Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya :

Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris)

  • Noken As
  • Platuk Klep
  • Rantai Keteng
  • Klep

Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus.

Noken As (Camsaft)

Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus peyang hal tersebut terjadi akibat sistem lubrikasi atau pompa olinya pada mesin tersebut bekeja tidak normal sehingga ketika oli mesin yang di pompa dari karter mesin bawah atau crankcase menuju silinder head tersumbat dan tidak mampu melumasi pada noken as dengan maksimal akibatnya noken as menjadi aus dan rusak,Dengan kondisi noken as yang aus dan terus bekerja selain menjadi penyebab suara kasar pada mesin hal ini juga berdampak pada komponen lainnya menjadi ikut-ikutan rusak diantaranya platuk klep.
Untuk mengatasinya segara periksa Noken as nya ,jika mengalami hal seperti itu maka segera ganti noken asnya dengan yang baru.

Platuk klep (Rocker Arm)

Platuk Klep (Rocker Arm) adalah part mesin yang berfungsi dan bekerja mengatur buka tutup klep yang di gerakan melalui noken as,gaya yang digunakan yaitu gaya ungkit dengan memiliki rasio atau perbandingan dari ujung ke unjungnya berbeda-beda pada tiap-tiap jenis dan tipe mesin motor,untuk data selengkapnya bisa cari di google.com
Nah jika platuk klep (Rocker Arm) tersebut sudah rusak dan aus maka platuk klep tidak akan bekerja dengan normal sehingga menyebabkan suara kasar dan berisik pada mesin tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja mesin menjadi tidak maksimal.untuk mengatasinya ganti platuk klep tersebut dengan yang baru.

Rantai Keteng (Chain Engine)

Rantai keteng (Chain Engine) atau biasa di sebut sintrik ada juga sebagian yang menyebut rantai camrat adalah sebuah rantai mesin dan merupakan part pendukung utama mesin motor khususnya Gl pro series,Rantai keteng bekerja dan berfungsi sebagai penghubung antara kruk As (Cranksaft) dan Noken As (Camsaft) dengan memiliki Dimensi yang berbeda pada setiap jenis dan tipe motor,jika rantai keteng tersebut mengalami aus maka secara otomatis rantai tersebut menjadi melar seperti halnya rantai roda motor yang akan selalu kendor ketika rantai tersebut sudah aus dan harus melakukan penyetelan ulang sesuai standarnya,jika rantai roda melakukan penyetelannya secara manual maka rantai keteng akan berbeda cara penyetelannya yaitu sudah tersedia dengan penyetelan secara otomatis menggunakan tonjokan atau tensioner yang memiliki batas maksimal dalam menyetel rantai ketengnya,jika kondisinya sudah tidak terjangkau dengan setelan otomatis maka rantai keteng tersebut menjadi tetap kendor karena melebihi batas setelannya.Nah hal inilah yang menyebabkan suara mesin menjadi kasar dan berisik yaitu rantai ketengnya sudah kendor maka untuk cara mengatasinya mesti di ganti dengan rantai keteng yang baru.

Klep (Valve)

Klep (Valve) adalah sebuah katup yang mengatur pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas buang pada mesin sepeda motor atau mengatur intex dan exsos,cara kerja klep yaitu membuka dan menutup lubang tersebut yang di atur dengan platuk klep yang sudah di jelaskan di atas,untuk masalah klep ketika sudah mengalami aus tidak begitu berpengaruh terhadap suara kasar pada mesinnya lebih berpengaruh terhadap pengaturan gas buang dan pemasukannya,namun jika di temukan klepnya sudah aus maka disarankan untu segara menggantinya dengan yang baru.

Nah satu lagi yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar Namun kali ini suara berisik tersebut suaranya lebih kasar bahkan bunyinya sampai terdengar kesrek...kesrek..yaitu Gigi slahannya gompal dua duanya ,untuk mengatasinya harus dengan cara bongkar mesin full ,karena mungkin hal ini jarang terjadi maka tidak salahnya jika motor Gl pro kalian mengalami hal yang sama sebaiknya melakukan pengecekan juga pada gigi selahannya atau gigi penghubung kick starternya,karena tidak menutup kemungkinan hal ini pun bisa saja terjadi pada semua motor yang menyebabkan mesin menjadi berisik dan kasar maka Inilah penyebabnya.
Terimakasih.

Demikianlah posting ,Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger