Langsung ke konten utama

Penyebab Utama Kompresi Motor Ngempos Berikut Cara Mengatasinya

Kompresi Motor ngempos disebabkan dari komponen utama yang mengatur keluar masuk bahan bakar dan gas buang yaitu klep,klep adalah sebuah katup berfungsi dan bekerja mengatur keluar masuk bahan bakar dan gas buang dengan cara membuka dan menutup secara mekanis yang di gerakan melalui prangkat mekanis yang ada di silinder head,kondisi klep yang bermasalah dapat menyebabkan suplay bahan bakar dan campuran udara yang masuk keruang bakar tidak optimal sehingga ketika mulai tahap proses kompresi di ruang silinder,bahan bakar dan udara tidak dapat dikompresi secara maksimal karena adanya kebocoran yang disebabkan klepnya bermasalah,klep merupakan salah satu komponen utama didalam silinder head setelah piston dan ring pistonnya yang juga merupakn komponen paling utama yang berfungsi dan bekerja mengatur kompresi didalamesin tersebut.

Ilustrasi ganti klep grand : bengkelkampoeng

Masalah yang terjadi pada klep sehingga menyebabkan kompresi mesin menjadi ngempos yaitu

  • Klep Bengkok
  • Payung Klep Tipis
  • Kerak Mengganjal Pada Klep

Semua itu merupakan indikasi Kompresi motor menjadi ngempos,jika salah satu dari ketiga poin tersebut terjadi maka dapat dipastikan kompresi motor menjadi ngempos,untuk mengetahui kondisi motor yang ngempos sangat mudah yaitu dengan cara mengengkol motornya dan terasa enteng banget.Nah untuk mengatasinya dengan cara mengetahuinya terlebih dahulu kondisi klep tersebut,untuk lebih jelasnya kita kupas satu persatu.

Klep Bengkok

Terjadinya Klep bengkok disebabkan dari komponen lainnya yang bermasalah dan klep bengkok juga hanya sebuah dampak dari komponen tersebut diantaranya kompresi terlalu tinggi,rantai keteng lepas,dan menabrak piston sehingga klep lah yang menjadi dampaknya,untuk mengatasi klep bengkok tentunya dengan mengganti denga klep yang baru.

Payung Klep Tipis

Payung klep yang tipis juga mengakibatkan kompresi menjadi ngempos karena dengan kondisi payung klep yang sudah tipis antara klep sama setting klepnya tidak bisa menapak secara presisi sehingga menimbulkan celah ,dan dari celah ini lah kompresirnjadi bocor akibatnya kompresi menjadi ngempos,untuk mengatasinya hanya dengan mengganti klepnya dengan yang baru sekaligus melakukan sekit ulang.

Kerak Mengganjal Pada Klep

Kerak Karbon bekas pembakaran yang menumpuk di ruang bakar menyebabkan motor menjadi sulit untuk dihidupkan selain itu dengan adanya kerak yang menumpuk diruang bakar menyebabkan klep menjadi terganjal sehingga kompresi menjadi ngempos dan motor tidak bisa hidup karene kompresinya yang ngempos ,untuk mengatasinya dengan cara membersihkan kerak-kerak sisa pembakaran tersebut tentunya dengan membukan terlebih dahulu silinder headnya.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas maka masalah kompresi ngempos dapat segera di atasinya ,Terimakasih.
Demikian posting Penyebab Utama Kompresi Motor Ngempos Berikut Cara Mengatasinya,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger