Langsung ke konten utama

Mengenal Komponen Gear Boks Vario 125/150

Komponen Gear box atau gardan merupakan komponen paling utama pada motor skutik atau motor metik,komponen tersebut diantaranya as pulley belakang,gigi penghubung,gigi skunder,bearing,as roda belakang,seal as roda belakang,paking dan sensor percepatan yang mempunyai peranan penting guna menyalurkan sekaligus mereduksi putaran mesin menuju roda belakangnya sehingga motor bisa melaju dengan lancar dan komponen gear box tersebut merupakan komponen yang berhubungan erat dengan semua motor metik salah satunya motor vario 125.

Gir box vario 125 54T (Bengkelkampoeng)

Nah untuk lebih memahami apa saja komponen tersebut tidak ada salahnya kita ulas secara detail satu per satu komponen apa saja yang ada di dalam gear box tersebut.

1. As Pulley Belakang (Drive Shaft)

As puli belakang 17T (Bengkelkampoeng)

Gigi primer merupakan gigi yang memutar sekaligus sebagai as puli belakang (Drive Shaft) motor vario 125 dengan kode part 23411KZR600 yang bermata gir sebanyak 17T, sementara untuk vario 150 dengan jumlah mata gir sebanyak 18T dengan kode part 23411K59A10

2. Gigi Penghubung (Countershaft)

Gir box vario 125 13T (Bengkelkampoeng)

Gigi penghubung (Countershaft) sebagai gigi reduksi dengan kode part 23421KZR600 dan Gear Counter dengan kode part 23422KWN900

3. Gigi Skunder (Gear Comp Final)

Gir box vario 125 54T (Bengkelkampoeng)

Gigi skunder merupakan gigi reduksi yang menghubungkan langasung dengan As roda belakang (Gear Comp Final) dengan kode part 23430K59A10 atau bisa juga menggunakan persamaannya dengan kode part 23430KZR600

4. As Roda Belakang (Final Shaft)

As roda belakang berfungsi sebagai sumbu roda sekaligus penopang roda belakang yang di putar

5. Seal As Roda Belakang (Oil Seal)

Seal as roda belakang vario 125 (Bengkelkampoeng)

Seal as roda belakang

6. Klaher/Bantalan (Balls Bearing)

Bearing bagian kanan (Bengkelkampoeng)

Bearing bagian kanan (Bengkelkampoeng)

Bearing atau bantalan merupakan salah satu bagian komponen yang berada di dalam gear box semua motot metik termasuk motor vario 125 yang sedang kita bahas ini,bearing berfungsi sebagai bantalan atau penopang sumbu yang di pasang di kedua sisi as tersebut supaya tetap simetris dan presisi.

7. Sensor Percepatan (Speed Sensor)

Sensor speedometer vario 125 (Bengkelkampoeng)

Sensor Kecepatan Putaran mesin atau speed sensor part ini juga termasuk dalam gear box motor vario 125

8. Paking (Gasket)

Paking/gasket biasa disebut juga perpak merupakan komponen bagian dari gear box motor matic salah satunya vario 125,untuk paking vario 125 memiliki kelebihan dibandingkan dengan paking motor matic honda generasi sebelumnya yang masih menggunakan bahan kertas sementara vario 125 sudah menggunakan bahan kaleng jadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Terimakasih,Demikian posting kali ini semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger