Langsung ke konten utama

Cara Merawat Mesin Motor Matic Dengan Baik

Merawat sepada motor merupakan sebuah keharusan bagi para pemiliknya agar kondisi mesinnya tetap prima dan stabil juga dapat mencegah dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti motor mendadak mati atau mogok ketika sedang melakukan perjalanan baik berangkat kerja maupun sedang pergi belanja,motor apapun yang anda miliki baik motor metik maupun motor lainnya semua itu tentunya mesti dirawat dengan baik.

Ilustrasi All New Honda Beat : Astra-honda.com

Motor metik atau skutik pada awalnya di konsep buat kaum hawa dengan tampilan dan desain mesinya yang simpel tanpa menggunakan transmisi jadi lebih mudah dan praktis ketika digunakan pergi belanja atau pun pergi ke kantor berbeda dengan motor yang menggunakan transmisi dan kopling manual harus injak sana sini,motor metik hanya tinggal tarik gas langsung jalan.Kenyataannya motor metik atau skutik banyak diminati semakin hari semakin banyak dan kian mendominasi di tanah air tercinta ini bukan hanya di senangi kaum hawa namun motor metik di gunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari oleh kaum adam,untuk datanya silahkan cari sendiri he...

Merawat mesin motor metik atau skutik mesti lebih ekstra jika di bandingkan dengan merawat motor lainnya sebab mesin motor metik hanya mengandalkan komponen kopling sentrifugal yang bekerja lebih ekstra di bandingkan dengan mesin motor yang menggunakan transmisi.

Berikut Tips Dan Cara Merawat Dengan Baik

Servis/Tuneup Dan Ganti Oli

Servis/tuneup secara berkala sekaligus dengan mengganti oli mesin dan oli gearnya yang sesuai rekomendasi pabrikan atau yang sesuai dengan formula yang dibutuhkan mesin motor metik tersebut, kapan pun dan dimana pun melakukan servisnya tentu harus di kerjakan dengan mekanik yang ahli dan berpengalaman,baik di bengkel ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) maupun di bengkel umum seperti bengkelkampoeng.

Ilustrasi ganti oli mesin - wikipedia.org

Batas penggatian oli mesin motor metik "untuk batas standarnya tiap 2000 km/dua bulan,mana saja yang lebih mendahului,jika jarang di gunakan alangkah baiknya penggantian oli mesin dua bulan kendati jarak kilometer belum mencapai 2000km,batas standar 2000 kilometer/dua bulan itu untuk motor metik karburator sedangkan untuk motor metik injeksi bisa dua kali lipatnya yaitu 4000km/empat bulan,namun alangkah baiknya ganti oli mesin tersebut sebelum mencapai batas standar jarak tempuh guna menjaga stabilitas mesin lebih awet dan tetap prima,lebih cepat lebih bagus he..
Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas kondisi mesin motor matik senantiasa terjaga dan lebih awet sekaligus membuat nyaman sipengendara itu sendiri.

Membuka Dan Membersihkan Blok CVT

Kopling Sentrifugal merupakan komponen utama di samping komponen-komponen pendukung lainnya yang tak kalah penting pada motor metik yang berada di dalam blok CVT,CVT merupakan perangkat otomatis pada motor metik bekerja dan berfungsi menyalurkan tenaga mesin menuju roda belakangnya melalui komponen utama yang di atur secara mekanis di dalam blok Cvt yaitu puli depan dan puli belakang berikut dengan v-belt,Untuk menjaga komponen tersebut supaya tetap bekerja dan berfungsi dengan maksimal salah satunya dengan cara merawat kondisi komponennya yaitu dengan melakukan pemeriksaan dan membersihkan CVT tersebut secara berkala.
Untuk melakukannya bisa di kerjakan secara mandiri atau dengan membuka sendiri di rumah dengan mengikuti tutorial di bawah ini caranya sebagai berikut.

Persiapkan alat-alat dan kunci yang di perlukan
Kunci "T"8mm
Kunci"sok"19;22mm dan
Palu karet

Pertama buka baut-baut pengikat blok Cvtnya menggunakan kunci "T" 8mm kemudian lepaskan bloknya.

Buka blok cvt dan bersihkan (m_aris)

Jika kesulitan membukanya di bantu dengan menggetok pinggirnya menggunakan palu karet setelah selesai di buka kemudian bersihkan semua debu-debunya dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor,buat yang nggak ada kompresor bisa menggunakan pompa angin manual,setelah itu kemudian perhatikan apakah ada tanda-tanda yang mencurigakan,jika ada salah satu komponen yang mencurigakan segera periksa kondisi komponen tersebut (kalau rusak segera ganti komponen tersebut),dilanjutkan dengan membuka pulley depan belakangnya dengan menggunakan alat khusus/treker jika alat tersebut tidak ada bisa dengan cara mengganjalnya,caranya kalian bisa tonton videonya dibawah :

Dengan melakukan cara-cara tersebut di atas yang dikerjakan dengan baik dan benar tentu motor metik atau motor apapun yang kalian miliki senantiasa terjaga kondisinya tetap aman dan yang pasti membuat nyaman di hati.
Terimakasih.

Demikianlah posting Cara Merawat Mesin Motor Metik Dengan Baik ,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger