Terkadang kita Merasa Kesal ketika sepeda motor yang kita gunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari mengalami masalah yang dianggap sepele karena memang sepeda motor tersebut sebelumnya lancar-lancar saja. Untuk menghidupkan mesin sepeda motor, memang semua produsen berbagai merek kendaraan khususnya roda dua yang beredar di indonesia rata-rata telah melengkapinya dengan dobel starter terdiri dari elektrik starter dan kick starter.Bagi pengendara sepeda motor yang elektrik starternya masih berfungsi dengan normal untuk menghidupkan sepeda motornya sangat mudah dan praktis,tinggal tekan tombol elektriknya mesin bisa langsung hidup.
Bongkar kopling jupiter z1 : Foto m_aris |
Tetapi semua itu berbeda dengan yang elektrik starternya tidak berfungsi sama sekali,tentunya harus menggunakan kick starter/selahan untuk menghidupkan mesin motor tersebut Dan harus meng engkolnya kemudian mesin motor tersebut bisa hidup.Ok langsung saja ke topik permasalahannya.
Kick starter yang ngelos atau ngempos yang di alami pengendara sepeda motor yamaha jupiter Z1 sekaligus sebagai konsumen bengkel kami,yang saya tangani sendiri.Pagi itu ia datang ke bengkel sambil mendorong motornya,dan saya kira motor tersebut tidak bisa hidup karena bermasalah dari pengapiannya atau dari bensinnya yang tidak lancar,namun setelah saya tanya "kenapa motor tersebut kok bisa didorong begitu" jawabnya "mesin mah teu nanaon mang,ngan ieu selahanna ngelos,padahal setelan koplingna ges di setel mentok,tapi masih ngelos keneh" ("mesinnya tidak bermasalah bang,cuman ini selahannya ngelos,padahal setelan koplingnya sudah di setel mentok,tetap saja masih ngelos").
Tidak banyak ba bi bu langsung saya kerjakan,tapi sebelumnya ada baiknya saya jelaskan beberapa komponen yang menjadi penyebab selahan ngelos tersebut untuk di jadikan sebuah refernsi dan panduan parts mana saja yang semestinya harus di ganti dan yang mana yang masih bisa di gunakan,penyebab kick starter/selahan ngelos Yamaha jupiter z1sebaiknya periksa dahulu parts ini.
KAMPAS KOPLING
Kampas kopling yamaha jupiter z1 hanya menggunakan 2pcs yang di selingi dengan plat koplingnya 1pcs,terjadinya ngelos pada kick starter juga bisa di sebabkan akibat kampas koplingnya yang sudah aus dan tipis tapi jika kampas koplingnya baru di ganti dan kick starternya masih tetap ngelos juga sebaiknya periksa komponen lainnya yang berhubungan dengan kopling tersebut karena faktor utama terjadinya ngelos di sebabkan dari area kopling yang terdiri dari beberapa komponen dan sebagai penghubung utama gigi selahan motor tersebut,sebaiknya periksa juga per koplingnya.
PER KOPLING
Yamaha jupiter z1 memang mengaplikasi Per diafragma sebagai daya pegasnya sama dengan saudaranya yamaha vega zr,untuk menekan kedua kampas kopling dan plat koplingnya supaya lebih padat menyeluruh daya cengkramnya,dengan menggunakan per diafragma tersebut komponen koplingnya menjadi lebih simpel dan praktis,parts ini juga bisa menjadi penyebab kick starter/selahan ngelos ketika daya pegasnya sudah mulai melemah.
RUMAH KAMPAS KOPLING
Parts ini dari profilnya terlihat lebih simpel bila di bandingkan dengan profil rumah kampas kopling jupiter z genersi sebelumnya yang lebih tebal dan dapat menampung 4pcs kampas kopling bahkan bisa sampai 5pcs,sementara rumah kampas kopling yamaha jupiter z1 hanya bisa di pasangi kampas kopling 2 pcs saja,Jika kondisi rumah kampas kopling tersebut sudah aus,secara jelaspun dapat kelihatan maka ini juga yang menjadi penyebab kick starternya menjadi ngelos bahkan bisa juga menjadi penyebab selip kopling tenaga motor pun menjadi drop dan loyo.
Nah jika semua komponen sudah di periksa dan ada salah satu yang rusak maka segera ganti komponennya dengan yang baru adapun jika dananya cukup untuk mengganti semua komponen kopling tersebut alangkah baiknya di ganti semuanya.
Ok,kita lanjutkan ceritanya waktu itu saya langsung membongkar blok koplingnya lalu kemudian saya periksa satu per satu komponen yang mengakibatkan kick starter/selahan ngelos tersebut,dan ternyata ,rumah kampas kopling dan per diafragmanya sudah lemah,kemudian saya juga periksa yang lainnya barangkali komponennya ada yang rusak juga selagi blok koplingnya di buka dan di bersihkan,tetapi tidak di temukan tanda-tanda kerusakan.jadi kita hanya mengganti rumah kampas kopling dan per difragmanya saja,dan untuk kampas koplingnya kata yang punya kampasnya masih baru dan belum lama,akhirnya saya ganti parts-parts tersebut,sekaligus paking bak kopling dan oli mesinnya.
Setelah semuanya selesai di pasangkan kemudian saya coba test kick starternya dan alhamdulillah selahannya tidak ngelos lagi motor pun menjadi lebih bertenaga.mantap...
Untuk Harga parts mungkin berbeda di tiap lokasi bengkel.
- Rumah kampas kopling : IDR 116.000
- Per Diafragma : IDR 60.000
- Paking bak kopling : IDR 33.000
- Oli mesin : IDR 45.000
- Biaya bongkar/pasang : IDR 70.000
- Biaya Total : IDR 324.000
Demikian posting Penyebab Kick Starter Jupiter Z1 Ngelos,Periksa Komponen Ini nya
Ada salah-salah kata mohon di koreksi,semoga postingan kali ini bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.
sama bos punya saya dah ganti kanvas kopling ...kopling ganda..eh di slah ngeplos....apanya ya
BalasHapusPenyebabnya bisa jadi rumah kampas koplingnya sudah aus,coba dech di di periksa lagi
Hapus