Langsung ke konten utama

Cara Mengganti Rantai Keteng Motor Matic Tanpa Bongkar Mesin

Rantai keteng motor matic yang sudah aus dan kendor selain terdengar berisik juga mengurangi performa mesin itu sendiri,jika terus di biarkan kendor rantai keteng/sintrik tersebut akan loncat dari girnya karena sudah tidak ngeplak dengan mata girnya dan jika ini terjadi akan berakibat fatal yang berdampak pada kerusakan komponen lainnya apa lagi keadannya ketika mesinnya sedang di hidupkan dan sedang di pakai jalan lantas Rantai ketengnya lepas maka klepnya akan bengkok, selain itu tidak menutup kemungkinan sehernya pun akan bolong karena terbentur klepnya dan parahnya lagi jika hal ini terjadi maka biaya yang harus di keluarkan pastinya tidak sedikit bila di bandingkan dengan hanya mengganti rantai keteng/sintriknya saja,namun kita berharap semoga jangan sampai terjadi hal yang seperti itu amiin..dan tentunya semua itu tidak akan terjadi jika kita segera mengantisipasinya dengan segera melakukan tindakan dengan Mengganti Rantai ketengnya.

Ilustrasi blok cvt fino 125 Foto : bengkelkampoeng

Untuk mengganti rantai keteng yamaha mio J tidak sesulit yang di bayangkan dan tidak perlu repot-repot mesti membongkar mesin secara keseluruhan tidak seperti motor metik lainnya,mengganti rantai keteng yamaha mio j lebih simpel dan praktis,ayo langsung saja kita kerjakan sama-sama dan di sini bengkelkampoengyang akan memandu kalian cara membukanya dan memasangnya.

langsung saja pertama kita siapkan dulu kunci yang diperlukan dan tak lupa rantai ketengnya yang baru,pertama kita mesti mumbuka blok cvt terlebih dahulu dengan menggunakan kunci 10 dan 8 "T" kemudian lepaskan dan buka juga pulley depannya menggunakan kunci sok 17mm,setelah di kendorkan bautnya kemudian lepaskan pulleynya nah..disana ada penutup gir dinamo starter,lalu kita buka menggunakan kunci 8 "T" setelah itu kelihatan deh rantai ketengnya,nah untuk membuka bagian bawah sudah selesai,kemudian kita lanjutkan dengan membuka bagian atasnya atau depannya.

Untuk membuka bagian depannya kita mesti membuka bagasinya dulu sekaligus dengan membuka joknya dengan menggunakan kunci 10"T" dan untuk kabel akinya juga di lepaskan supaya nantinya bisa terlepas semuanya, kenapa kita mesti membuka joknya ?karena nantinya kita akan membuka setelan rantai ketengnya atau tonjokan tensioner rantai ketengnya,setelah bagian itu selesai tinggal kita lanjutkan dengan membuka silinder copnya menggunakan baut 10 dan tentunya untuk membukanya kita mesti menggunakan kunci sok 10mm,setelah terlepas silinder kopnya di sana sudah kelihatan rantai ketengnya dan kita buka gir rantai ketengnya menggunakan kunci 12 sok.Untuk membukanya supaya tidak ikut memutar maka ditahan kruk asnya yang belakang dengan memasukan dulu kipas pulleynya dan di tahan menggunakan treker pembuka pulley,setelah bautnya kendor tinggal kita lepaskan gir dan rantai ketengnya sekalian,nah untuk cara membukanya sudah selesai.

Kita lanjutkan saja,nah setelah di bersihkan semuanya lanjut kita pasangkan rantai ketengnya yang baru dengan cara yang sama seperti kita membukannya ,namun yang mesti di perhatikan cara pengetopannya mesti pas dengan tanda top dan posisi pistonnya berada di TMA (Titik Mati Atas) karena jika tidak pas dengan topnya motor tidak akan hidup dengan normal bahkan tidak akan hidup sama sekali,setelah semuanya selesai di pasangkan dengan rapi kemudian kita tes hidupkan,dan suara mesin pun kembali normal seperti semula,mudah kan.

Terimakasih.

Demikian postingan Cara Mengganti Rantai Keteng Motor Matic Tanpa Bongkar Mesin Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger