Langsung ke konten utama

Mengenal Rantai Keteng,Fungsi,dan Cara Kerjanya

Rantai keteng atau Rantai mesin adalah sebuah rantai berukuran kecil,Rantai keteng juga perpadanan kata dengan Rantai Camprat (baca: kamprat) dan Sentrik.Rantai keteng dipasangkan tepatnya diarea mesin samping kanan maupun samping kiri mesin,Rantai keteng berfungsi menghubungkan antara poros engkol dan perangkat mekanis yang ada diarea silinder head,Rantai keteng juga memiliki 2 tipe,tipe biasa seperti rantai final gir atau ratai roda belakang dengan kode H25 dimana H=Hard yaitu memiliki design yang lebih kuat ,sementara untuk angka 2 = merupakan jarak antar Pin yaitu 6.35mm,dan angka 5 = yaitu jarak antar plat 5.18 mm.tipe kedua yaitu tipe kupu-kupu dengan kode 2x3 kemudian ditambah angka di belakangnya (contohnya 2x3-92L yaitu tipe Rantai keteng yang berbentuk kupu-kupu dengan jumlah mata rantai 92 mata, Rantai keteng ini buat motor Honda Kharisma dll).Nah Dengan menggunakan Rantai keteng sebagai penghung putaran poros engkol dan perangkat mekanis tersebut getaran dan gesekan yang mengakibatkan suara kasar pada mesin bisa lebih diminimalisir karena Rantai keteng dilengkapi dengan tensioner dan rel serta rol berbahan karet elastis yang kuat dan tahan panas sehingga dapat meredam suara kasar dan getaran ketika mesin sedang berjalan dalam kondisi normal.

Ilustrasi Ganti rantai keteng Kharisma 125

Fungsi dan Cara Kerja Rantai Keteng

Rantai keteng berfungsi menghubungkan putaran poros engkol untuk menjalankan atau menggerakan perangkat mekanis yang ada di area silinder head dengan mengikuti putaran dan pergerakan poros engkol,putaran poros engkol yang dihubungkan dengan Rantai keteng tersebut direduksi dengan sprocket atau gir pemutar yang di pasangkan pada Poros Engkol (Crankshaft) dan gir yang di putar pada Noken As (Camshaft) dengan perbandingan mata gir yang pemutar dan yang diputar yaitu 2:1 dimana 2 kali putaran poros engkol hanya dapat memutarkan atau menggerakan perangkat mekanis tersebut 1 kali putaran yang bekerja secara terus menerus selama kondisi mesin masih tetap berjalan.Dengan Mengenal Rantai keteng,Fungsi,dan Cara Kerjanya serta kode yang tertera pada Rantai keteng tersebut kita bisa lebih memahami hanya dengan melihat kodenya saja yang sesuai dengan jenis dan tipe motor.

Terimakasih.
Wasaalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger