Langsung ke konten utama

Untung Rugi Geser Pengapian Pada Sepeda Motor.

Ini Mungkin di anggap Cerita rekayasa atau hanya sekedar fiktip belaka,kenyataannya memang terjadi pada alam yang nyata ini he...motor langsung bisa jumping,sayang kaki pada bengkak,bahkan orang yang di belakang kita tertabrak motor yang kita hidupkan,saat masuk gigi lalu di gas eh..malah mundur.aneh tapi nyata,he....

Ilustrasi geser pengapian by : angga_otomotif

Begitulah pengalamanku beberapa tahun silam,gara-gara geser pengapian terlalu awal tanpa adanya estimasi he...

Untuk mendongkrak tenaga motor supaya lebih responsif salah satu yang paling minim biaya yaitu menggeser pengapiannya,kenapa minim biaya karena hanya mengandalkan perkiraan saja, menurut teori yang saya pelejari sendiri,jika pengapian itu di geser terlalu awal maka yang terjadi adanya turbulensi kompresi mesin yang akhirnya nendang balik,ketila kaki kita masih menempel di selahan/kick starter secara otomatis motor tersebut bukannya mau hidup malahan dia menendang kaki kita yang akhirnya jadi bengkak tuh kaki he...

Kendati motornya bisa hidup pun tapi maju nya ke belakang,ko kebelakang maju sih...ok deh motornya jadi mundur,hanya karena "geser setitik,rusak susu sebelanga" betul ga sih pribahasanya,he...

Ok saya lanjutkan ceritanya Untuk menggeser pengapian motor,motor apapun bentuknya cara yang paling tepat harus mennggunakan alat bantu atau bisa di sebut juga "timinglight" dengan menggunakan alat tersebut di pastikan titik pengapiannya akan pas dengan yang di harapkan,namun karena alat tersebut harganya lumyan mahal,tetapi kalau kita mau berusaha kendatipun melalui cara yang sangat sederhana "banyak jalan menuju roma" asalkan harus dengan penuh ketelitian dengan mengetes secara berulang-ulang hingga menemukan titik terang,he...maksudnya titik yang pas,lalu bagaimana caranya?.

Ilustrasi dudukan spul satria 2tak : bukalapak.com

Ok saya kasih penjelasan contohnya ini pernah saya terapkan pada motor satria 2tak dan hasilnya lumayan ok,caranya dengan menggeser dudukan spulnya yang di modif dari lobang baut pengikatnya di buat menjadi oval kemudian geser searah jarum jam kira-kira 3mm,setelah itu kencangkan bautnya,jadi bukan magnetnya yang di geser tapi dudukan spulnya yang di geser,sementara yang ke dua saya terapkan pada motor yamaha F1zr dan hasilnya lumayan ok,motor maunya di bawa ngebut mulu,untuk caranya ini kebalikan dari motor tadi,untuk motor F1zr magnetnya yang di geser dengan catatan kita mesti membelah spi magnetnya dan di putar berlawan arah jarum jam kira-kira 3mm juga dan hasilnya ok.

Ilustrasi dudukan spul rx-king dibuat oval : inkuiri.com

Nah satu lagi nih buat motor Rx-king caranya sama seperti pada motor satria 2tak yaitu dengan memodif lubang skun atau dudukan spulnya berbentuk oval jika mau settingan pengapian lebih awal maka geser ke kanan atau searah jarum jam tapi jika pengapiannya mau lebih lambat di geser ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam kira-kira 3mm kalau belum pas bisa kalian geser sesuai kebutuhan,jangan salah lo,klo salah siap-siap kaki jadi bengkak.

Terimakasih,semoga bermanfaat.

Demikian post Untung Rugi Geser Pengapian Pada Sepeda Motor.

Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger