Langsung ke konten utama

Kenali Tanda Kedipan Pada Indikator Lampu MIL

Kedipan pada indikator lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) merupakan sebuah indikasi atau tanda-tanda kerusakan atau adanya komponen yang bekerja tidak normal pada sistem motor injeksi yang di teruskan melalui sensor yang terpasang pada sistem tersebut.

Ilustrasi Malfunction Indicator Lamp (MIL) : wikipedia.org

Ketika mesin motor di hidupkan semua sensor yang di pasang pada mesin motor injeksi akan bekerja secara bersamaan dan masing-masing sensor mengirimkan data yang berbeda-beda tergantung di mana sensor-sensor tersebut di pasangkan,dan semua sensor di control melalui ECU (Electronic Control Unit),ketika data tersebut tidak sesuai dengan sistem FGM FI,maka dengan secara otomatis control unit tersebut akan memberikan sinyal kode error pada sitemnya dan kinerja mesin pun akan menjadi tidak normal,agar kodenya dapat di ketahui dengan mudah maka kode tersebut menggunakan kode kedipan melalui indikator lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Dengan adanya tanda kedipan pada indikator lampu MIL,maka kedipan tersebut adalah sebuah kode yang mengindikasikan dari salah satu sensor yang error,dan ini terjadi karena komponennya sudah minta ganti atau error tersebut terjadi karena arus pendek/konsleting atau adanya sistem elektriknya yang kurang conect.

Untuk mengetahui kode error tersebut sebaiknya diperhatikan dengan cermat kedipan lampu indikatornya atau MIL (Malfunction Indicator Lamp) Karena kedipan-kedipan tersebut akan di jumlahkan menjadi nilai angka keseseluruhan dan kedipan tersebut ada yang lambat dengan nilai "10" dan yang cepat berkedipnya dengan nilai angka "1" contohnya lima kali kedipan lambat dan dua kali kedipan cepat maka nilai angkanya adalah "52" untuk mengetahui kodenya silahkan simak postingan berikutnya.
Dan semua motor injeksi sudah di lengkapi dengan indikator MIL yang di pasang di speedometer untuk memberi tahu penggunanya bahwa motor tersebut sedang mengalami error.

Ok kita lanjutkan,motor injeksi yang sering mati tersebut bisa disebabkan dari switch standnya yang longgar dan ketika mengalami guncangan saat motor ditumpangi switch tersebut menjadi off dan mesin otomatis langsung mati,dan hal ini pun bisa di sebabkan karena businya yang sudah lemah ketika di hidupkan dalam pposisi tidak di tumpang hidup normal-nirmal saja,namun ketika di tumpangi motor menjadi sering mati.

Sebelum mengganti komponen tersebut sebaiknya di periksa secara cermat seperti yang telah saya utaikan di atas,karena untuk semua keluhan dan masalah motor injeksi berbeda dengan masalah motor manual/karburator,seperti motor honda beat eSP yang di tangani mekanik bengkelkampoeng,motor injeksi sering mati tersebut penyebabnya hanya karena oli mesinnya yang sudah lama tidak di gantinya,dan hal ini memang terjadi karena sebelumnya memeriksa lampu MIL nya dan berkedip 7 kali dengan kedipan yang cepat,dan di temukan kode tersebut ternyata dari sensor EOT (Engine Oil Temperature) dan ini indikasinya oli mesinnya sudah minta ganti,dan setelah di ganti olinya motor tersebut kembali normal.

Demikian posting Kenali Tanda Kedipan Pada Indikator Lampu MIL semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger