Langsung ke konten utama

4 Penyebab Yamaha F1zr Ngempos dan Tidak Langsam,Berikut Cara Mengatasinya

Motor yamaha F1zr adalah salah satu varian motor yamaha bebek 2tak 110cc yang sampai saat ini masih diminati terutama para pencinta motor bebek 2tak yang mungkin pada masa jayanya belum pernah merasakan dan menikmati indahnya menggunakan motor 2tak bahkan belum sempat untuk bisa memelikinya ,meskipun demikian kini bisa mendapatkannya dengan kondisi motor bekas karena pabrikan yamaha tidak lagi memproduksi motor bebek 2tak ,salah satunya motor yamaha f1zr.Untuk motor yamaha f1zr yang baru saja anda dapatkan atau baru membelinya dalam kondisi bekas tentunya dihadapkan dengan beberapa masalah salah satunya performa mesinnya,jika anda merasakan motornya kurang bertenaga atau ngempos dan tidak langsam maka sebaiknya segera periksa dan lakukan pengecekan pada beberapa komponen dan sektor-sektor yang menjadi indikasi terjadinya hal tersebut,untuk lebih jelasnya simak berikut dibawah ini .

4 Penyebab Motor Yamaha F1zr Ngempos dan Tidak Langsam


Blok Magnet F1zr (Bengkelkampoeng)

1.Karburator

Dengan kondisi motor yang sudah tidak muda lagi yamaha F1zr masih menggunakan sistem pengkabut manual atau karburator, masalah tersebut tentunya disebabkan adanya beberapa part karburator yang mengalami perubahan dan sumbatan akibat karburatornya jarang diservis terutama pada lubang-lubang pilot jet dan main jetnya,berikut 10 dasar komponen karburator.

  • Throttle Valve
  • Jet Needle
  • Needle Jet
  • Main Jet
  • Pilot Jet
  • Air Screw
  • Throttle Screw
  • Choke
  • Float
  • Float Chamber

Nah jika komponen tersebut sudah tidak berfungsi dengan normal maka sangat berpengaruh terhadap kinerja mesinnya dan akibatnya tarikan menjadi ngempos dan mesin tidak bisa langsam alias stationer .

  • Cara mengatasinya

Buka karburator lalu bersihkan dan lakukan penggantian pada part karburator atau parkit set karburator,namun untuk hasil yang maksimal maka mestinya dilakukan pengecekan pada komponen lainnya karena tidak semua masalah tersebut melulu disebabkan dari karburatornya,ada komponen pendukung lainnya yang juga mengalami masalah.

2.Membran (Reed Valve)

Reed Valve Yamaha F1zr (google.com)

Katup buluh atau membran sangat berpengaruh terhadap kinerja semua mesin motor 2tak tak terkecuali dengan motor yamaha f1zr yang berfungsi mengatur pemasukan bahan bakar dan campuran udara yang masuk kedalam crankcase kemudian dibilas dan dikompresi diruang bakar.Nah dengan langkah kompresi tersebut katup buluh atau reed valve bekerja menahan kembali kompresi supaya tidak bocor dan kembali keluar melalui karburator.Dengan kondisi katup buluhnya yang masih normal maka kompresi akan tertahan sampai proses berikutnya yaitu proses pembakaran sehingga tidak menimbulkan kebocoran yang mengakibatkan tarikan menjadi ngempos,jika katub buluh yang bermasalah maka si kompresi tersebut menjadi bocor dan berakibat tarikan menjadi ngempos dan otomatis langsam motorpun tidak bisa normal.

  • Cara mengatasinya

Dengan melakukan pengecekan pada reed valvenya dan melakukan penyetelan ketinggian stopernya sesuai standar bawaan pabrik juga mengatur kerenggangan lidah membrannya supaya tetap rapat pada breketnya,itu ketinggian stoper reed valve yamaha f1zr 9mm.

3.Seal Magnet

Seal Magnet atau seal kruk as sebelah kiri,posisinya dibagian kiri mesin atau blok magnet makanya sebagian ada yang menyebut seal magnet.Nah seal ini berfungsi menahan kebocoran kompresi dan oli samping yang ada didalam crankcase sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal saat proses langkah demi langkah mencapai titik siklus,Jika seal magnetnya rusak maka secara otomatis kompresi dan pengisapan menjadi bocor,hal ini bisa anda lihat dengan adanya rembesan oli samping dari celah cranksaftnya,Dengan demikian kompresi mesin menjadi bocor dan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin menjadi ngempos dan kurang tenaga sekaligus membuat mesin tidak bisa langsam saat dihidupkan .

  • Cara mengatasinya

Segera lakukan penggantian seal magnetnya dengan yang baru,seal magnet yamaha f1zr berkode 93102-25860 dengan ukuran 25 x 40 x 8 dan harganya kisaran 25-40 Ribuan part orisinil.

4.Ring Seher (Piston Ring)

Ring seher atau piston ring merupakan sebuah ring berbentuk cin-cin yang terpasang pada seher (Piston).Selain dari seal magnetnya yang rusak Penyebab motor menjadi ngempos dan tidak langsam terindikasi dari ring sehernya sudah aus sehingga dengan kondisi tersebut antara ring seher dengan dinding linernya tidak rapat lagi sehingga menimbulkan kebocoran kompresi pada ruang bakar.Nah dengan adanya kebocoran kompresi diruang bakar maka kompresi menjadi kurang optimal dan akibatnya tarikan motor menjadi ngempos bahkan mesin tidak bisa langsam dengan normal.

  • Cara mengatasinya

segera periksa ring sehernya dan lakukan penggantian dengan part yang asli sesuai standar bawaannya.

Untuk motor 2 tak, salah satunya motor yamaha f1zr karena menganut mesin 2 langkah atau 2tak maka dalam perawatannya pun cukup sederhana dan tidak banyak part part mekanis terutama pada bagian silinder headnya sehingga dalan melakukan servis mesin silinder headnya bisa dibuka dan dibersihkan tanpa perlu ribet membuka parr lainnya cukup hanya dubuka silinder kop lalu dibersihkan.
 

Demikian posting 4 Penyebab Yamaha F1zr Ngempos dan Tidak Langsam,Berikut Cara Mengatasinya,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger