Langsung ke konten utama

Parts-Parts Ini Yang Menyebabkan Gredek Pada Motor Metik

Parts yang satu ini posisinya memang berada di dalam pulley/puli belakang sehingga kondisi rusak dan tidaknya jarang sekali terdeteksi karena posisinya berada di dalam blok CVT jika dilihat secara visual memang kelihatannya baik-baik saja tetapi setelah melakukan penggantian partnya dengan yang baru keluhan yang dirasakannya langsung hilang begitu saja yaitu bearing pulley belakang.Menggredek tersebut terasa pada saat tarikan awal-awalnya saja namun setelah motor mulai jalan terasa seperti biasa pada umumnya yaitu normal-normal saja dan hal inilah yang sering dirasakan sebagian pengguna motor metik,lalu part apa saja yang menjadi indiksi penyebab gredek tersebut,berikut penjelasannya.

Ilustrasi Bearing balls pulley belakang kode 6902DWA : m_aris

Roller

Roller merupakan sebuah bantalan yang berbentuk seperti tabung berfungsi mengatur rasio perputaran mesin yang di gerakan melalui gaya sentrifugal yang mengikuti pergerakan putaran mesin motor tersebut semakin cepat putaran mesin maka semakin tinggi dan ringan rasio putaran roller tersebut,setiap jenis dan tipe motor metik di lengkapi dengan bantalan/Roller tersebut yang memiliki Dimensi yang berbeda-beda,kondisi Roller yang normal memiliki Dimensi yang sempurna yaitu nampak kelihatan dari bentuknya yang masih persis seperti tabung,jika di temukan kondisinya sudah peyang maka hal ini yang yang menyebabkan motor metik tersebut menjadi gredek.

Bearing Pulley Belakang

Ilustrasi Bearing Rolls pulley belakang kode F-222330 : m_aris

Bearing pulley belakang juga berfungsi dan bekerja menyeimbangkan putaran pulley belakangnya supaya putarannya tetap simetris dan tidak oleng,bearing pulley belakang terdiri satu set (2buah) yang pertama bearing berbentuk balls/bola atau laher biasa pada umumnya dan yang ke dua berbentuk rolls/Rol,kedua bearing tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja pulley belakang, jika terjadi gredek yang dirasakan pada saat tarikan awal maka bearing inilah yang menjadi penyebabnya karena kondisinya sudah tidak layak atau sudah aus.Untuk posisinya bearing pulley tersebut di pasang pada bagian dalam pulley dan di bagian ujung pulley tersebut.

Ilustrasi posisi bearing pulley belakang : m_aris

Untuk bearing balls atau laher biasa dipasang dibagian dalam pulley/puli dengan kode bearing 6902 DWA ,Semantara bearing yang berupa bentuk rolls dipasang diposisi atau bagian luar dengan kode bearing F-222330 keduanya memiliki tugas yang sama yaitu menjaga keseimbangan pulley belakang supaya bekarja secara maksimal.Cara memasangnya mesti dilakukan secara tertib dan teratur,karena posisinya berada di pulley dalam maka untuk mengerjakannya terlebih dahulu harus membuka dan melepas bagian-bagian pulley tersebut secara teratur,berikut bagian yang mesti di buka terlebih dahulu :

  • Mangkok Otomatis
  • Mur Besar Pengikat Kampas Ganda
  • Kampas Kopling Sentrifugal
  • Per Cvt Yang Besar
  • Tutup Pin Slide
  • Pin Slide
  • Pulley Bergerak
  • Pulley Tetap

Semua parts-parts tersebut bisa di ganti secara terpisah dan tersedia di toko maupun di bengkel motor terdekat.

Dengan cara memasang yang baik dan benar juga dikerjakan secara tertib dan teratur maka dapat dihasilkan pekerjaan yang sempurna dan rapi, gredek yang di rasakan pada saat tarikan awal menjadi hilang seketika,masalah seperti ini sudah terbukti ampuh setelah di buktikan pada motor honda beat pada konsumen yang datang kebengkel kami dengan keluhan yang sama yaitu terasa gredek saat tarikan awal dan hasilnya mantap...mau coba ganti yang lain?

Terimakasih,Demikian posting Parts-Parts Ini Yang Menyebabkan Gredek Pada Motor Metik, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger