Motor yang masih menggunakan kopling manual kebanyakan jenis motor batangan atau motor sport,baik dari varian honda,yamaha,suzuki maupun kawasaki.
Cara kerja kopling manual yaitu dengan sebuah tuas yang di pasang di area bak kopling dan di kendalikan melalui handel koplingnya yang dipasang di stang kemudi sebelah kiri dengan di tarik dan di lepasnya oleh si pengemudi motor tersebut.Motor yang menggunakan kopling manual tenaganya memang lebih responsif jika di bandingkan dengan motor yang menggunakan kopling otomatis,karena gigi transmisinya terhubung langsung dengan komponen kopling tersebut,diantaranya rumah kopling,kampas gesek/kampas kopling dan plat koplingnya.Ketika motor terasa bergetar saat koplingnya dilepas,saya sarankan periksa parts-parts tersebut berikut ini.
Bongkar kopling megaPro (m_aris) |
RUMAH KOPLING
Untuk tipe rumah kopling motor manual, rumah koplingnya tidak di lengkapi dengan rumah kampas sentrifugal,hanya dilengkapi dengan kampas multi plat saja,tetapi untuk bentuknya semua jenis rumah kopling tersebut sama,hanya ada sedikit perbedaan dari damper/ peredam getarnya saja,ada yang menggunakan karet dan ada juga yang menggunakan pegas/per,dan ada juga yang di pasang ke dua-duanya,damper tersebut di pasang di dalam rumah kopling secara paten menggunakan paku keling.
Untuk mengganti karet kopling tersebut tentunya kita harus menyerahkannya ke bengkel motor yang sudah pengalaman dan ahli,karena untuk memasang karet tersebut tidak mudah,salah sedikit saja cara membukanya bisa-bisa rumah koplingnya menjadi pecah dan harus menggantinya dengan yang baru,lumayan mahal kan harganya sekitar 700ribuan,jadi mendingan langsung kita bawa ke bengkel saja,biar mereka yang mengatasinya.
Kampas kopling merupakan komponen yang paling utama yang fungsinya paling dominan untuk mengkopel transmisi dengan cara buka tutup antara kampas gesek dengan plat koplingnya,parts ini juga sangat berpengaruh dengan adanya getaran yang terjadi saat motor mau jalan atau saat koplingnya dibuka,akibat kondisi kampas geseknya yang sudah aus dan juga ketika kita tarik handel koplingnya motor nyelonong terus tidak mau pre ,untuk mengatasinya parts ini pun harus di ganti dengan yang baru.
Untuk mengatasi semuanya serahkan sama bengkel yang sudah ahli dan berpengalaman.
Harga karet damper/karet kopling sekitar 25ribuan,harga kampas geseknya 100ribuan biaya bongkar pasangnya 65ribuan itu belum termasuk ganti oli dan paking koplingnya.
PLAT KOPLING
Untuk parts ini biasa nya yang sering saya tangani masalah kopling atau setiap mengganti kampas kopling tidak harus di ganti,tapi kalau memang mau sekalian di ganti juga boleh dan harganya lumayan mahal juga sekitar 40ribuan/1 pcs.
Untuk hasil yang maksimal ada baiknya di ganti semuanya yang berhubungan dengan kopling tersebut.
sekian,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. terimakasih.