Langsung ke konten utama

Tips Mengatasi Motor Yamaha Nmax 155 Tidak Bisa Stater

Motor Yamaha nmax 155 tidak bisa hidup karena tidak bisa distater atau elektrik staternya tidak berfungsi sama sekali padahal kondisi baterai nya masih bagus dan semua lampu-lampunya masih bisa menyala dengan normal.Untuk motor metik generasi terbaru baik produsen Honda,Yamaha,Suzuki dan yg lainnya termasuk salah satunya yamaha nmax 155 menghidupkan mesinnya hanya dengan menggunakan elektrik stater saja tanpa dilengkapi dengan kick starter atau engkolan, tidak seperti pada motor metik lainnya ketika mengalami elektrik staternya tidak berfungsi maka ada kick stater yang bisa buat menghidupkan mesinnya dengan cara di engkolnya.

Nah untuk mengatasi stater yang tidak berfungsi atau tidak bisa hidup terutama pada motor yamaha nmax 155 yaitu dengan melakukan pengecekan dan memeriksa bagian-bagian yang berhubungan langsung dengan elektrik stater tersebut,lalu bagian-bagian mana saja yang mesti diperiksa.simak terus penjelasannya sampai selesai.

Switch Stater

Switch stater (Relay Stater) : google.com

Switch stater atau bendik stater ada juga yang menyebut relay stater berfungsi sebagai saklar elektrik yang menghubungkan arus utama pada Dinamo stater,arus tersebut di hubungkan melalui switch stater tersebut dari baterai menuju Dinamo stater dengan di fungsikan melaui tombol stater yang ada pada saklar utama dengan cara menekan tombolnya kemudian stater langsung hidup.jika tombol tersebut bermasalah maka switch staterpun tidak akan bekerja sehingga arus yang menuju Dinamo stater terputus dan arusnya hanya sampai pada Switch stater tidak sampai pada Dinamonya,solusinya dengan mengecek tombol staternya yang ada pada saklar kanan dengan cara di bersihkan,tapi jika tombolnya tidak bermasalah dan switch staternya juga berfungsi dengan normal maka pemeriksaan dan pengecekan dilanjutkan pada bagian yang lainnya,yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada switch standar samping.

Switch Standar Samping

Switch standar samping nmax : google.com

Switch Standar samping atau (Stand Safety Switch) berfungsi sebagai pengaman sipengendara saat motor di standar sampingkan ,kendati mesinnya masih hidup jika standar samping di turunkan maka secara otomatis mesin motor langsung mati bahkan ketika motor sedang di standar sampingkan stater motor pun tidak bisa hidup,cara kerja switch standar samping yaitu dengan sistem CuTOff atau putus nyambung dengan memanfaatkan kabel massa atau ground ,jika switch standar samping posisi sedang OFF atau motor sedang di standarkan maka kabel massa yang menghubungkan pada ecu dan stater terputus dan sebaliknya jika posisi sedang ON maka kabel massa tersebut menyambung kembali dan motor kembali bisa di stater.Nah dengan mengetahui fungsi switch standar samping maka kita dapat mengetahui pula penyebab stater tidak bisa hidup.dan kemungkinan besar dari soket switchnya kurang konek atau lepas,cara mengatasinya untuk pengetesan coba jumper langsung menggunakan kabel pada soket switch standar sampingnya ,jika staternya bisa hidup maka penyebabnya dari soket switch standar samping memang tidak nyambung atau kurang konek.

Nah cara tersebut bisa dilakukan pada motor nmax kalian jika mengalami hal yang sama ,jika semua sudah dilakukan dan stater motor masih tetap tidak mau hidup maka yang terakahir dengan melakukan pengecekan pada sekringnya.

Sekring

Sekring (fuse) motor : Astra Honda Motor

Sekring (sikring) berfungsi sebagai pengaman arus listrik untuk menghindari terjadinya kebakaran ketika arus listrik tersebut mengalami hubungan pendek atau shorts ,maka secara otomatis sekringnya akan putus dan tidak merembet pada komponen lainnya,sekring terdiri dari beberapa macam dengan kapasitas tahanan yang berbeda ada yang berbentuk lonjong dan yang pipih atau sekring tancap ,salah satunya sekring yang di gunakan pada pengaman motor yamaha nmax,kapasitas tahanannya mulai dari 0,5 amphere sampai 25 amphere.Untuk motor yamaha nmax 155 menggunakan beberapa sekring yang terbagi dari beberapa rangkaian arus listrik yang di hubungkan dengan pencatu daya atau baterainya dan di kemas dalam boks sekring,jika ada salah satu sekring yang putus atau kurang koneksinya maka komponen elektrik tersebut tidak akan berfungsi salah satunya yang menghubungkan pada komponen elektrik staternya.Nah untuk motor yamaha nmax 155 jika ada salah satu sikring yang putus atau longgar dengan ukuran 7 amphere yang menghubungkan pada komponen elektrik stater maka secara otomatis elektrik stater tidak akan berfungsi dengan baik dan staternya pun tidak akan menyala.

Demikian posting kali ini semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger