Langsung ke konten utama

Atasi Busi Motor Cepat Hitam Dan Kotor

Busi cepat hitam dan kotor bahkan sampai mengerak disebabkan dari beberapa faktor yang mempengaruhinya bisa disebabkan dari kondisi luar mesin bisa juga pengaruh dari dalam mesinnya yang sudah mengalami aus dan rusak,untuk kondisi yang berpengaruh dari luar mesin bisa segera di atasinya tanpa harus membongkar mesinnya diantaranya :

Ilustrasi busi kotor : bengkelkampoeng
  • Kondisi Campuran Udara Kotor
  • Bahan Bakar Kurang Lancar
  • Setelan Klep Terlalu Rapat

Sementara yang mempengaruhi dari dalam mesinnya yaitu :

  • Kondisi Ring Seher Aus
  • Payung Klep Tipis
  • Seal Klep Bocor
Ilustrasi klep bengkok : bengkelkampoeng

Dengan kondisi tersebut di atas maka busi menjadi cepat hitam dan mati bahkan tidak menutup kemungkinan bukan hanya busi saja yang cepat hitam dan mati tetapi dapat berpengaruh juga terhadap komponen pengapian terutama pada coil yang paling bersentuhan langsung dengan dengan busi,coil bisa cepat lemah hingga suplay pengapiannya kurang optimal ,jika tidak segera di tangani akan bertambah parah yang berakibat motornya pun tidak bisa hidup sama sekali.

Ilustrasi busi hitam : bengkelkampoeng

Nah Untuk mengatasi masalah yang mempengaruhinya dari luar mesin maka cara yang paling efektif yaitu dengan membersihkan dan mengatur ulang setelannya kembali ke patokan standar mesin,Berikut cara membersihkannya dengan melakukan servis Ringan.

Membersihkan Saringan Udara (Air Filter)

Saringan udara berfungsi menyaring udara bercampur debu yang masuk kedalam mesin sebagai campuran bahan bakar atau bensin ketika udara yang kotor masuk ke dalam mesin secara otomatis debu tersebut menempel di saringan tersebut sehingga lama - kelamaan debu dan kotoran tersebut menumpuk pada saringan udara tersebut dengan demikian udara yang masuk menjadi terhambat dan tidak maksimal sehingga menimbulkan kerak hitam pada busi karena ketika melalui tahap proses pembakaran bahan bakar atau bensin tidak terbakar secara sempurna karena perbandingan udar dan bensinnya tidak sesuai,dengan demikian maka untuk mengatasinya bersihkan saringan udara tersebut dan jika kondisinya tidak layak maka segera ganti saringan udaranya dengan yang baru.

Bahan bakar kurang lancar

Bahan bakar atau bensin yang kurang lancar menjadi penyebab busi cepat hitam, sebenarnya kurang lancar tersebut karena bensinnya bercampur dengan kotoran yang mengendap didalam tangki maupun karburator sehingga ketika mesin di hidupkan tidak berjalan dengan normal,Nah untuk mengatasinya segera bersihkan karburatornya sekaligus dengan menguras tangki bensinnya.

Setelan klep terlalu rapat

Dalam menyetel atau mengatur ulang kerenggangan celah klep harus sesuai dengan standar bawaan mesinnya sehingga tenaga mesin bisa lebih optimal,kondisi busi cepat hitam dan kotor salah satunya di pengaruhi dari setelan celah klepnya yang terlalu rapat,untuk mengetahui setelan celah klep standar mesin silahkan baca disini.

Dengan mengatur ulang setelan celah klep kembali sesuai standar bawaan motor maka penyebab busi cepat hitam dan kotor segera bisa di atasinya.

Untuk mengatasi masalah busi cepat hitam dan kotor yang mempengaruhinya dari dalam mesin maka caranya mesti dengan membuka silinder headnya sebagaimana yang sudah saya sebutkan di atas yang berpengaruh dari dalam mesin yaitu dari ring seher,klep dan seal klep.Nah mari kita selesaikan cara mengatasinya sebagai berikut :

Kondisi Ring Seher Aus

Kondisi Ring seher yang sudah aus dapat menyebabkan busi cepat hitam dan kotor selain itu ring seher yang aus juga dapat menyebabkan oli mesin masuk keruang bakar sehingga bukan hanya busi yang cepat hitam dan kotor tetapi motor bisa ngebul keluar asap dari knalpotnya.Nah untuk mengetahui lebih jelasnya kalian bisa mengecek langsung pada knalpotnya.

Payung Klep Tipis

Payung klep yang sudah tipis juga sangat berpengaruh pada kondisi busi dimana antara klep dan dudukannya tidak bisa presisi sehingga ada celah walaupun sudah di setel kerenggan celah klepnya tapi tidak berpengaruh terhadap lubang celah payung klepnya dan ada nya kerak yang menggajal pada payung klep tersebut sehingga bukan hanya busi saja yang cepat hitam tetapi motor pun menjadi ngempos karena kebocoran kompresi,solusi buat klep yang payungnya sudah tipis maka segera ganti klep tersebut dengan yang baru dan melakukan sekir ulang pada klep tersebut.

Seal Klep Bocor

Seal klep yang bocor atau rembes berpengaruh pada kondisi busi yang cepat hitam dan kotor karena dari rembesan seal klep tersebut oli mesin dapat masuk ke ruang bakar sehingga busi yang semestinya hanya membakar campuran udara dan bensin maka setelah seal klepnya bocor busi sekaligus membakar dengan oli mesin sehingga menimbulkan kerak berlebih yang akhirnya busi menjadi hitam dan kotor.Untuk mengatasinya hanya dengan cara mengganti seal klepnya dengan yang baru.

Nah dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab-penyebabnya baik dari luar mesin maupun dari dalam mesin maka kita dapat menyimpulkan bahwa penyebab busi cepat hitam dan kotor tersebut bukan hanya dari pengaruh dari faktor luar mesin saja tetapi kondisi busi cepat hitam tersebut dipengaruhi juga dari faktor dalam mesinnya yang bermasalah.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas sekaligus dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya maka masalah yang terjadi bisa di atasinya.

Terimakasih.
Demikian posting Atasi Busi Motor Cepat Hitam Dan Kotor,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger