Langsung ke konten utama

Tips Mengganti Oli Mesin Yang Baik Dan Benar,Berikut Langkah-Langkahnya

Mengganti oli mesin yang baik dan benar merupakan salah satu perawatan penting pada mesin kendaraan, baik mesin sepeda motor maupun mesin mobil.mengganti oli mesin yang baik dan benar yaitu dengan melakukannya secara rutin dan berkala sesuai standar batas penggunaan oli mesin tersebut dengan batas jarak tempuh pemakaian kendaraan atau dengan batas waktu yang ditentukan,untuk mengganti oli mesin sepeda motor yaitu dengan batas penggunaan tiap menempuh jarak 3000 km / 2 bulan sedangkan mengganti oli mesin mobil tiap tempuh 5000 km,mana saja yang lebih mendahului,jika kendaraan jarang digunakan maka lakukanlah penggantian oli mesin tiap dua bulan sekali.Nah jika sudah mencapai jarak tempuh tersebut segera lakukan penggantian oli mesinnya.Mengganti oli mesin bisa dilakukan sendiri dirumah bagi kalian yang hobi oprek oprek tentunya Ada beberapa langkah yang harus di persiapkan sebelum mengganti oli mesin tersebut baik ganti oli mesin motor metik maupun motor bebek.

Ilustrasi oli mesin (otomotif.kompas.com)

Menyediakan oli mesinnya

Mengganti oli mesin yang baik dan benar tentunya hal pertama menyediakan oli mesinnya.Oli mesin terdiri dari beberapa jenis dan merek yang diformulasikan buat motor metik maupun motor bebek dan yang pasti oli mesinnya sesuai dengan jenis atau tipe motor tersebut,namun ada beberapa merek oli terbaik yang sudah tidak diragukan lagi yaitu.

  • Enduro Racing
  • Enduro Matic
  • Shell Advance
  • Shell Helix
  • Top 1 Action
  • Evalube Pro

Oli mesin tersebut di atas merupakan oli mesin yang umum digunakan dengan formulasi yang sesuai dengan motor standar yang banyak beredar dipasaran selain merek oli tersebut masih banyak merek oli mesin yang lainnya tentunya kualitas dan formulasi yang sama.Setelah Oli mesinnya disediakan kemudian sediakan juga kunci ring atau Kunci sok 12 mm dan Tang,sediakan juga wadah buat penampung oli bekasnya supaya tidak berceceran.

Membuka Baut Tap Oli Mesin

Untuk motor honda metik beat fi,vario 110 fi,vario 125/150 menggunakan baut tap oli ukuran 12 mm sementara untuk motor bebek honda menggunakan baut 17 mm. Cara membukanya yaitu diputar berlawanan arah jarum jam,saya sarankan menggunakan kunci sok atau kunci Ring yang sudah disediakan,untuk hasil yang maksimal supaya oli mesinnya turun semuanya usahakan sebelum dibuka panaskan terlebih dahulu mesinnya kira-kira 5 menit.Nah setelah oli mesinnya berhasil dibuka kemudian buka juga penutup oli nya menggunakan Tang dan biarkan beberapa saat sampai benar-benar oli mesinnya bersih,jika kelihatan masih ada sisa-sisa oli mesinnya yang belum turun semua posisikan motornya di miringkan atau bisa dibersihkan dengan cara disemprot angin kompresor.

Tuangkan Oli Mesinnya

Langkah ini merupan langkah pengisian Oli mesinnya setelah memasang dan mengencangkan kembali baut Tap olinya.
perhatian! jangan sampai lupa untuk mengencangkan kembali baut tap olinya,nah untuk memudahkan mengisi oli mesinnya gunakan corong yang bersih dan tuangkan pelan-pelan supaya tidak meluap karena lubang pengisian oli mesin motor honda metik lebih kecil dari lubang pengisian motor bebek pada umumnya sehingga harus dengan teliti dan sabar.

Ganti oli mesin (Bengkelkampoeng)

Engkol atau Selah Dulu Sebelum Mesin di Hidupkan

Nah untuk langkah terakhir yaitu menghidupkan mesinnya supaya oli mesinnya meresap dan sirkulasi,Tapi sebelum dihidupkan lakukan engkol atau selah-selah terlebih dahulu buat motor yang masih dilengkapi dengan engkolan atau Kickstarter agar oli mesinnya masuk meresap melalui pompa olinya dan naik ke silinder headnya kemudian mesinnya langsung dihidupkan maka ketika mesin dihidupkan oli mesin tersebut sudah merata ke semua komponen mesin terutama komponen mesin bagian atas atau silinder headnya yang membutuhkan pompa oli untuk mencapai oli mesin tersebut sampai di atas,setelah semunya selesai maka motor kembali bisa digunakan dan bisa diajak jalan-jalan dengan santai karena oli mesinnya sudah baru dan gres.

Terimakasih,demikian tips kali ini semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger