Langsung ke konten utama

Motor Gl-Pro Ngebul Ketika Mesin Panas?Ini penyebabnya.

Motor Gl-pro Neotech pertama keluar Mengalami masalah seputar mesinnya yang masih belum juga teratasi padahal si empunya sudah cukup banyak mengeluarkan biaya buat bongkar pasang mesin ganti ini itu,tapi mesinnya masih tetap ngebul keluar asap putih dari knalpotnya,hanya saja sekarang ngebulnya tidak separah sebelumnya bahasa karawangnya "ngeblek jiga nu mirunan" ( ngebul banget kaya tabunan),tapi tetap saja dia penasaran,apa sih penyebabnya?mana saya tahu he...

Proses bongkar mesin Gl pro : Foto m_aris

Ok dech sambil bercanda saya tanya keluhannya apa,mau di kerjakan sama siapa,dan apalagi,"loba nanya maneh mah" (banyak tanya kamu) "keluhan na ieu motor lamun panas ngebul knalpotna,tapi ari ker tiis mah mesinna biasa biasa wae"/"oh kitu nya,atuh urang bongkar deui weh mesinna" ("keluhannya ini motor suka ngebul dari kenalpotnya kalau mesinnya sudah panas tetapi saat mesinnya masih dingin normal normal saja"/" oh begitu ya,kita bongkar lagi mesinnya"),sebenarnya mesin ini sudah di bongkar di tempat lain,tetapi kondisinya masih tetap ngebul,namun ngebulnya tidak separah seperti sebelumnya,ngebulnya sekarang udah agak tipis,tapi tetap si empunya tidak merasa nyaman dengan kondisi mesin tersebut.

Mengatasi masalah mesin yang keluar asap dari knalpot ketika mesinnya sudah panas,sebenarnya tidak mudah juga,buktinya setelah di bongkar mesin dan di ganti ini itu,ngebulnya masih tetap ada,jadi memang di butuhkan ketelitian dalam membongkar pasang mesin,jangan sampai ada spareparts yang semestinya harus di ganti tetapi tidak di gantinya,konsekwensinya ya mesti di bongkar mesin ulang,atau bisa juga karena kurang terliti dalam memasangkan spareparts dan dalam mendeteksi penyebabnya.sebenarnya kalau hanya sekedar mengetahui indikasinya saja mudah,motor yang keluar asap putih dari knalpotnya indikasinya karena adanya rembesan atau kebocoran oli mesinnya yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar dengan bensin lalu di buang melalui kenalpot,yang akhirnya kenalpot keluar asap putih/ngebul,mudahkan kalau hanya sekedar mendeteksi indikasinya.

Bosh klep yang Retak penyebab oli rembes : Foto m_aris

Ok lanjut,setelah mesinnya saya bongkar kembali dan saya periksa semua komponen-komponen yang mengindikasikan keluar asap putih dari knalpot tersebut,dari mulai periksa piston/seher dan ring nya,klep nya pun saya buka kembali dan seal klepnya juga tidak ketinggalan saya buka dan saya periksa satu per satu dengan teliti ,nah..nah ini dia..!ketika saya sedang membuka seal klepnya yang satu lagi,saya menemukan sesuatu yang mencurigakan,pasti dari sini penyebabnya oli rembes tersebut.

Saya menemukan bosh klepnya ada yang retak dan posisinya di bagian bosh klep IN nya,tidak cukup sampai disitu,saya kembali memeriksa bosh klep yang satu lagi,namun kondisinya kelihatan masih bagus,tapi tetap saya periksa kondisi di lobang bosh klepnya atau lobang yang buat batang klepnya,siapa tau kondisinya sudah longgar dan mesti di ganti juga,tetapi setelah saya periksa dengan cara memasukan klepnya lalu di goyang-goyang,dan ternyata tidak goyang akhirnya saya memutuskan untuk mengganti bosh klepnya dengan yang baru dan hanya satu saja yang saya ganti.

Mesinnya kembali saya pasangkan semuanya,namun hanya pakingnya saja yang saya ganti baru lagi karena meskipun baru di ganti di tempat lain,tapi tetap saya ganti sebagai antisipasi ada kebocoran kompresi.

Setelah selesai saya coba hidupkan mesinnya sampai panas bahkan saya coba tes jalan,dan ngebulnya langsung hilang seketika.

Terimakasih,demikian posting Motor Gl pro Ngebul Ketika Mesin Panas?Ini penyebabnya,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger