Langsung ke konten utama

Motor Matic Tidak Bisa Di Starter?Ini Solusinya

Ilustrasi Switch rem depan : honda cengkareng

Assalamualaikum wr.wb.

Bengkelkampoeng - Motor metik tidak bisa di stater padahal akinya baru di ganti,mungkin itu yang menjadi pertanyaan anda,karena motor metik jika harus menghidupkan mesinnya menggunakan selahan pastinya  repot juga,betul kan he...

Untuk menghidupkan stater motor metik ada beberapa langkah yang mesti di lalui oleh arus listrik 12 volt Dc hingga arusnya bisa sampai pada dinamo stater dan langsung bisa di hidupkan staternya,ketika saat tombol staternya di tekan dan tuas remnya ditarik maka staternya langsung hidup hal ini jika dalam keadaan normal,namun ketika semua sudah di lakukan seperti biasanya tetapi stater tidak mau hidup juga,sebaiknya simak tips berikut ini.

1.Switch Rem Depan/Belakang.

Switch rem depan/belakang motor metik salah satu sakelar yang menjadi pemutus arus yang menuju tombol stater motor metik dengan sistem on/off,jika tuas remnya di tarik maka menjadi ON dan jika di lepas otomatis menjadi OFF dan arus listrik tidak akan sampai pada tombol sekaligus pada dinamo stater dan otomatis stater tidak akan hidup,jika di tarik tuas remnya masih tetap tidak mau hidup juga atau terdengar bunyi cek cek cek itu tandanya arus dari switch remnya kurang stabil,solusinya ganti switch rem depan /belakangnya dengan yang baru.

2.Switch Starter.

Untuk Switch starter motor metik biasanya di letakan tidak jauh dari letak box akinya,switch starter adalah sakelar elektrik dengan sistem on/off yang di kontrol dengan magnetik/magnet elektrik yang berfungsi menghubungkan arus listrik yang ditampung di aki menuju ke dinamo starternya yang di kontrol dari tombol staternya,jika tombol staternya posisi ON maka switch staternya pun menjad ON begitupun sebaliknya,stater tidak bisa hidup bisa juga di sebabkan karena komponen ini,untuk mengetahui kondisi switch starter bagus tidaknya dengan cara yang sangat mudah cukup di dengarkan saja,jika tidak terdengar bunyi apa-apa maka switchnya sudah tidak berfungsi dan perlu di ganti baru,namun jika di dengarkan dan berbunyi tek tek tek namun staternya tidak mau hidup juga ada satu lagi yang mesti di periksa,jangan lupa kontaknya mesti dalam keadaan posisi ON ya he....

Ilustrasi switch starter : Honda cengkareng

3.CoolStarter.

Coolstarter di pasangkan di dalam dinamonya sebagai karbon brush menghubungkan arus pada kumparan angker dinamonya,jika karbon nya sudah tipis dan tidak menapak dengan kumparan angkernya maka dinamo tersebut tidak akan hidup ,solusinya ganti coolstarternya dengan yang baru.starterpun akan kembali normal seperti sedia kala.

Terimakasih, demikian postingan Motor Matic Tidak Bisa Di Starter?Ini Solusinya,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger