Langsung ke konten utama

Penyebab Kick Starter Jupiter Z1 Ngelos,Periksa Komponen Ini nya...

Terkadang kita Merasa Kesal ketika sepeda motor yang kita gunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari mengalami masalah yang dianggap sepele karena memang sepeda motor tersebut sebelumnya lancar-lancar saja. Untuk menghidupkan mesin sepeda motor, memang semua produsen berbagai merek kendaraan khususnya roda dua yang beredar di indonesia rata-rata telah melengkapinya dengan dobel starter terdiri dari elektrik starter dan kick starter.Bagi pengendara sepeda motor yang elektrik starternya masih berfungsi dengan normal untuk menghidupkan  sepeda motornya sangat mudah dan praktis,tinggal tekan tombol elektriknya mesin bisa langsung hidup.

Bongkar kopling jupiter z1 : Foto m_aris

Tetapi semua itu berbeda dengan yang elektrik starternya tidak berfungsi sama sekali,tentunya harus menggunakan kick starter/selahan untuk menghidupkan mesin motor tersebut Dan harus meng engkolnya kemudian mesin motor tersebut  bisa hidup.Ok langsung saja ke topik permasalahannya.

Kick starter yang ngelos atau ngempos yang di alami pengendara sepeda motor yamaha jupiter Z1 sekaligus sebagai konsumen bengkel kami,yang saya tangani sendiri.Pagi itu ia datang ke bengkel sambil mendorong motornya,dan saya kira motor tersebut tidak bisa hidup karena bermasalah dari pengapiannya atau dari bensinnya yang tidak lancar,namun  setelah saya tanya "kenapa motor tersebut kok bisa didorong begitu" jawabnya "mesin mah teu nanaon mang,ngan ieu selahanna ngelos,padahal setelan koplingna ges di setel mentok,tapi masih ngelos keneh" ("mesinnya tidak bermasalah bang,cuman ini selahannya ngelos,padahal setelan koplingnya sudah di setel mentok,tetap saja masih ngelos").

Tidak banyak ba bi bu langsung saya kerjakan,tapi sebelumnya ada baiknya saya jelaskan beberapa komponen yang menjadi penyebab selahan ngelos tersebut untuk di jadikan sebuah refernsi dan panduan parts mana saja yang semestinya harus di ganti dan yang mana yang masih bisa di gunakan,penyebab kick starter/selahan ngelos Yamaha jupiter z1sebaiknya periksa dahulu parts ini.

KAMPAS KOPLING

Kampas kopling yamaha jupiter z1 hanya menggunakan 2pcs yang di selingi dengan plat koplingnya 1pcs,terjadinya ngelos pada kick starter juga bisa di sebabkan akibat kampas koplingnya yang sudah aus dan tipis tapi jika kampas koplingnya baru di ganti dan kick starternya masih tetap ngelos juga sebaiknya periksa komponen lainnya yang berhubungan dengan kopling tersebut karena faktor utama terjadinya ngelos di sebabkan dari area kopling yang terdiri dari beberapa komponen dan sebagai penghubung utama gigi selahan motor tersebut,sebaiknya periksa juga per koplingnya.

PER KOPLING

Yamaha jupiter z1 memang mengaplikasi Per diafragma sebagai daya pegasnya sama dengan saudaranya yamaha vega zr,untuk menekan kedua kampas kopling dan plat koplingnya supaya lebih padat menyeluruh daya cengkramnya,dengan menggunakan per diafragma tersebut komponen koplingnya menjadi lebih simpel dan praktis,parts ini juga bisa menjadi penyebab kick starter/selahan ngelos ketika daya pegasnya sudah mulai melemah.

RUMAH KAMPAS KOPLING

Parts ini dari profilnya terlihat lebih simpel bila di bandingkan dengan profil rumah kampas kopling jupiter z genersi sebelumnya yang lebih tebal dan dapat menampung 4pcs kampas kopling bahkan bisa sampai 5pcs,sementara rumah kampas kopling yamaha jupiter z1 hanya bisa di pasangi kampas kopling 2 pcs saja,Jika kondisi rumah kampas kopling tersebut sudah aus,secara jelaspun dapat kelihatan maka ini juga yang menjadi penyebab kick starternya menjadi ngelos bahkan bisa juga menjadi penyebab selip kopling tenaga motor pun menjadi drop dan loyo.

Nah jika semua komponen sudah di periksa dan ada salah satu yang rusak maka segera ganti komponennya dengan yang baru adapun jika dananya cukup untuk mengganti semua komponen kopling tersebut alangkah baiknya di ganti semuanya.

Ok,kita lanjutkan ceritanya waktu itu saya langsung membongkar blok koplingnya lalu kemudian saya periksa satu per satu komponen yang mengakibatkan kick starter/selahan ngelos tersebut,dan ternyata ,rumah kampas kopling dan per diafragmanya sudah lemah,kemudian saya juga periksa yang lainnya barangkali komponennya ada yang rusak juga selagi blok koplingnya di buka dan di bersihkan,tetapi tidak di temukan tanda-tanda kerusakan.jadi kita hanya mengganti rumah kampas kopling dan per difragmanya saja,dan untuk kampas koplingnya kata yang punya kampasnya masih baru dan belum lama,akhirnya saya ganti parts-parts tersebut,sekaligus paking bak kopling dan oli mesinnya.

Setelah semuanya selesai di pasangkan kemudian saya coba test kick starternya dan alhamdulillah selahannya tidak ngelos lagi motor pun menjadi lebih bertenaga.mantap...

Untuk Harga parts mungkin berbeda di tiap lokasi bengkel.

  • Rumah kampas kopling : IDR 116.000
  • Per Diafragma : IDR 60.000
  • Paking bak kopling : IDR 33.000
  • Oli mesin : IDR 45.000
  • Biaya bongkar/pasang : IDR 70.000
  • Biaya Total : IDR 324.000

Demikian posting Penyebab Kick Starter Jupiter Z1 Ngelos,Periksa Komponen Ini nya
Ada salah-salah kata mohon di koreksi,semoga postingan kali ini bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

  1. sama bos punya saya dah ganti kanvas kopling ...kopling ganda..eh di slah ngeplos....apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya bisa jadi rumah kampas koplingnya sudah aus,coba dech di di periksa lagi

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. terimakasih.

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger