Langsung ke konten utama

2 Penyebab Yamaha NMAX 155 Bunyi Klotok-Klotok

Bunyi klotok - klotok yang timbul pada motor yamaha NMAX dan yamaha Aerox 155 di sebabkan dari komponen silinder head nya yang aus dan kendor,sebaiknya segera periksa komponen tersebut.

Tensioner rantai keteng yamaha NMAX terbaru 2PV-E2210-00 (m_aris)

1. Setelan Platuk Klep Renggang.

Celah platuk (Rocker Arm) klep yang renggang dapat menyebabkan terjadinya suara berisik dan berbunyi klotok-klotok,selain itu tenaga motor menjadi kurang maksimal dan mesin cepat panas,solusi segera setel ulang celah klep tersebut sesuai standar bawaan pabrikan.Untuk kerenggangan celah klep yamaha NMAX dan AEOROX 155 yaitu Klep IN 0,10mm dan Klep EX 0,15mm ,Celah klep renggang yang paling mempengaruhi dan menyebabkan suara kasar dan terjadinya bunyi klotok-klotok yaitu pada celah klep EX yang mengatur pengeluaran gas buang posisinya pas sejajar dengan knalpot namun celah klep IN yang longgar juga turut mempengaruhi bunyi klotok-klotok .Bunyi klotok-klotok pada motor yamaha Nmax tidak hanya dari celah klep nya saja yang renggang tapi bunyi tersebut juga di sebabkan komponen yang lain.

2. Tensioner Rantai Keteng.

Tensioner berfungsi mengatur ketegangan Rantai keteng/sentrik ,cara kerjanya menekan rel rantai keteng yang bagian atas secara otomatis setiap saat rantai keteng tersebut mulai kendor sampai batas maksimal tuas Tensioner tersebut,ketika rantai keteng kendor dan Tensionernya tidak menekan lagi ,maka Tensioner tersebut sudah rusak,solusi segera ganti Tensionernya dengan yang baru.Untuk masalah tersebut bisa di atasi dan tidak perlu khawatir motor bakalan turun mesin karena bisa di atasi dengan hanya mengganti tensioner dan melakukan penyetelan klep nya sesuai standar kerenggangan celah platuk klepnya. Permasalahan tensioner keteng cepat kendur ini umumnya ditemui bukan hanya pada Yamaha NMAX dan Aerox155 saja tapi dari jenis motor yang lain pun pernah di temui di bengkel kami,untuk Yamaha NMAX dan Aerox 155 menggunakan komponen yang sama. Untuk Tensionernya bisa diganti dengan tensioner bawaan pabrik atau standar bawaan motornya,namun bisa juga memakai tensioner keteng selain untuk nmax dan Aerox yang di jamin bisa lebih awet dari bawaan atau versi standarnya.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada katalog suku cadang Yamaha yang awalnya tensioner pakai komponen berkode 2ND-E2210-00 di generasi awal, sekarang diganti jadi 2PV-E2210-00 di Yamaha Aerox155 dan Yamaha NMAX terbaru. Pengguna bisa pakai tensioner keteng buatan impor atau lokal,Pastinya pilihan itu semua pakai komponen asli Yamaha namun mengadopsi tipe lain. Tersedia tensioner keteng Yamaha Jupiter Z1 Thailand berkode 2SU-E2210-00. Untuk komponen produk lokal pengguna bisa juga memakai milik Yamaha Mio M3 ,Untuk masalah harga nya bervariasi tergantung toko spareparts yang menyediakannya dan semua itu kembali sama si pemiliknya sesuai bajet mereka masing-masing. Kalau cara pemasangannya dijamin tetap PNP (plug and play) tanpa ubahan meski pakai komponen Yamaha tipe lain.

Demikian posting 2 Penyebab Yamaha NMAX 155 Bunyi Klotok-Klotok

Terimakasih,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger