Langsung ke konten utama

Akibat Geser Pengapian Terlalu Awal,Ini Efeknya.

Geser pengapian Adalah salah satu cara untuk menambah performa mesin sepeda motor,terutama yang suka blayer-blayeran di jalanan maupun tarik-tarikan,dengan cara tersebut titik pengapian lebih terkondisikan dengan kompresi yang sudah di sesuaikan,dengan pengapian yang terkondisi di harapkan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke silinder akan terbakar secara sempurna tanpa meninggalkan sisa, dan menghasilkan tenaga yang responsif karena tanpa harus membakar ulang sisa bahan bakar dan campuran udara tersebut.sehingga cara seperti ini sering kali di terapkan dalam meng upgrade sebuah mesin sepeda motor,terutama dalam sektor pengapian.

Gigi selahan rontok : Foto m_aris

Namun cara tersebut tentunya di lakukan tidak hanya sekedar asal-asalan saja,cara menggeser pengapian tersebut harus di sertai dengan teori dan hitungan yang tepat,dan cara pengerjaan nya pun harus di kerjakan sama ahlinya yang berpengalaman dan di bantu dengan peralatan yang lengkap pula,untuk membuahkan hasil yang sesuai harapan,jika di kerjakan hanya sekedar asal dan hanya mengandalkan perkiraan tanpa adanya teori yang mendasar atau pun pengalaman di bidang oprek mengoprek mesin,maka cara tersebut di atas tentunya akan menimbulkan masalah  yang berakibat Fatal,bahkan dapat merusak mesin yang akhirnya bukannya menambah performa mesin,yang ada mesin malah menjadi rusak dan jebol,contohnya seperti gambar di bawah .

Gigi selahan rontok efek nendang balik kompresi yang tertahan,ini salah satu akibat Geser pengapian terlalu awal yang di lakukan dengan asal-asalan tanpa menggunakan rumus dan teori yang mendasar,terjadinya gigi rontok tersebut akibat dari nendang balik kompresi ketika mesin di selah yang seharusnya belum waktunya api di nyalakan,tapi menunggu bahan bakar dan udara di kompresi dan di padatkan terlebih dahulu baru kemudian di nyalakan apinya yang pas dengan timingnya,ini api nya sudah di nyalakan lebih dulu yang timingnya terlalu awal,akhirnya ketika motor tersebut di selah yang terjadi bukannya mesin mau hidup ,karena kompresi yang seakan tertahan dengan adanya ledakan api yang terlalu dini sebelum piston jauh menuju TMA,yang ada malahan kompresi mesin tersebut nendang balik sama selahan dan akibatnya gigi selahan yang menjadi efek dari nendang balik tersebut,karena tidak tahan dengan kompresi yang besar yang tertahan akhirnya nendang balik dan gigi selahan tersebut menjadi rontok,untung hanya gigi selahan yang rontok coba kalau gigimu yang rontok bisa berabe he...

Kesimpulannya segala sesuatu yang di kerjakan dan di lakukan tanpa adanya bimbingan dan teori yang mendasar,tentunya bukan sebuah harapan yang di dapatkan melainkan menjadi sesuatu yang jauh di luar harapan.

Namun semua itu tidak menutup kemungkinan terutama para teknisi senior yang lebih ulung dan berpengalaman yang semua teorinya di simpan rapi menyatu di dalam rasa,bukan hanya sekedar teori saja yang ia kuasai,tetapi sebuah pengalaman dengan terjun langsung yang di dalamnya sudah termasuk dengan teori-teorinya.

Terimakasih,demikian post Akibat Geser Pengapian Terlau Awal,Ini Efeknya,semoga ber manfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger