari ECU (Electronic Control Unit) nya sudah rusak,Apabila belum pasti dan yakin penyebabnya dari ECU (Electronic Control Unit) Jangan langsung ganti deh karena selain harganya yang cukup mahal ,Ganti ECU (Electronic Control Unit) belum tentu masalah motor tersebut bisa langsung teratasi tanpa mengetahui ciri-cirinya dulu dengan pasti apalagi untuk menebus perangkat elektronik tersebut harga nya cukup mahal kisaran 1 sampai 1,5 jutaan (Harga ECU Beat esp sporty),Sayang kan kalau sudah diganti mahal-mahal tapi masalahnya masih tetap ada.Nah untuk memastikan bahwa benar-benar ECU (Electronic Control Unit) nya sudah rusak sebaiknya simak Ciri-Cirinya ECU (Electronic Control Unit) Motor Sudah Rusak yang akan kita jelaskan di bawah.


ECU Beat esp sporty (Bengkelkampoeng)

Ciri-Ciri ECU Motor Beat esp Rusak

Untuk motor honda beat esp ada beberapa tanda dan ciri-ciri jika ECU nya rusak

  • Lampu Indikator Nyala Terus (Tidak Berkedip) Saat Kontak ON

Pertama ciri-ciri ECU (Electronic Control Unit) rusak ditandai dengan lampu indikator warna kuning pada panel meternya menyala terus dan tidak berkedip sama sekali,ini menandakan bahwa ECU motor tersebut sudah rusak,namun ada masalah yang lain dengan tanda indikator lampunya menyala terus tanpa berkedip bisa juga disebabkan kabel-kabelnya ada yang konslet namun tidak dibarengi dengan komponen lainnya yang mengalami error secara bersamaan,jika ECU yang rusak debarengi dengan komponen yang lain mengali error seperti jarum speedometernya tidak berjalan saat kunci kontak ON selama beberapa detik.

  • Jarum Speedometer tidak jalan atau tidak berfungsi Saat Kontak ON

Untuk motor honda Beat esp ciri-cirinya ditandai dengan tidak berfungsinya jarum speedometernya saat kunci kontak ON atau tidak bergerak jarumnya selama sekian detik sebagaimana dalam keadaan normal disertai Fuelpump nya tidak berhenti memompa alias bensinnya keluar terus saat kontak ON,Nah jika ada ciri-ciri seperti ini dapat di pastikan ECU nya rusak.Apabila hanya jarum speedometernya saja yang tidak bergerak tapi Fuelpumpnya normal maka kerusakan terjadi hanya pada sistem speedometernya saja yang bisa dicek pada bagian sensor speedometer di bagian gear box nya buka karena ECU (Electronic Control Unit) nya yang Rusak.

  • Pengapian Hilang

Berikutnya Jika ECU (Electronic Control Unit) motor honda beat esp rusak ciri-cirinya dengan hilangnya pengPian atau pengapiannya ga ada sama sekali,namun jangan langsung memutuskan bahwa penyebabnya dari ECU (Electronic Control Unit) yang rusak karena hal ini juga bisa disebabkan dari komponen lainnya yaitu bisa dari soket spullnya yang longgar bisa juga dari soket sensor yang lainnya makanya harus benar benar cermat dalam menganalisa kerusakan ECU (Electronic Control Unit) motor khususnya motor honda beat esp.

  • Fuel Pump Jalan Terus Saat Kontak ON

Setelah melakukan pengecekan pada pengapiannya ciri-ciri ECU (Electronic Control Unit) rusak bisa juga dengan melakukan pengecakan pada Fuelpumpnya dengan caraelepas selang yang menuju injektornya lalu kontakmya di ON kan,jika saat kontak di posisi ON dan Fuelpump nya memompa terus tanpa berhenti dapat dipastikan ECU (Electronic Control Unit) nya benar sudah rusak.

  • Injektor Nyembur terus Saat Kontak ON

Dan Yang terakhir ciri-ciri yaitu dari injektornya menyembur terus tanpa berhenti ketika kontak dalam posisi ON,Ini sudah dapat dipastikan ECU motor beat esp benar-benar sudah rusak dan mesti diganti baru,Nah jika sudah pasti ciri-cirinya maka ganti segera ECU (Electronic Control Unit) nya dengan Yang baru.


Ilustrasi injektor nyembur terus

Nah apabila adanya ciri-ciri tersebut diatas maka dapat dipastikan ECU (Electronic Control Unit) nya sudah rusak dan mesti diganti baru,namun apabila tidak ada ciri-ciri tersebut diatas sebaiknya lakukan pengecekan yang lebih cermat dan teliti supaya tidak keliru dalam dalam mengambil keputusan untuk mengganti sparepartnya termasuk mengganti ECU (Electronic Control Unit).

Demikian Posting Jangan Langsung Ganti,Ini Ciri-Ciri ECU Motor Honda Beat Sudah Rusak semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger