Motor susah Ngoper gigi disebabkan dari komponen persnelingnya tidak berfungsi dengan baik salah satunya dari holder pawlnya.Holder pawl berfungsi sebagai stut kopling yang bekerja menekan stut kopling secara otomatis ketika persnelingnya ditekam Pengguna motor skuter metik pasti tidak akan merasakan bagaimana repotnya Ngoper gigi karena memiliki transmisi yang berkelanjutan berbeda dengan motor bebek dan motor sport apalagi ketika kita melewati jalan berlobang atau gajrugan (red:polisi tidur) maupun tanjakan susah mengatur perseneling.Rasanya gimana gitu,agak kesal juga kan...
Seiring waktu terus berjalan,pemakaian motor yang terus menerus,pasti semua komponen yang tadinya baru mengalami kerusakan,terutama di bagian blok kopling dan persenelingnya yang paling banyak kerjanya di dalam mesin,Apalagi usia motor tersebut sudah tidak gres lagi.
Holder pawl : Foto m_aris |
Langkah pertama yang harus dilakukan dengan menyetel baut koplingnya,dengan cara kita kendorkan dulu mur 14 nya,kemudian baut yang pakai obeng min nya di putar ke kiri,kira-kira dua putaran,setelah itu kita tes jalan.Kalau masih susah atau keras,dan setelan koplingnya sudah mentok,berarti ada masalah dibagian blok kopling dan ada komponen persenelingnya yang rusak.Setelah melakukan pengecekan,dan masalahnya masih tetap ada.semua itu tandanya kita mesti tindak lanjuti he..
Sipemiliknya pun langsung membawa motornya ke bengkelkampoeng dan saya langsung menanganinya, karena saya selain menulis artikel ini,sekaligus merangkap sebagai mekanik,kemudian saya bongkar bagian blok koplingnya,dan benar saja pelor otomatisnya (bahasa kerennya holder pawl) pecah satu,ada yang bentuknya rol dan yang seperti bola-bola,seperti gambar di atas.
Setelah semuanya selesai dikerjakan dan komponen yang rusaknya di ganti,saya tes jalan kembali,dan hasilnya mak nyussss..
Demikian semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. terimakasih.