Langsung ke konten utama

Bore-Up All New BeAT 125 cc Buat Harian

Bore-Up motor all new honda BeAT 125 cc buat di pakai sehari-hari,apakah aman? tentu saja aman,asalkan kitanya harus pintar memilih substitusi Piston yang sesuai dengan karakter mesinnya dan yang mampu menjaga performa mesinnya supaya tetap awet dan tahan lama.

Untuk memenuhi kriteria tersebut pilihan yang tepat ialah dengan mengadopsi Piston yang masih standar bawaan pabrik miliknya BeAT karbu atau BeAT Fi keluaran pertama,kenapa mesti menggunakan Piston BeAT karbu atau BeAT Fi,kan masih sama-sama motor BeAT juga? Yap... benul sekali eh sory maksud saya betul sekali motornya masih sama-sama motor beat,tapi...

Ilustrasi Piston Beat fi (Bengkelkampoeng)

Motor BeAT karbu maupun BeAT Fi dan yang sekarang kita bahas ini yaitu all new honda BeAT,kendatipun keduanya memiliki kapasitas mesinnya yang sama-sama 110 cc,namun untuk all new honda BeAT ada sedikit ubahan dari Dimensi mesinnya yang memiliki Diameter 47mm dan Langkahnya 63.1mm,berbeda dengan Dimensi mesin BeAT karbu maupun BeAT Fi  yaitu Diameternya 50mm dan Langkahnya 55mm.

Kita kalkulasi menggunakan rumus sedehana :
(3,14/4xDxDxT)
3,14/4=merupakan konstanta.
D=Diameter Piston.
T=Langkah Piston.
Sekarang kita coba menghitung volume All New BeAt,kita konversi ke cm.
0,785 x 4,7 x 4,7 x 6,31
=109,4 cc dan di bulatkan menjadi 110cc.
Kemudian kita hitung volume BeAT Karbu dan BeAT Fi (keduanya memiliki Diameter dan Langkah yang sama,hanya ada sedikit perbedaan dari profil Pistonnya saja,Nanti saya akan jelaskan di posting berikutnya) dengan rumus yang sama dan setelah di konversi ke cm

0,785 x 5,0 x 5,0 x 5,5
= 107,9 cc dan di bulatkan menjadi 110cc.
Selanjutnya kita menghitung kapasitas mesin all new BeAT
setelah kita bore-up menggunakan Piston standar BeAT karbu/Fi dengan rumus yang sama yaitu tentunya setelah di konversi menggunakan centimeter (cm).
0,789 x 5,0 x 5,0 x 6.31
= 123,8 cc dan di bulatkan menjadi 125 cc
Setelah menggunakan Piston standar BeAT karbu/Fi kenaikan cc nya lumayan meningkat yaitu 13.8 cc ,dan untuk ukuran 123,8 cc di pakai harian,hemat saya aman dan awet sekaligus performa mesinya pun menjadi meningkat.
Apakah hanya dengan mengganti Pistonnya saja pekerjaan sudah selesai? Tentu saja tidak,semua itu tidak semudah membalik telapak tangan dan tentunya membutuhkan kerja keras untuk menyesuaikan Piston BeAT karbu/Fi tersebut bisa di pasangkan ke all new BeAT.

Selain harus mengatur ulang Diameter linernya,juga harus menyesuaikan pin Pistonnya yang bisa di pasangkan pada stang Piston miliknya all new BeAT yang Diameternya lobangnya 12mm,sedangkan Diameter lobang pin Piston BeAT karbu/Fi 13 mm,tenang pekerjaan ini kita serahkan saja ke tukang bubut.
Eit..nanti dulu,untuk urusan pekerjaannya emang kerjaan tukang bubut,tapi kita harus menjelaskan dulu apa yang mesti  di kerjakannya.

Kita mesti membuat boshing dari pin Piston BeAT karbu/Fi yang  Diameter luarnya 13 mm,sedangkan Diameter dalamnya 11,5 mm,jadi kita menyuruh tukang bubut membuat Diameter lobang dalamnya menjadi 12mm yang bisa masuk pin Pistonnya all new BeAT dan setelah itu di potong menjadi dua bagian masing-masing di buat menjadi 10mm,kenapa mesti di potong dan di buat 10mm?karena yang  10mm dan dua potong tersebut sebagai boshing yang di pasang di kanan - kiri Piston BeAT karbu/Fi.

Dengan pin Piston yang di buat menjadi boshing,maka piston BeAT karbu/Fi bisa di pasang dan masuk ke stang Pistonnya all new BeAT,sedang untuk pin Pistonnya tetap menggunakan pin Piston bawaannya all new BeAT,selesai deh...

Terimakasih telah membaca postingan Bore-Up All New BeAT 125 cc Buat Harian,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger