Langsung ke konten utama

Akibat Telat Ganti Oli Mesin,Ini Efeknya.

Kemarin pagi-pagi ada konsumen yang Datang ke bengkel kami sambil mendorong Sepeda motornya,katanya mau servis dan sekalian mau ganti oli mesinnya,namun yang menjadi pertanyaan saya kenapa motornya kok bisa di dorong dan tidak di kendarainya padahal setiap konsumen yang hanya mau melakukan servis saja selalu membawa motornya dalam keadaan hidup dan di kendarainya kecuali konsumennya yang langsung ngomong duluan bahwa motornya mogok dan tidak mau hidup.

Akibat telat ganti oli seher baret-baret : Foto m_aris

Setelah bertanya panjang lebar, Ia mengatakan "motor ini tidak mau hidup sama sekali padahal bensinnya sudah saya isi full".

Akhirnya Saya pun langsung melakukan pengecekan dengan memeriksa businya,karena penyebab motor mati tersebut bisa terjadi akibat businya yang kotor atau bisa juga dari api businya yang kurang sempurna,ini pun sering terjadi jika kurang paham betul tentang kondisi api busi karena masih ada yang terkecoh dengan kriteria api busi tersebut,namum sebelum membuka businya

Pertama saya mengecek kompresinya dulu dengan di selah-selah,karena penyebab motor tidak mau hidup bisa juga terjadi akibat kompresinya yang bocor dan ngempos,ternyata memang benar ketika saya selah-selah motornya terasa ngempos.

Tidak hanya itu saja saya pun mengecek kondisi oli mesinnya,apakah oli mesinnya cukup atau sudah mulai berkurang,dan ternyata oli mesinnyapun hanya tinggal sedikit,saya tanya lagi sama orangnya ia pun mengatakan "memang oli mesinnya sudah lama tidak di gantinya".

Setelah berembuk saya katakan bahwa motor ini harus di bongkar bagian silinder headnya dan ini terjadi akibat klep nya yang bocor dan ini juga bisa terjadi akibat dari pistonnya yang longgar atau baret karena oli mesinnya yang berkurang,ia pun menyerahkan semuanya.

Saya lanjut membongkar mesin motor tersebut dan untuk memudahkan membongkar mesinnya terlebih dahulu saya melepas semua bodi motornya,karena motor tersebut adalah jenis motor metik honda Beat.Dan setelah di bongkar mesinnya terlihat jelas kondisi pistonnya yang baret.

Dan tak lupa saya periksa juga liner blok sehernya,ini juga terlihat ada goresan-goresan yang mengakibatkan kompresi menjadi ngempos dan mesin tidakmau hidup.Kemudian saya periksa juga kondisi klepnya,dan kondisi klepnya juga memprihatinkan agak bengkok sedikit dan terlihat celah dari klep ex nya yang agak terbuka,untuk stang pistonnya/connecting road juga saya periksa,dan ini kelihatan masih bisa di pasang kembali.

Kondisi piston yang baret kita ganti yang baru dan untuk linernya saya bawa ke tukang korter otomatis size pistonnya meningkat dari standar ke over size 50,untuk klepnya juga saya ganti dengan yang baru tidak lupa sekalian di ganti seal klepnya dan kita melakukan sekir ulang supaya klep yang baru presisi dengan setting klepnya,dan yang lainya seperti paking topset,busi,sekaligus oli mesinnya juga saya ganti semuanya,untuk rincian biayanya nanti saya sertakan di bawah.Itulah akibatnya kalau kita telat mengganti oli mesin,awalnya karena sayang mengeluarkan uang 50ribu,dan akhirnya terpaksa kita harus mengeluarkan dana yang lebih besar.

Harga sparepart mungkin berbeda di tiap daerah dan lokasi bengkel motor, harga spareparts di bawah ini mungkin hanya sebagai estimasi saja.

Data dan Harga Spareparts :

  • Piston set : 118.000
  • Klep set : 75.000
  • Paking top set : 45.000
  • Seal klep : 20.000
  • Busi : 20.000
  • Oli mesin : 45.000
  • Biaya korter : 35.000
  • Biaya bongkar/pasang : 125.000
  • Total biaya : 483.000

Catatan :

Harga sewaktu-waktu berubah sesuai lokasi dan kondisi.
Terimakasih,Ada kesalahan mohon di koreksi.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger