Langsung ke konten utama

Mesin Ninja 150R/RR Bunyi Kasar Dan Ngelitik,Begini Cara mengtasinya

Mesin Ninja 150R/RR Bunyi kasar dan ngelitik memang menjadi mimik yang meresahkan bagi sebagian pengguna baru katakanlah baru mengenal motor 2tak namun bagi yang sudah mengenal lebih jauh tentang karakter mesin 2tak khususnya motor ninja R/RR lebih cenderung cari solusi dan antisipasi yang bisa dilakukan sendiri,bukan berarti harus mengabaikannya tetap mesti segera di atasinya apa lagi motor tersebut ketika sedang diajak menempuh perjalanan jauh atau ketika mesinnya sudah panas,saat mesinnya masih dingin suaranya adem-adem saja namun setelah mesinnya mulai panas terdengar suara ngelitik dan kasar.

ninja 150ss
Ilustrasi ninja 150ss setelah di servis : m_aris

Suara kasar dan ngelitik ketika mesin panas terjadi akibat pemuaian blok sehernya atau silinder headnya sudah tidak mampu meredam panas mesin tersebut dan terjadilah pemuaian dini sehingga mesin menjadi kasar dan ngelitik karena kondisi piston dan ring pistonnya menjadi longgar,ketika piston sudah longgar maka ring piston harus menyesuaikan dengan menjangkau dinding linernya yang celahnya melebar sehingga menimbulkan suara kasar dan ngelitik.

Silinder head Ninja 150 ss
Silinder head yang kotor mempengaruhi panas mesin : m_aris

Untuk mengatasi mesin yang kasar dan ngelitik tipsnya sangat sederhana yaitu dengan menambah suplay oli sampingnya dan mengganti air radiatornya dengan yang baru itu pun jika kondisinya sedang dalam keadaan darurat atau sedang di perjalanan,karena terjadinya panas mesin yang berlebih juga di sebabkan air radiatornya yang sudah tidak dapat mendinginkan panas mesin secara maksimal sehingga mesin menjadi cepat panas dan efeknya silinder head lebih cepat memuai.
Sementara untuk hasil yang lebih maksimal yaitu dengan cara membuka silinder headnya dan membersihkan semua kotoran dan kerak yang menempel di area silinder head atau blok seher beserta lubang port-portnya, dengan cara membersihkan silinder headnya dan membersihkan semua jalur atau lubang pendingin maka suara yang kasar dan ngelitik dipastikan akan hilang,kemudian cara berikutnya yaitu dengan memeriksa suplay oli samping sebagai lubrikasi mesin 2tak ,untuk ninja R/RR sistem lubrikasinya atau oli sampingnya masuk langsung kedalam crankcasenya melalui selang dari pompa oli sampingnya maka caranya dengan menambah suplay oli sampingnya dengan menyetel ulang ke tingkat yang lebih besar yaitu mengubah setelan bautnya lebih dinaikan.

Nah dengan cara-cara tersebut di atas mesin nunja R/RR yang kasar dan ngelitik kembali adem ayem dan dengan cara ini selain lebih efektif juga dapat menekan biaya yang lebih hemat karena tanpa harus menggati piston dan ring pistonnya,dan cara ini sudah saya terapkan pada motor ninja RR dengan hasil memuaskan.

Terimakasih.
Demikian posting Mesin Ninja 150R/RR Bunyi Kasar Dan Ngelitik,Begini Cara mengtasinya ,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger