Langsung ke konten utama

Nih Efeknya,Blayer-Blayer Buka Gas Tinggi Saat Memanaskan Mesin

Hindari Saat memanaskan mesin dengan di tarik tarik gas tinggi atau di blayer-blayer sampai gasnya mentok karena dengan kondisi mesin yang masih dingin dan oli mesinnya belum maksimal melumasi semua komponen terutama pada silinder head membuat komponen mesin tidak tahan dan efeknya komponen sekaligus rusak atau jebol karena seolah dipaksa langsung pada putaran tinggi seperti yang terjadi pada motor honda glpro yang datang kebengkel kami dengan kondisi mesinnya yang mati karena tidak ada kompresi sama sekali."setelah motor dicuci kemudian saya hidupkan dan langsung saya geber gasnya tiba-tiba mati kemudian saya coba hidupkan kembali tapi tidak ada kompresi sama sekali" ujarnya bercerita pada bengkelkampoeng.

Ilustrasi klep bengkok : bengkelkampoeng

Komponen mesin rusak sekaligus atau jebol karena tidak tahan ketika tiba-tiba harus bekerja dengan kecepatan tinggi sementara pelumasnya belum sepenuhnya melumasi komponen tersebut akibatnya mesin langsung mati karena tidak ada kompresi sama sekali.Nah untuk mengetahui komponen apa saja yang jebol kita mesti membongkar mesinnya dulu,awalnya saya mengira tidak ada kompresi tersebut disebabkan rantai ketengnya yang lepas tetapi setelah saya lihat dari tutup gir rantai ketengnya tidak nampak ada yang kendor apalagi sampai lepas,Rantai keteng yang lepas juga mengakibatkan tidak adanya kompresi pada mesin karena dengan terlepasnya rantai keteng tersebut hanya bagian pistonnya saja yang bekerja sementara komponen mekanis yang ada di silinder headnya tidak bekerja dan berfungsi sebagai pengatur keluar masuk bbm sekaligus menahan kompresi ,lalu saya berinisiatif bahwa yang menyebabkan tidak ada kompresi tersebut dari klepnya yang bengkok atau sehernya yang bolong,dengan yakin bahwa yang menyebabkannya dari dalam mesinnya akhirnya saya langsung membongkar mesinnya.

Dengan membongkar mesinnya sudah dapat dipastikan komponen apa saja yang jebol akibat mesinnya di bleyer-bleyer tersebut.setelah selesai membuka dengan cara menurunkan mesinnnya terlebih dahulu namoak kelihatan komponen yang jebol tersebut.Nah inilah yang menjadi tidak adanya kompresi tersebut,klepnya lepas dan bengkok seperti pada gambar di atas bahwa yang menjadi penyebabnya dari Klepnya.

Dengan demikian sebaiknya ketika memanaskan mesin biarkan dulu sejenak dengan keadaan stationer atau langsam selama beberapa saat supaya sistem pelumasnya bekerja dengan optimal,jika tidak maka Nih Efeknya,Blayer-Blayer Buka Gas Tinggi Saat Memanaskan Mesin Klepnya yang menjadi korban,Masih untung hanya klepnya yang jebol coba kalau yang jebolnya semua bisa-bisa nangis nih kantong he....

Terimakasih Demukian posting kali ini ,semiga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger