Langsung ke konten utama

Motor MegaPRO Terasa Bergetar Saat Kopling Di Lepas

Motor yang masih menggunakan kopling manual kebanyakan jenis motor batangan atau motor sport,baik dari varian honda,yamaha,suzuki maupun kawasaki.
Cara kerja kopling manual yaitu dengan sebuah tuas yang di pasang di area bak kopling dan di kendalikan melalui handel koplingnya yang dipasang di stang kemudi sebelah kiri dengan di tarik dan di lepasnya oleh si pengemudi motor tersebut.Motor yang menggunakan kopling manual tenaganya memang lebih responsif jika di bandingkan dengan motor yang menggunakan kopling otomatis,karena gigi transmisinya terhubung langsung dengan komponen kopling tersebut,diantaranya rumah kopling,kampas gesek/kampas kopling dan plat koplingnya.Ketika motor terasa bergetar saat koplingnya dilepas,saya sarankan periksa parts-parts tersebut berikut ini.

Bongkar kopling megaPro (m_aris)

RUMAH KOPLING

Untuk tipe rumah kopling motor manual, rumah koplingnya tidak di lengkapi dengan rumah kampas sentrifugal,hanya dilengkapi dengan kampas multi plat saja,tetapi untuk bentuknya semua jenis rumah kopling tersebut sama,hanya ada sedikit perbedaan dari damper/ peredam getarnya saja,ada yang menggunakan karet dan ada juga yang menggunakan pegas/per,dan ada juga yang di pasang ke dua-duanya,damper tersebut di pasang di dalam rumah kopling secara paten menggunakan paku keling.

Untuk mengganti karet kopling tersebut tentunya kita harus menyerahkannya ke bengkel motor yang sudah pengalaman dan ahli,karena untuk memasang karet tersebut tidak mudah,salah sedikit saja cara membukanya bisa-bisa rumah koplingnya menjadi pecah dan harus menggantinya dengan yang baru,lumayan mahal kan harganya sekitar 700ribuan,jadi mendingan langsung kita bawa ke bengkel saja,biar mereka yang mengatasinya.

Kampas kopling merupakan komponen yang paling utama yang fungsinya paling dominan untuk mengkopel transmisi dengan cara buka tutup antara kampas gesek dengan plat koplingnya,parts ini juga sangat berpengaruh dengan adanya getaran yang terjadi saat motor mau jalan atau saat koplingnya dibuka,akibat kondisi kampas geseknya yang sudah aus dan juga ketika kita tarik handel koplingnya motor nyelonong terus tidak mau pre ,untuk mengatasinya parts ini pun harus di ganti dengan yang baru.

Untuk mengatasi semuanya serahkan sama bengkel yang sudah ahli dan berpengalaman.
Harga karet damper/karet kopling sekitar 25ribuan,harga kampas geseknya 100ribuan biaya bongkar pasangnya 65ribuan itu belum termasuk ganti oli dan paking koplingnya.

PLAT KOPLING

Untuk parts ini biasa nya yang sering saya tangani masalah kopling atau setiap mengganti kampas kopling tidak harus di ganti,tapi kalau memang mau sekalian di ganti juga boleh dan harganya lumayan mahal juga sekitar 40ribuan/1 pcs.
Untuk hasil yang maksimal ada baiknya di ganti semuanya yang berhubungan dengan kopling tersebut.
sekian,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger