Langsung ke konten utama

Suara Kretek-Kretek Di Blok CVT,Ini Penyebabnya.

Suara Kretek-Kretek di blok CVT terdengar berisik dan bikin tidak nyaman,apa penyebabnya?Transmisi motor metik di atur dengan Cvt secara otomatis yang terpasang di mesin sebelah kiri atau Blok Cvt.Terjadinya suara berisik yang terdengar bunyi kretek-kretek tentunya di sebabkan dari salah satunya komponen perangkat CVTnya yang sudah rusak atau bermasalah,karena komponen Cvt bekerja terus-menerus ketika mulai saat mesinnya di hidupkan sampai mesin motor tersebut bisa jalan dan sampai ke tujuan,ada pun komponen utama cvt terdiri dari puli depannya yang satu set,antara puli luar dan puli dalamnya atau rumah rollernya,sementara untuk puli belakangnya juga sama yaitu puli luar dan puli dalam,kedua set komponen tersebut bekerja mentransmisikan putaran mesin pada rodanya yang di hubungkan melalui venbelt.

Rumah Rollernya Perlu ganti baru : Foto m_aris

Terjadinya suara kretek-kretek tersebut disebabkan dari beberapa komponen yang salah satu di antaranya sudah tidak berfungsi dengan normal atau rusak dan perlu di gantinya,namun sebelum mengganti komponen tersebut ada baiknyab di periksa terlebih dahulu satu persatu jangan sampai salah dalam menggantinya,berikut komponen yang menyebabkan suara berisik tersebut.

Rumah Roller.

Rumah roller adalah komponen CVT bagian depan atau bisa juga di sebut puli depan,yang terdiri satu set,diantaranya puli luar dan puli/pulley dalam.Puli luar selain berfungsi sebagai primary scave atau komponen CVT utama,juga berfungsi sebagai kipas untuk mebuang debu yang masuk ke dalam blok CvT,sementara puli dalam selain fungsinya yang sama juga sebagai rumah penampung roller yang mengatur keluar masuknya puli tersebut yang di sesuaikan dengan putaran mesin motor tersebut dan puli dalam juga sebagai puli yang bergerak,berbeda dengan puli luar yang posisinya tetap.kondisi rumah roller yang aus dan oblak dapat menimbulkan suara kretek-kretek,jika kondisinya sudah tidak layak maka segera ganti rumah rollernya.

Slider.

Slider terbuat dari bahan plastik yang tahan panas dan gesekan,yang berfungsi menahan getaran dan mereduksi suara ketika mesin motor di buka gasnya secara hentak,yang di pasang pada penutup rumah roller,berfungsi sebagai tatakan atau alas roller yang di pasang di belakang rumah roller/puli depan bagian dalamnya.ketika selidernya sudah aus dan oblak maka yang terjadi adannya getaran dan menimbulkan suara kretek-kretek tersebut apalagi ketika gasnya di buka atau di hentak suaranya akan semakin ngeretek,untuk mengatasinya segara ganti slider tersebut (satu set 3 buah).

Venbelt.

Venbel berfungsi sebagai penghubung antara puli depan dan puli belakangnya fungsinya tidak kalah penting dengan rantai pada sepeda motor yang masih menggunakan transmisi manual.terjadinya suara kretek-kretek bisa juga di sebabkan karena kondisi venbeltnya yang sudah kendor karena aus termakan usia,saran penggantian venbelt sebaiknya setiap penggunaan mencapai jarak tempuh 20.000 km.untuk mengatasinya segera ganti venbeltnya dengan yang baru,selain itu jika kondisinya sudah kendor kemudian terus di biarkan maka venbelt tersebut akan putus dan tentunya berakaibat sangat fatal.

Bearing Tanam Bak CvT

Bearing tanam bak cvt berfungsi sebagai penahan As Puli belakang supaya tetap stabil dan senter, kondisi bearing tanam bak CVT yang sudah aus dan longgar dapat menyebabkan putaran As puli belakangnya menjadi goyang  dan menimbulkan suara berisik yang berbunyi kretek-kretek,untuk mengatasinya segera ganti bearing tanam tersebut dengan yang baru tentunya menggunakan spareparts yang asli,untuk Kode Bearing tanam bak CVT yaitu 6002.

Setelah melakukan pemeriksaan komponen-komponen tersebut di harapkan tidak salah dalam menggantinya, karena akan ketahuan parts mana saja yang dan parts mana yang mesti di gantinya,jika ada salah satunya rusak maka cukup ganti salah satunya,namun jika semuanya rusak maka ganti semuanya dan tentunya siapkan juga dananya.

Terimakasih,demikianlah post Suara Kretek-Kretek Di Blok CVT,Ini Penyebabnya.semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.


Artikel Terkait

Komentar

Posting Populer

Pin Soket CDI smash Titan.

Untuk yang kesulitan dengan Pin Soket CDI smash Titan,shogun NR,berikut gambar dan keterangannya di bawah : Pin CDI smash Titan terdiri 8 pin (m_aris) Keterangan : 1. 12 volt (orange) 2. Fulser (biru strip kuning) 3. Massa (hitam strip putih) 4. Coil (putih strip biru) 5. Nol 6. Sensor karburator (kuning) 7. Nol 8. Sensor karburator (merah strip putih) Terimakasih,demikian posting Pin Soket CDI smash Titan,semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.

Honda Vario 110 fi Lampu Indikator MIL Berkedip 7 kali?Ini penyebabnya..

Honda Vario 110 injeksi merupakan salah satu varian motor matic yang di kembangkan oleh pabrikan yang berlambang sayap tersebut dengan memiliki kapasitas mesin dan sistemnya yang sama dengan motor beat yaitu masih sama-sama mengadopsi sistem injeksi,keduanya memang tidak ada perbedaan dalam fitur mesinnya yang menganut sistem injeksi.Memiliki motor injeksi sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna motor itu sendiri selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar ,pengguna juga bisa lebih mengetahui setiap masalah yang terjadi pada motor tersebut,Loh ko bisa? karena setiap motor injeksi dilengkapi dengan fitur lampu indikator yang memberi tau pada penggunanya mengenai masalah yang terjadi dengan motor tersebut asalkan penggunanya mampu mengetahui kode dari kedipan lampu indikator tersebut,karena tiap kedipan lampu indikator tersebut memiliki kode yang berbeda-beda tergantung pada masalah mesinnnya yang di kirim melalui sinyal dari sensor-sensor yang di pasang pada mes

Inilah Penyebab Suara Kasar Di Mesin GL PRO/CB/GL 100

Suara kasar yang terjadi pada mesin Honda Gl pro series di sebabkan dari beberapa komponen utama pada mesinnya yang berfungsi dan bekerja lebih dominan di bandingkan dengan part-part pendukung lainnya yang juga tak kalah penting untuk kelancaran sebuah mesin dapat berfungsi dan bekerja secara optimal,lalu part pendukung utama apa saja yang menyebabkan suara mesin tersebut menjadi kasar? untuk lebih jelasnya simak terus sampai selesai supaya kalian bisa lebih paham dalam menangani atau menjadi sebuah referensi jika hal ini terjadi pada mesin Gl pro kalian,part-part tersebut diantaranya : Ilustrasi Gigi selahan gompal : (m_aris) Noken As Platuk Klep Rantai Keteng Klep Nah diantara part-part tersebut di atas menjadi salah satu indikasi terjadinya suara kasar pada mesin Gl pro series di sebabkan part nya sudah tidak berfungsi dengan normal yaitu sudah rusak dan aus. Noken As (Camsaft) Noken As yang sudah rusak bisa diketahui dengan dilihat secara fisik dari lift noken as nya sudah aus pey
Sitemap | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2024 Bengkelkampoeng Powered By Blogger