Langsung ke konten utama

Menghilangkan Suara Kasar Dinamo Starter Motor.

Suara kasar Dinamo starter motor di sebabkan dari beberapa faktor di antaranya yang sering saya temukan dan saya tangani di bengkelkampoeng suara kasar tersebut di sebabkan dari debu sisa bekas gesekan antara Coolstarter dan Angker Dinamonya, selain itu suara kasar pada Dinamo starter juga di sebabkan dari Bearing As Angker Dinamonya yang sudah aus dan longgar.

Untuk mengatasinya cukup hanya dengan membuka Dinamo starternya kemudian dibersihkannya,ada pun misalkan Bearingnya yang aus sekalian bearingnya pun di ganti baru,dan cara membukanya berikut saya akan jelaskan di bawah ini.

Ilustrasi Dinamo starter Astrea Grand : tokopedia.com

Membuka Dinamo starter tidaklah sesulit yang anda bayangkan,untuk jenis motor honda bebek maupun honda matic (yang masih menggunakan Dinamo dan pinion) anda hanya cukup menyediakan kunci-kunci yang di butuhkan yaitu kunci "T" 10mm dan 8mm;Obeng (+) dan Obeng (-) kecil;dan Tang,juga sediakan wadah buat menyimpan baut-bautnya supaya tidak berantakan,dan langsung bisa di kerjakan sendiri,untuk lebih mempermudah saya jelaskan cara-caranya di bawah ini :

1.Honda Bebek Astrea C100 Series.

Pertama buka baut pengikat mangkok Dinamonya menggunakan kunci "T" 10mm (ada juga yang sudah menggunakan baut 8,makanya siaokan juga kunci "T" 8mm nya) hanya yang mengikat mangkoknya saja bautnya ada dua buah,semuanya ada tiga buah hanya yang di buka cukup dua buah saja,kemudian buka baut yang menggunakan Obeng (+)nya ada tiga buah,setelah di lepas baut-bautnya kemudian lepaskan juga mangkok dan Angker Dinamonya,dan di sana sudah kelihatan banyak debu yang hitam-hitam bekas dari gesekan Coolstarter dengan Angker dinamonya,setelah itu kemudian bersihkan cuci menggunakan bensin lalu tiriskan atau di semprot angin,jika ada kompresor di rumah he...

Kedua setelah selesai kemudian pasangkan kembali tapi sebelumnya periksa dulu Beariang Angker Dinamonya yang menempel pada angkernya siapa tau Bearinnya sudah oblak dan longgar kalau misalkan masih bagus bisa di pasangkan kembali berikut sama angkernya,oh ya untuk Kode Bearingnya 629zz dan sekalian periksa Coolstarter juga siapa tau sudah tipis dan perlu di ganti,sekalian di bongkar he...

Setelah itu lobang boshing di mangkok Dinamonya di kasih stempe/grease supaya lebih licin dan tidak kering,cara memasangkannya karena Angket Dinamonya di leoaskan maka per yang buat ngedorong Coolstarternya pasti terlepas,caranya masukin dulu Per nya kemudian Coolstarternya dan di tahan menggunakan Obeng (-) kecil,lalu pasangkan angkernya,setelah angkernya terpasang tinggal pasangkan mangkok Dinamonya,caranya dengan di dorong sekaligus tapi sebelum di pasangkan posisikan mangkok Dinamonya yang pas karena kalau tidak pas maka angker nya akan tertarik magnet yang ada di mangkok Dinamonya dan pastinya Coolstarternya terlepas kembali,setelah posisinya pas maka masukan dengan cara di dorong sekaligus dan pas,setelah selesai pasangkan kembali baut-bautnya lalu tes starternya suara berisiknya langsung hilang cess greng....

2.Honda Matic (yang masih menggunakan Pinion).

Caranya hampir sama seperti cara-cara di atas hanya saja untuk motor matic posisi Dinamo startenya berada tepat di bawah box saringan udaranya,jadi sebelum membukanya terlebih dahulu kita mesti melepas saringan udaranya dulu baru kemudian kita bisa melepaskan atau membuka Dinamo starternyanya,Untuk Dinamo starter motor matic yang masih menggunakan Pinion sebagai penghubung antara gir as angker Dinamo dengan gir mesinnya (pulley depan motor matic) secara otomatis,yang menimbulkan suara berisik,tapi suara tersebut tidak di anggapnya sebagai masalah karena kita semua sudah pada tau TST kali he...pastinya suara tersebut sudah biasa terdengar,namun yang menjadi masalah disini suara berisik tersebut terdengar dari Dinamo starternya yang bunyinya "ngok ngok",untuk cara menghilangkannya lakukanlah seperti cara-cara di atas kemudian pasangkan seperti semula,selesai mudah kan?.

Terimakasih,demikian postingan Menghilangkan Suara Kasar Dinamo Starter Motor,semoga bermanfaat.

Wassalamualikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger